Pada ulasan saya kali ini, saya akan membahas bagaimana resep kue mentega susu yang gurih dan renyah.

Kue adalah camilan atau makanan ringan yang bukan makanan utama. Biasanya kue bercita rasa manis atau ada pula yang gurihdan asin.

Kue biasanya diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu.

Kata “kue” berasal dari kata serapan dari Bahasa Hokkian: 粿 koé, hal ini menunjukkan pengaruh seni memasak dari Tionghoa di Nusantara, beberapa kue memang menunjukkan asal mulanya  dari negara China seperti kue bakpia.

Banyak macam  kue basah dan juga kue kering , sementara itu beberapa kue lain seperti lapis legit, risoles, pastel dan panekuk menunjukkan pengaruh budaya Eropa, yaitu Belanda dan Portugis.

Awalnya istilah kue memang digunakan untuk menyebut kue tradisional dan kue peranakan Tionghoa, akan tetapi sekarang dalam Bahasa Indonesia.

Istilah ini telah menyebar luas menjadi istilah yang memayungi berbagai jenis makanan ringan, termasuk untuk menyebut kue kering , kue pastri , dan kue tart atau bolu.

Kue bisa dimasak dengan cara dikukus, dipanggang, atau digoreng. Kue di Indonesia dikategorikan berdasarkan kadar airnya, yaitu kue basah dan juga kue kering.

Biasanya Kue basah bertekstur lembut, empuk dan tidak  bertahan dalam waktu lama. Sedangkan kue kering bertekstur agak keras dan bisa bertahan agak lama.

Resep Kue Mentega Susu

Bahan – Bahan :

  • 125 gr gula pasir.
  • 170 gr butter.
  • 1 kuning telor.
  • 1 sdt vanili.
  • 200 gr terigu protein rendah.
  • 25 gr cokelat bubuk.
  • 25 gr choco chips.

Cara Membuat Resep Kue Mentega Susu :

  1. Mixer krg lbh 3 menit, butter, kuning telur, gula pasir dan vanili, sampai creamy.
  2. Masukan ayakan terigu dan cokelat bubuk. Aduk rata. Kemudian masukkan choco chips..
  3. Masukan adonan kedlm kulkas 30 menit.
  4. Panaskan oven 180-200°c sesuaikan oven masing2, bulatkan adonan tata diloyang beri jarak, agak dipipihkan.
  5. Panggang 10 menit. Angkat anginkan sampai kering. Kemudian masukkan dlm toples.
  6. Resep cara membuat kue mentega chocolate siap untuk disajikan.

Tips Supaya Tidak Gagal Saat Membuat Kue Mentega

1. Adonan Belum Krimi

Adonan kue kering yang tepat harus dikocok selama sekitar 3 menit.Pengocokkan membantu membentuk gelembung udara kecil, sehingga saat pemanggangan kue akan melebar ke samping.

Jika waktu pengocokkan kurang dari 3 menit akan membuat adonan kue kurang menangkap udara dan belum krimi, sehingga kue kering tidak akan melebar dengan sempurna.

2. Adonan Terlalu Berdekatan

Saat meletakkan adonan di loyang sebaiknya jangan terlalu dekat.Berikan ruang yang cukup agar kue kering dapat melebar sempurna saat proses pemanggangan.

3. Adonan Terlalu Krimi

Saat mengocok mentega dan juga gula seharusnya cukup hingga berwarna kuning pucat dan halus saja.

Jika terlalu lama akan mengeluarkan kembali udara dan juga adonan terlalu krimi, sehingga saat dipanggang kue kering akan menjadi datar dan juga padat.

4. Terlalu Banyak Mentega

Terlalu banyak mentega yang digunakan pada adonan akan membuat kue kering akan menjadi renyah di bagian luar, namun masih mentah dan tidak kering di bagian dalam.

5. Terlalu Banyak Tepung

Pastikan penggunaan tepung sesuai dengan resep kue mentega susu yang akan kita buat. Jika tepung yang digunakan terlalu banyak, akan membuat kue kering menjadi terlalu kering, kaku, dan juga tidak bisa melebar saat dipanggang.

6. Terlalu Lama Memanggang

Pastikan suhu oven saat memanggang adonan kue kering tepat. Segera keluarkan kue kering saat sudah berwarna coklat keemasan di bagian atas, bawah, dan tepi kue kering.

Menambahkan beberapa menit waktu pemanggangan akan membuat kue kering menjadi terlalu gelap dan membuatnya semakin gelap selama proses pendinginan.

7. Terlalu Lama Mengocok

Adonan kue kering yang terlalu lama dikocok akan mengaktifkan gluten tepung, sehingga membuat tekstur kue kering menjadi kenyal dan tidak renyah seperti biasanya.

Terimakasih telah membaca ulasan dari kamu apabila anda ingin mengetahui lebih dalam tentang bagaimana cara membuat kue mentega anda bisa menyimaknya dan membacanya di ulasan berikut.

Jangan lupa juga baca dan kunjungi resep sayur tumis yang enak sekali dan sangat lezat bikin anda semua pencita masakan sayur ketagihan.