Penyakit Yang Dapat Menyerang Ayam Petelur Anda

1. Penyakit yang Dapat Menyerang Ayam Petelur dan Harus Di Hindari Fowl Pox/ Cacar Ayam

Anda mesti waspada kepada penyakit yang dapat menyerang ayam petelur anda ciri-ciri penyakit ini memiliki bintik-bintik putih pada kulit, luka sariawan pada trakea atau mulut, luka pada jengger, dan berhentinya produktivitas telur. Kemungkinan besar ayam anda menderita Fowl Pox. Penyakit ini datang dari virus sehingga menular.

Sebagai perawatan awal, anda bisa menempatkan ayam di kandang yang kering dan hangat. Kalau perawatannya tepat, ayam anda bisa kembali pulih. Untuk mencegahnya, anda juga bisa memeroleh vaksin.

2. Penyakit yang Dapat Menyerang Ayam Petelur dan Harus Di Hindari Botulisme

penyakit ini ditandai dengan tremor hebat, yang berujung pada kelumpuhan total, termasuk terganggunya sistem pernapasan mereka. Sakit yang serius ini juga dapat dilihat dari bulu-bulunya yang akan mudah rontok. jika penyakit ini tidak segera anda tangani beberapa waktu kedepannya ayam-ayam yang anda miliki dan yang telah mengidap wabah itu dipastikan ayam anda akan mati.

Dokter hewan di sekitar tempat anda tinggal biasanya menyediakan antitoksin untuk penyakit ini. Kalau tidak, anda bisa bertindak dengan mencampurkan 30 ml air hangat dengan 1 sdt garam Epsom. Berikan pada ayam anda menggunakan sebuah pipet 1 kali dalam sehari.

3. Penyakit yang Dapat Menyerang Ayam Petelur dan Harus Di Hindari Infectious Bronchitis/ Bronchitis Menular

Anda bisa mencurigai kehadiran penyakit ini dengan melihat reaksi ayam setelah bersin, batuk, dan mendengkur. Kemudian ayam akan mengeluarkan cairan dari daerah mata dan hidung. Selain itu, jika sudah terkena penyakit ini si ayam sudah tak lagi bertelur.

Ketika tanda-tanda mencurigakan sudah mulai tampak, anda mesti sigap dan jangan sampai kecolongan, sebab penyakit ini sangat cepat menular melalui udara. Pastikan ayam penderita anda tempatkan pada tempat yang kering dan hangat. Anda juga bisa berinisiatif memberikan ramuan rempah dan teh herbal yang hangat untuk si ayam yang sakit. Agar tidak terulang kebali, sebaiknya anda mempersiapkan vaksin terlebih dahulu.

4. Penyakit yang Dapat Menyerang Ayam Petelur dan Harus Di Hindari Infectious Coryza/ Snot/ Pilek Ayam

Ciri-ciri penyakit ayam ini dapat anda lihat dengan ciri-ciri pada bagian kepala, jengger, dan mata yang akan membengkak. Hidung dan mata akan mengeluarkan cairan. Area bawah sayap juga lembab. Kemudian mereka sudah pensiun bertelur.

Belum ada vaksin yang dapat di gunakan untuk mencegah snot ayam. Dengan kata lain, anda mesti memusnahkan penderitanya. Bahkan anda mesti memastikan agar tubuh dari ayam yang terkena penyakit itu pastikan sudah terbuang semua dan tak ada tersisa. Sebagai upaya preventif, anda mesti memastikan ayam agar tidak berkeliaran dengan ayam lain yang tidak diketahui keadaan kesehatannya. Jaga agar kandang, makanan, dan air juga tetap higienis.

5. Penyakit yang Dapat Menyerang Ayam Petelur dan Harus Di Hindari Marek

Ayam muda di bawah usia 20 minggu rentan terkena penyakit ini. Tandanya terlihat dari tumor yang tumbuh, baik di luar maupun di dalam tubuh. Iris mata atau selaput pelangi mereka berubah abu. Indera penglihatan mereka bahkan sudah tidak responsif terhadap cahaya. Lalu, mereka akan menjadi lumpuh.

Hati-hati, sebab penyakit ini mudah menyerang dan menyebar. Aroma dari bulu dan kulit ayam yang terkontaminasi bisa menjadi medianya. Mau tidak mau, anda mesti mengenyahkan ayam penderita. Agar mimpi buruk ini tidak terjadi, anda bisa memberikan vaksin.

6. penyakit Avian Influenza/ Flu Burung

Ini dia salah-satu penyakit yang paling mematikan dan paling ditakuti oleh para pebisnis ayam. Tandanya sendiri mencakup masalah pernapasan. Wajah ayam bengkak. Pial dan jenggernya membiru. Jengger dan kakinya juga memiliki bintik-bintik merah gelap. Ayam jadi pensiun bertelur, dan menderita diare.

Flu burung tidak ada vaksinnya. Jadi mereka bisa membawa penyakit ini kepada keturunannya. Kemudian penyakit ini juga bisa menular ke ayam lain. Meski menyedihkan, namun anda mesti menghancurkan bangkai penderitanya. Kewaspadaan tingkat tinggi juga mesti diterapkan, sebab penyakit ini bisa menyerang manusia.

 7. Thrush/ Candidiasis/ Sariawan

Penyakit ini ditandai dengan munculnya cairan putih pada tembolok mereka. Area lubang anginnya tampak berkerak. Bulunya acak-acakan. Sementara ayam sendiri terlihat lesu. Penyakit akibat jamur ini tidak memiliki vaksin. Tetapi ada obat anti jamur yang bisa diandalkan. Selain itu, anda mesti membersihkan wadah air dan menjauhkan makanan buruk bagi mereka.

Jika anda ingin mencoba ternak burung lovebird , Dan itulah ulasan tentang cara berternak ayam petelur, semoga bermanfaat bagi anda semua, jika kalian ingin mengetahui teknik budidaya pembesaran ikan patin yang mudah nah itu salah satunya ada juga yang lainya, dan anda juga dapat melihat di situs ini loh, dan terimakasih untuk anda sekalian.