Di artikel saya kali ini akan membahas tentang rahasia merawat rumput halaman agar tumbuh subur. Pastinya untuk anda yang sedang memelihara rumput di halaman rumah pasti menginginkan rumput itu tumbuh dengan subur.

Mari langsung saja kita bahas tentang rahasia merawat rumput halaman agar tumbuh subur.

Cara Perawatan Rumput Halaman

Cara Perawatan Rumput Halaman

Kebanyakan orang mengira bahwa menanam rumput di pekarangan rumah itu sangat mudah. Cukup dengan menyediakan sebidang tanah, rumput yang akan ditanam, pupuk, lalu disiram.

Bahkan sebagian banyak orang membiarkan tanah di pekarangan hanya apa adanya. Padahal, pada penerapannya rumput juga memiliki beberapa perlakuan yang harus didapatkan agar dapat membuat tanah pekarangan menjadi lebih indah.

Layaknya tanaman yang tumbuh tinggi, rumput pun perlu diberi perhatian yang cukup. Agar pekarangan di rumah tidak menjadi lahan untuk uji coba. Simak rahasia menanam rumput di bawah ini.

1. Menyiram Rumput Dengan Rutin

Dari pemahaman yang beredar menurut masyarakat awam adalah penanaman rumput di pekarangan tak perlu penyiraman secara rutin. Karena ia akan tumbuh dengan sendirinya.

Padahal, jika tidak dilakukannya penyiraman secara rutin maka rumput akan dapat mengering lalu mati. Tentu saja anda tidak menginginkan hal ini terjadi kan?

Dalam penyiraman secara rutin ini harus dilakukan secara efektif. Karena agar mengehemat biaya dan juga tenaga.

Berikut ini cara penyiraman rumput halaman secara efektif.

Cara Penyiraman Secara Efektif

Halaman yang terdapat hamparan rumput yang hijau dan subur akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk setiap pemilik rumah.

Namun, agar halaman tetap hijau dan subur maka dibutuhkan cukup banyak air dan tidak semua orang dapat beruntung memiliki kemewahan seperti itu.

Mungkin ada kendala dalam penggunaan air di wilayah tempat tinggal Anda atau tingkat curah hujan yang relatif sedikit setiap tahunnya. Di mana pun Anda tinggal, penting untuk mempelajari cara menghemat penggunaan air semaksimal mungkin.

Untuk cara efektif menyiram rumput halaman ini bertuujuan agar menghemat waktu, biaya, dan tenaga.

2. Pemupukan Rumput Di Halaman

Pemupukan mampu membantu rumput di halaman tumbuh dengan lebat/tebal dan hijau sebagaimana harapan Anda.

Untuk melakukan pemupukan yang baik dan benar, sebelumnya yang harus anda siapkan adalah tanah, memilih pupuk yang tepat, dan menggunakan cara yang dapat membuat halaman rumput Anda memiliki pertumbuhan yang lebih kuat dan sehat.

Berikut ini langkah – langkah dalam pemupukan rumput di halaman :

Memilih Jenis pupuk Yang Akan Digunakan

  • Kenali Jenis Rumput Yang Akan Anda Pupuk

Jenis rumput akan sangat menentukan jenis pupuk yang akan digunakan, dan berapa sering Anda perlu melakukan pemupukan.

Dibeberapa wilayah untuk pertumbuhan rumput jenis warm season grass—yang tahan terhadap sedikit air dan cuaca panas. Sementara pada wilayah lain cocok sekali untuk jenis rumput cool season grasses—yang tahan dengan musim dingin dan panas ekstrem.

Jika Anda kurang mengetahui jenis rumput di halaman Anda, bertanyalah pada tetangga sekitar yang lebih tahu mengenai jenis rumput. Atau kalau tidak cabutlah sedikit rumput tersebut dan tanyakan ke pusat pertamanan yang terdekat.

  • Lakukan Pengujian PH Tanah

Pengukuran tingkat keasaman tanah dapat membantu menentukan pH pupuk yang harus Anda gunakan. Anda dapat membeli alat pengukur pH tanah di toko perlengkapan pertamanan ataupun secara online.

Ikutilah petunjuk yang sudah disediakan untuk menentukan ukuran pH tanah. Jika tanah memiliki tingkat keasaman atau kebasaan yang cukup tinggi, Anda memerlukan jenis pupuk yang akan menyeimbangkan pH pada tanah yang sesuai untuk pertumbuhan rumput secara optimal.

  • Ukur Luas Halaman Yang Ditanami Rumput

Anda juga harus mengetahui berapa meter persegi luas halaman rumput Anda untuk menentukan jumlah pupuk yang dibutuhkan. Pastikan Anda mengurangi luasan area yang tidak perlu untuk dipupuk, seperti rumah dan area lansekap tertentu.

  • Sediakan Pupuk Dengan Membelinya

Setelah Anda suddah mengetahui jenis rumput, pH tanah, dan ukuran luas halaman, pilihlah jenis pupuk yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan rumput di halaman Anda.

Ada berbagai jenis pupuk yang dapat dipilih. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan, sebaiknya Anda berkonsultasi atau meminta bantuan dari pengelola toko pertamanan.

Mulai Melakukan Pemupukan

  • Sediakan Alat

Peralatan yang perlu Anda gunakan akan memberikan hasil yang berbeda pada saat kegiatan pemupukan rumput. Jika Anda memiliki halaman rumput yang cukup luas, sebaiknya Anda menyewa peralatan yang dirancang untuk menyebarkan pupuk agar merata ke seluruh halaman Anda.

  • Pilih Waktu Pemupukan Yang Tepat

Agar pemupukan memberikan hasil yang terbaik, sebaiknya Anda lakukan pada saat awal musim pertumbuhan. Meski demikian, setiap jenis rumput akan memberikan reaksi yang berbeda – beda.

  • Siapkan Alat Penyebar Pupuk(speader)

Buka tutup pada spreader Anda pada saat masih keadaan kosong untuk memastikan alat tersebut dapat bekerja dengan baik. Isilah spreader dengan pupuk yang sudah disediakan dengan waktu pemupukan dan kebutuhan rumput.

Baca petunjuk yang terseedia pada kemasan untuk mengetahui jumlah yang direkomendasikan. Sesuaikan pengesetan speader agar dapat menyebarkan pupuk sesuai dengan dosis yang sudah direkomendasikan tersebut.

  • Mulai Melakukan Pemupukan

Pilihlah suatu lokasi di halaman untuk memulai dan mengaktifkan spreader. Berjalanlah dengan kecepatan yang normal sementara spreader akan menyebarkan pupuk.

Dalam melakukannya usahakan tanpa berhenti, memperlambat atau mempercepat langkah ataupun mematikan spreader.

Taburkan pupuk ke seluruh halaman hingga merata. Berhati – hatilah, jangan sampai ada yang tumpang tindih atau justru ada area yang terlewati.

Pastikan Anda tidak menaburkan pupuk dengan jumlah terlalu banyak. Jika Anda tidak berhati – hati, halaman rumput Anda dapat saja ‘terbakar’ oleh bahan kimia.

Bersihkan spreader setelah Anda selesai melakukan pemupukan. Semprotlah bagian dalam dan juga luarnya dengan menggunakan selang berpenyemprot.

  • Siram Halaman Rumput

Penyiraman akan membantu tanah menyerap pupuk dengan baik sehingga rumput akan mendapatkan manfaat setelah dilakukannya pemupukan.

3. Tidak Menimpa Rumput Lama

Sebagia besar orang biasanya tak mau ambil pusing jika rumput di pekarangan rumah mereka mengering dan mati. Cukup dengan membeli rumput baru, dan langsung ditimpa di atas rumput yang telah mati tersebut.

Padahal sebenarnya perlakuan ini dapat menyebabkan lapisan rumput baru tidak akan menempel pada tanah, serta akarnya pun tidak dapat merekat dengan erat.

Sebaiknya ketika sebuah lapisan rumput di pekarangan telah mengering dan mati, kupaslah terlebih dahulu pada lapisan tersebut.

Gemburkan tanah yang sudah dikupas tersebut, lalu lapisi menggunakan rumput yang baru. Atau bisa juga lapisi rumput yang telah mati dengan lapisan tanah gembur saampai tertutup semuanya, setelah itu baru dilapisi rumput yang baru.

Sekian artikel yang dapat saya tulis mengenai Rahasia Merawat Rumput Halaman. Anda juga harus mengetahui tentang Pengertian Rumput Liar dan Macam Macam Rumputnya.

Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang ingin  cari tahu tentang perawatan rumput halaman. Semangat dan terus belajar ya 🙂