Pada artikel kali ini akan di beri tahu tentang bagaimana resep bubur jagung diet sangat bermanfaat. Bubur sehat, dengan rasa lezat. Nah, perpaduan antara jagung manis dan harumnya daun pandan ternyata membuatnya berkesan untuk di lidah. Bubur ternyata tak hanya terbuat dari nasi loh. Salah satu dari bubur yang juga terasa sangat manis serta gurih merupakan bubur jagung. Dan sajian ini bisa untuk disantap sebagai sarapan pagi pagi.

Resep Bubur Jagung Diet

resep bubur jagung diet

Bahan-bahan:

  • 1 bonggol besar jagung -1sdt fibercreme
  • 1 sc gula rendah kalori (me : stevia 0 kalori) -1sdt maizena
  • sejumput garam daun pandan air secukupnya (me : 100ml)

Cara Membuatnya

  1. Sisir jagung lalu bagi menjadi 2 bagian, 1 bagian di blender dan 1 bagian biarkan berbentuk pipilan,sisihkan.
  2. Rebus air secukupnya,tambahkan fibercreme,gula,garam,daun pandan sampai mendidih,
  3. Lalu masukkan jagung aduk rata,terakhir campur maizena dengan sedikit air lalu tuang kedalam bubur,aduk kembali dan masak sampai matang mengental dan meletup-letup
  4. Bubur jagung siap disajikan sayang,selamat mencoba

Manfaat dari Jagung

resep bubur jagung diet

Polenta merupakan bubur jagung yang berasal dari negara Italia. Tekstur polenta ini memang berbeda-beda, tergantung dari lama nya waktu memasak dan juga berapa lama waktu sebelum disajikan. Nah jika disajikan segera setelah dimasak nya, polenta pun masih panas dan bertekstur sangat lembut. Jika memang sudah lama, polenta pun akan menjadi tebal, padat, dan bisa juga disajikan ke dalam bentuk yang diiris. Lalu apa saja sih keunggulan dan manfaat polenta untuk kesehatan kita? yuk mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kaya akan karbohidrat kompleks

Ternyata karbohidrat kompleks ini merupakan karbohidrat yang mengandung juga serat dan pati. Karbohidrat kompleks ini dipecah di dalam tubuh kita dengan lebih lama dari pada karbohidrat yang sederhana sehingga tidak bisa menimbulkan naik-turunnya gula darah setelah makan. Kondisi ini memang membuat energi tersedia lebih lama dalam tubuh kita dan dapat juga mengontrol selera makan kita.

Jenis karbohidrat ini juga baik untuk orang dengan diabetes melitus sebab pelepasan glukosa (gula) ke dalam tubuh dilakukan secara pelan-pelan dan bisa mengontrol gula darah. Karbohidrat kompleks juga membuat kenyang yang lebih lama, juga untuk menjaga kesehatan kita pada sistem pencernaan, dan mengandung vitamin, mineral yang dibutuhkan pada tubuh. Itulah manfaat dari polenta yang sayang untuk dilewatkan, terutama untuk kalian yang mempunyai masalah pada pencernaan atau ingin mengurangi porsi makan.

2. Polenta termasuk gluten-free

Untuk orang yang sedang mencari makanan dengan bebas gluten, polenta memang dapat menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat. Polenta juga sangat aman untuk dikonsumsi bagi orang yang dengan Celiac disease atau juga memiliki sensitivitas terhadap gluten. Meskipun itu juga, ketika kalian sedang membeli produk polenta yang instan, harus tetap untuk melihat pada kandungannya yang di bungkus pada produk apakah ada zat tambahan yang tertentu atau tidak bahkan justru sangat berbahaya untuk kesehatan kalian.

Celiac disease merupakan kondisi radang usus kronis yang dipicu dengan adanya konsumsi gluten dan masuk ke dalam usus. Gluten ternyata merupakan sejenis protein yang ditemukan di dalam produk turunan gandum. Pada saat orang dengan Celiac disease mengkonsumsi produk yang telah mengandung gluten, maka akan membuat radang usus dan kondisi tersebut yang akan mengganggu pada penyerapan zat gizi dari makanan lainnya.

Deskripsi

Inilah yang mulai saya kampanyekan kepada kawan-kawan di Riyadhul Jannah. Setiap pagi (jika sempat) saya jalan-jalan ke pasar krempyeng di Jl Karangmenjangan dan langsung menuju penjual nasi jagung langganan. Lauk komplit (urap+sambel kelapa+lodeh+ikan asin) dengan harga yang super murah, hanya 3000 perak. Makan nasi jagung pun bukan cuma sekedar ajang latihan hidup “sengsara”, tapi juga hidup sehat lho.

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat jagung. Ternyata jagung juga dapat untuk membantu proses pada pertumbuhan anak lho, contoh nya untuk menjaga kesehatan kulit, dan seratnya juga dapat menurunkan pada kadar kolesterol, asam folatnya bermanfaat untuk menurunkan resiko serangan jantung dan juga stroke (mengendalikan kadar homosistein). Selain itu asam folat juga bermanfaat mencegah kerusakan otak bayi saat kelahiran.

Demikian tadi telah di beri tahu tentang bagaimana resep bubur jagung diet sangat bermanfaat, dan bisa juga kalian untuk membuatnya di rumah masing- masing. Semoga bermanfaat untuk semua orang dan terimakasih.