Emas tak seperti logam lainya,pasir yang mengandung emas mempunyai sejarah yang amat menarik dan tempat khusus di mata dunia.

Selama beribu tahun sudah digunakan sebagai hiasan raja, mata uang dan standar mata uang global, dan baru-baru ini, terdapat pada benyak macam alat elektronik dan aplikasi medis. Suku Inca menyebut emas dengan sebutan “air mata dari Matahari.

Emas merupakan satu-satunya logam berwarna kuning dan namanya diambil dari kata Inggris Kuno yaitu ‘Geolu’ yang memiliki arti kuning.

emas juga adalah satu-satunya logam yang tak membentuk lapisan oksidasi pada permukaan di udara di suhu normal, berartinya tak akan berkarat atau korosi/melapuk.

Untuk dapat mengetahui ciri ciri pasir mengandung emas didalamnya memerlukan lebih dari satu analisis geologi dan sejarah tanah didaerah tersebut.

Ciri Ciri Pasir Mengandung Emas

Beberapa jenis formasi tanah dan batuan yang lebih cenderung memiliki ciri ciri pasir mengandung emas/bantalan-emas disebabkan proses dari lingkungan dan geologi. Berikut ini adalah cara untuk mengetahui ciri tanah mengandung emas : Tanahnya memiliki kandungan mineral sulfida yang tinggi. (mempunyai bau seperti belerang) dijumpai mata air panas di sekitar lokasi tersebut

Pada lokasi di sekitar terdapat gunung berapi dan memiliki usia yang sudah cukup lama/sudah tua.Terdapat aliran sungai di dekatnya (diperkirakan dulu pernah menjadi aliran lahar gunung berapi). Aliran sungai ini mempunyai lapisan tanah lempung yang tebal.

Ditempat ini bisa dijumpai batuan putih berurat emas (urat kuarsa atau batuan kuarsit) Menggunakan Electronic Prospecting untuk mendeteksi keberadaan emas. Tanda-tanda di atas hanya sebagai deteksi/tanda awal saja, untuk memastikan bahwa tanah tersebuat memiliki ciri ciri pasir mengandung emas, perlu adanya tes merkuri dan tes-tes lainya.

Bagaimana Proses Terbentuknya Logam Emas?

 

Dalam bab kali ini kita sudah agak beralih dari ciri-pasir mengandung emas dapat terbentuk dari proses magmatisme atau pengkonsentrasian di permukaan. Beberapa endapan terbentuk dikarenakan oleh proses metasomatisme kontak dan larutan hidrotermal, sedangkan pengkonsentrasian dengan cara mekanis menghasilkan endapan letakan (placer). Genesa emas dikatagorikan dalam dua(2) kategori yaitu:

* endapan primer
* endapan plaser.

Manfaat Emas:

Emas dipakai untuk standar keuangan di berbagai macam negara dan juga dipergunakan sebagai perhiasan, dan elektronik. Penggunaan emas di dalam bidang moneter dan keuangan berdasarkan nilai moneter absolut dari emas itu sendiri terhadap berbagai mata uang di seluruh dunia, meski secara resmi di dalam bursa komoditas dunia, harga emas dicantumkan di dalam mata uang dolar amerika.
Bentuk penggunaan emas di dalam bidang moneter umumnya berupa bulion atau batangan emas dalam banyak satuan berat gram sampai  dengan kilogram.

Emas juga dijual dalam bentuk berupa koin emas, seperti krugerrand yang diproduksi oleh south african mint company dalam banyak macam satuan berat. Satuan berat krugerrand yang lazim ditemui adalah 1/10 oz (ounce), 1/4 oz, 1/2 oz dan 1 oz. Harga koin krugerrand didasarkan pada pergerakan harga emas di dalam pasar komoditas dunia yang terus menerus bergerak sepanjang masa perdagangan.

Koin krugerrand khusus (atau umumnya disebut proof collector edition) juga diproduksi secara terbatas sesuai dengan tema tertentu. Karena produksi emas dibatasi, tak jarang harga koin krugerrand edisi proof ini melebihi harga kandungan emas koin tersebut tergantung pada kelangkaan dan kondisi koin khusus tersebut.

Edisi yang cukup disukai dan dicari para investor yaitu edisi yang memuat gambar nelson mandela.

Ada beberapa negara yang memproduksi secara massal koin emas untuk ditawarkan sebagai alat alternatif untuk investasi, antara lain:

1. Kangaroo      -Australia
2. Panda           -China
3. Kijang Emas -Malaysia
4. Maple Leaf   -Canada
5. Britannia       -Inggris

Teknik untuk Memisahkan Emas Murni dari Pertambangan

Teknik juga bisa disebut dengan Ekstraksi, Jenisnya Ada Dua yaitu:

Ekstraksi emas Amalgamasi ialah tahap penyelaputan partikel emas oleh air raksa dan membentuk amalgam (au – hg). Amalgam masih ialah proses ekstraksi emas yang telah tergolong paling sederhana dan murah,
akan tetapi tahap efektif untuk bijih emas yang mengandung kadar tinggi dan mempunyai ukuran butir kasar (> 74 mikron).
Tahap amalgamasi ialah proses kimia fisika, apabila amalgamnya dipanaskan, maka akan terurai menjadi elemen-elemen berupa air raksa dan bullion emas.
Amalgam bisa terurai dengan pemanasan di dalam sebuah retort, air raksanya akan menguap dan bisa didapatkan kembali dari kondensasi uap air raksa tersebut. Sementara au-ag tetap tertinggal di dalam retort tersebut sebagai logam.
Tahap Sianidasi

Tahap sianidasi terdiri atas dua tahap penting, merupakan tahap pelarutan dan proses pemisahan emas dari larutannya. Pelarut yang biasa dipaka dalam proses cyanidasi yaitu nacn, kcn, ca(cn)2, atau campuran ketiganya. Pelarut yang paling sering dipakai adalah nacn, karena mampu melarutkan emas lebih baik dari pelarut lainnya. Lazimnya reaksi pelarutan au dan ag ialah sebagai berikut:

4au + 8cn- + o2 + 2 h2o = 4au(cn)2- + 4oh-
4ag + 8cn- + o2 + 2 h2o = 4ag(cn)2- + 4oh-

Penggunaan Serbuk zn

pada tahap kedua adalah pemisahan logam emas dari larutannya dilakukan dengan cara pengendapan dengan memakai serbuk zn (zinc precipitation). Reaksi yang terjadi ialah sebagai berikut:

2 zn + 2 naau(cn)2 + 4 nacn +2 h2o = 2 au + 2 naoh + 2 na2zn(cn)4 + h2
2 zn + 2 naag(cn)2 + 4 nacn +2 h2o = 2 ag + 2 naoh + 2 na2zn(cn)4 + h2

Penggunaan serbuk zn merupakan salah satu cara yang lumayan efektif untuk larutan yang mengandung konsentrasi emas kecil. Serbuk zn yang dimasukkan kedalam larutan akan mengendapkan logam emas dan perak.

Prinsip pengendapan ini didasarkan deret clenel, yang sudah disusun berdasarkan perbedaan urutan aktivitas elektro kimia dari logam-logam dalam larutan cyanide, adalah mg, al, zn, cu, au, ag, hg, pb, fe, pt. Setiap logam yang ada disebelah kiri dari ikatan kompleks sianidanya bisa mengendapkan logam yang sudah digantikannya.

Jadi sebenarnya tidak hanya zn yang bisa mendesak au dan ag, tetapi cu maupun al dapat juga dipakai, tetapi karena harganya lebih mahal jadi lebih bagus  menggunakan zn. Tahap pengambilan emas-perak dari larutan kaya dengan memakai serbuk zn ini disebut “proses merill crowe”.

Pasir yang mengandung emas adalah barang yang sangat berharga karna pasir yang mengandung emas adalah barang tambang yang tinggi harga jualnya.

Jika anda ingin tau tentang banyak lagi tentang emas,baca juga artikel ciri ciri pasir mengandung emas.Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih.