Pada artikel kali ini saya akan menyampaikan informasi mengenai Peluang Usaha Kedai Kopi Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan. Membuka sebuah usaha kedai kopi meskipun hanya terliht sederhana tetapi tidak bisa di anggap remeh. Karena sudah banyak mereka yang berhasil dan sukses dengan model bisnis kecil ini.

Dengan kelebihan modal usaha yang tidak begitu besar, warung kopi sederhana adalah salah satu peluang usaha menjanjikan yang bisa kamu coba dengan syarat kamu bisa melihat dan mempelajari strateginya.

Jika kamu amati, hampir disetiap daerah mulai perkampungan hingga kawasan perkotaan pasti ada tempat tempat menarik tertentu yang terdapat warung kopi.

Untuk saat ini, popularitas usaha warung kopi didominasi yaitu kota Tulung Agung yang mana sudah sangat terkenal akan istilah kopi cethe. Sehingga sudah menjadi sebuah ikon yang tidak asing bagi para pecinta kopi.

Di kota itu, para pebisnis usaha warung kopi hampir dapat ditemukan disetiap perkampungan bahkan seluruhnya selalu ramai pengunjung dan memiliki pelanggan yang solid.

Memang harga satu cangkir kopi paling mahal tidak lebih dari 3000 rupiah saja untuk jenis kopi hitam biasa atau kopi susu. Bahkan di kota Tulung Agung ada satu jenis kopi yang sangat tenar yaitu kopi hijau. Dari pada penasaran ini dia Peluang Usaha Kedai Kopi simak di bawah ini

Cara Memulai Peluang Usaha Kedai Kopi

cara memulai usaha kedai kopi

Sedikitnya terdapat beberapa hal yang harus Anda pikirkan untuk memulai bisnis ini. Pelajari betul dengan seksama.

Target Customer

Anda wajib merancang masak-masak siapa sasaran konsumen Anda. Siapakah yang akan menjadi target konsumen prioritas usaha warung kopi Anda. Berapa pendapatannya. Seperti apa mereka menikmati cita rasa suatu kopi. Kelas apakah mereka? Mahasiswa, pelajar, kuli, karyawan kantoran, atau para penggemar kopi?

Memahami customer akan membantu memetakan teknik andaberikutnya. Contohnya tempat yang tepat, bentuk kode yang tepat, dan harga yang pas untuk kopi Anda. Bila bekal Anda kecil dan menarget customer kelas menengah ke atas. Carilah teman atau partner bisnis yang ingin membiayai bisnis Anda.

Cara mudah mendapatkan investor adalah mengajukan sertifikat tanah atau BPKB Anda ke Bank. Akan tetapi ada tips lain yang lebih aman dan effisien. Berusahalah untuk mengikuti acara-acara lomba bisnis plan yang diadakan oleh berbagai instansi. Contohnya Wirausaha muda mandiri. Jika berhasil, Anda akan memperoleh pendanaan secara gratis.

Lokasi Usaha

Anda wajib menentukan tempat sangat ramai untuk memulai usaha warung kopi ini. Lokasi menjadi hal penting dalam perjalanan bisnis Anda. Misalnya Anda ingin menggunakan motif kedai kopi yang sederhana, jadi Anda harus menggunakan lokasi yang selalu berdekatan dengan orang-orang ramai yang gampang dijumpai.

Begitu pula jika Anda akan merencanakan usaha warung kopi dengan kafe. Hal ini akan sangat menolong bila tempat yang Anda pilih adalah tempat yang berdekatan dengan kampus, swalayan, sekolah, kantor, dan lain sebagainya. Sedangkan bila Anda lebih berminat untuk menyuguhkan lidah pecinta kopi di suatu lokasi yang santai, Anda dapat menentukan tempat di lokasi rekreasi.

Menemukan Vendor

Ini adalah sesuatu yang penting, yang sering dianggap sepele. Bila Anda membuka kopi untuk target pelanggan kelas menengah ke bawah. Anda tidak usah bingung mencari vendor, di pasar banyak peusaha warung kopi dari langsung ataupun tidak.

Beda lagi kalau target Anda golongan menengah ke atas. Bila Anda ingin omzet jutaan perhari, Anda wajib menyasar konsumen ini. Kalangan ini sudi membayar mahal, oleh karena itu mereka layak disuguhi kopi terlezat sejagad raya.

Anda dapat saja berkunjung ke pelbagai tempat untuk mendapatkan kopi yang cocok. Jalanilah, itu merupakan biaya survei yang harus Anda lakukan.

Servis yang Baik

Terus memberikan servis untuk peluang usaha warung kopi yang baik dan menyenangkan bisa sangat membantu Anda dalam merancang usaha menjadi sangat dinamis. Hal ini dapat menjadi sebuah prestasi yang mungkin saja sulit diperoleh oleh pembeli dari usaha warung kopi lainnya. Buatlah usaha warung kopi Anda menjadi usaha yang mempunyai adab, karena hal tersebut bisa menjadi timbal balik yang luar biasa dari para pelanggan. Selain service yang memuaskan dan sopan, Anda pun juga harus memperhatikan kesempurnaan dari lokasi yang Anda tempati untuk usaha warung kopi tersebut.

Teknik Pemasaran

Anda dapat mengoperasikan cara media maya maupun offline. Jika Anda sudah melakukan konsep bisnis secara offline,  Anda bisa menggunakan media online untuk memasarkan usaha kedai kopi Anda. Maka akan semakin ramai yang mengetahui usaha warung kopi yang Anda kerjakan.

Menyiapkan Alat Alat Untuk Jualan

alat alat yang di perlukan untuk memulai usaha kedai kopi

1. Mesin Penggiling Kopi (Coffee Grinder)

Ini merupakan alat yang paling esensial dalam menghasilkan kopi, dan paling banyak dibutuhkan pada coffee shop.

2. Drip Coffee Maker

Warung kopi memiliki banyak peralatan yang semestinya dapat membantu memproses kopi, seperti drip coffee maker. Drip coffee maker akan membuat sajian kopi anda menjadi lebih nikmat dan juga berkualitas. Alat yang satu ini banyak dipilih karena harganya lebih terjangkau serta pemeliharaannya lebih murah

3. Moka Pot

Moka Pot adalah salah satu alat yang biasa digunakan untuk membantu menyeduh kopi. Sering disebut sebagai espresso kompor. Biasanya hasil seduhan kopi yang dihasilkan oleh Moka Pot memiliki cita rasa yang unik dan lezat, dengan karakter yang lebih kental.

4. Mesin Espresso Komersial / Professional

Mesin espresso komersial / professional yang satu ini merupakan mesin idaman setiap barista, dan merupakan mesin yang sangat diinginkan oleh setiap coffee shop.

5. Peralatan Untuk Memasak

Tentunya kedai kopi anda akan menyajikan makanan yang lezat untuk konsumen. Oleh karena itu anda membutuhkan peralatan memasak dan mengolah makanan.

6. Wadah Untuk Memasak

Selain kompor, tentunya anda wajib memiliki wadah untuk mengolah masakan anda seperti panci stockpot, panci penggorengan, panci wok, panci braiser, dan juga panci untuk menumis sayuran.

7. Peralatan Untuk Memanggang

Peralatan memanggang seperti oven, toaster, gas torch flame gun, dan grill roaster tentunya juga akan anda perlukan.

8. Peralatan Menyimpan Makanan

Bahan-bahan makanan café harus selalu dalam kondisi segar dan prima agar saat dimasak dapat mengeluarkan cita rasa dan aroma terbaiknya. Oleh karena itu anda memerlukan peralatan menyimpan makanan seperti kulkas, freezer, dan showcase cooler.

9. Peralatan Menyimpan Air Minum

Peralatan untuk menyimpan air minum seperti dispenser galon, teko, dan juga termos sangat diperlukan.

10. Silverware

Silverware adalah peralatan makan yang terbuat dari stainless steel, logam, atau gold. Perangkat ini merupakan hal berikutnya yang wajib anda punya di kedai anda. Silverware ini terdiri dari piring, mangkuk, sendok makan, sendok teh dan lain lain.

 

Sekian artikel mengenai Peluang Usaha Kedai Kopi Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat buat kalian. Untuk info menarik lainya anda bisa baca Peluang Usaha Kecil Menguntungkan Yang Bisa Dilakukan Oleh Pemula. Sekian dan Trimakasih