Mungkin gagasan cara membuat Pakan Kambing Fermentasi Kering untuk pakan kambing jawa  adalah hal baru bagi Anda atau mungkin Anda pernah mendengarnya tetapi enggan mencoba proses apa pun dengan kata “fermentasi” di dalamnya.

Jangan takut! Makanan fermentasi adalah tradisi kuliner kuno yang tidak hanya bertindak sebagai metode pelestarian, tetapi juga meningkatkan nutrisi yang tersedia dalam makanan apa pun yang sedang difermentasi.

Kepala kol memang bagus, tetapi fermentasi kol dan Anda memiliki sauerkraut, yang tercakup dalam bakteri menguntungkan. Termasuk lactobacillus, dan, sebagai bonus tambahan, sangat lezat. Dari keju hingga cokelat, kami menyukai makanan fermentasi kami.

Saya tidak bisa memberi tahu Anda jika cara fermentasi pakan kambing membuat hewan terasa lebih enak.

Cara Membuat Fermentasi Pakan Kambing  paling mudah dilakukan dengan ransum utuh atau potong — pakan pellet akan berubah menjadi bubur.

Jika saat ini Anda memberi makan ransum berbutir dan ingin bereksperimen dengan fermentasi. Mulailah dengan sekantung kecil gandum, jelai atau biji bunga matahari.

Proses fermentasi pakan ayam sangat sederhana sehingga Anda mungkin berpikir Anda kehilangan sesuatu. Kesederhanaan adalah apa yang membuat ini menjadi tugas pertanian-anak yang hebat.

Cara-Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi Kering :

 

Langkah 1 Untuk Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi Kering :

 

Mulailah dengan ember 5 galon yang bersih, dan atur stasiun kerja Anda di tempat yang jauh dari suhu dan stabil. Idealnya, pakan fermentasi akan melakukan yang terbaik dalam suhu dingin tetapi tidak dingin sekitar 70 derajat F.

Pakan hijauan kambing serta hewan ternak lain yakni rumput gajah bisa tumbuh dengan subur tergantung dari musim hujan.

Para peternak seringkali menggunakan musim hujan sebagai waktu yang tepat untuk mengumpulkan banyak pakan hijauan tersebut sebanyak yang bisa untuk persediaan musim kemarau.

Namun karena pakan hijauan ini tak tahan lama, maka sebaiknya diolah dengan Em4 agar bisa disimpan hingga satu tahun tanpa mengurangi nutrisi didalamnya.Proses ini menggunakan jenis jenis rumput pakan ternak yang bagus contoh nya rumput gajah

Langkah sebelum membuat pakan fermentasi ini, rumput gajah segar harus dikeringkan terlebih dahulu sehingga kandungan air hilang sebanyak 55% supaya tidak cepat rusak.

Untuk proses pengeringan dapat dilakukan dengan alat pengering maupun dijemur dibawah terik matahari untuk menekan biaya.

1.Siapkan rumput gajah, 4% onggok dari bahan, 2% molases serta tetes tebu, Dedak halus 6% dari bahan, menir 4% dari bahan dan silo serta kantong plastik.

2.Cincang atau potong rumput gajah lalu campurlah semua bahan yang sudah disiapkan.

3.Campurkan semua bahan ke dalam silo serta padatkan untuk menghilangkan rongga udara

4.dan masukkan lebih dari permukaan silo untuk mengantisipasi penyusutan.

5.Tambahkan dengan lapisan plastik dan tutup rapat dan simpan selama 6 hingga 9 minggu.
Angin anginkan bahan yang sudah jadit erlebih dulu sebelum diberikan sebagai pakan kambing.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi Kering ke2 :

 

Cara Fermentasi rumput odot yang selanjutnya adalah Fermentasi Em4 dan Jerami Padi. Mintalah anak Anda mengisi ember dengan makanan yang cukup. Untuk ransum sekitar satu hari, dan kemudian tutupinya dengan air.

Padi padian akan bertambah volumenya karena menyerap air, jadi jangan sampai melimpahi ember Anda. Pastikan anak Anda memahami bahwa semua Padi padian harus ditutup dengan air.

Jerami padi juga sering menjadi salah satu pakan ternak seperti kambing yang sebenarnya sering tersedia diberbagai daerah sebagai cara merawat kambing supaya cepat gemuk.

Namun sayangnya, berjuta juta ton jerami padi sering sia sia dan hanya dibakar walau sebenarnya dapat digunakan sebagai pakan ternak dengan kandungan protein kasar yang tinggi.

Supaya pakan ini dapat memiliki tekstur yang baik, lebih awet dan menghilangkan zat silica dan lignin yang bisa menghambat penyerapan nutrisi. Maka membuat pakan fermentasi Em4 serta jerami padi ini sangatlah baik dilakukan.

  1. Siapkan satu ton jerami padi, molases atau tetes tebu yang bisa diganti dengan gula pasir, suplemen organik cair.
  2. Tambahkan air secukupnya, terpal atau plastik dan alat penyiram air.
  3. Campurkan mosales atau gula pasir dengan suplemen organik cair lalu aduklah hingga rata.
  4. Semprotkan campuran tersebut ke jerami yang telah dipotong potong sampai basah rata.
  5. Tutup mengggunakan plastik tebal dan terbal dan ikan dengan kuat agar udara tidak masuk.
  6. Diamkan selama 12 sampai 14 hari untuk penguraian serat jerami padi secara alamiah serta menambah nutrisi.
  7. Angin anginkan terlebih dulu sebelum diberikan untuk pakan kambing.

Itu tadi adalah ulasan mengenai Cara MembuatPakan Kambing Fermentasi Kering hingga yang lain lain.Sekian dari saya terimakasih dan selamat mencobanya dirumah:)