Pada ulasan saya kali ini, saya akan membahas bagaimana resep sayur tumis yang enak sekali yang bisa anda coba dirumah sendiri tanpa khawatir gagal .

Sayur dalam khazanah boga (kuliner) Nusantara biasanya mengacu pada pendamping nasi dengan bahan utamanya adalah sayur-mayur dengan atau tanpa kuah.

Kuah untuk sayur dapat cair, seperti misalnya sayur bening, hingga agak kental, seperti juga gulai. Sayur yang “kering” (tanpa kuah) misalnya adalah gudeg dan juga asinan.

Sayur pada umumnya berbahan baku bagian tumbuhan (daun, buah, biji, akar, atau batang) yang lunak dan dapat dicampur dengan sumber lain-lainnya, seperti daging (ayam atau sapi), hasil laut/ikan, atau produk olahan, seperti tempe, tahu, atau oncom. Pendamping lain selain sayur adalah lauk.

Sayur biasanya disiapkan dengan mendidihkan air lalu ke dalamnya dimasukkan berbagai sayuran sebagai pemadat, daging bila diperlukan, dan juga bumbu untuk menyedapkan.

Untuk mengentalkan kuah biasanya ditambahkan santan ataupun juga sedikit tepung.Tom yam asal Indocina juga merupakan salah satu bentuk sayur.

Macam – Macam Resep Sayur Tumis

1. Resep Sayur Tumis Kangkung

Tumisan yang satu ini, mungkin udah sering jadi menu andalannya mama di rumah, hehe. Biar makin lezat bisa kamu tambahin ebi atau teri asin.

Bahan – Bahan:

  • 2 ikat kangkung, petik lalu cuci bersih
  • 1 buah tomat merah
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 sdm ebi / teri asin
  • 3 buah cabe keriting
  • merica bubuk secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula pasar secukupnya
  • air matang secukupnya
  • 3 sdm saos tiram
  • 3 sdm kecap manis
  • secukupnya minyak untuk menumis

Cara Membuat Tumis Kangkung :

  1. Iris tipis bawang merah dan putih, lalu potong cabe keriting. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang dan cabe hingga layu dan harum. Masukan ebi atau teri. Masak hingga ebi / teri kering. Kecilkan api.
  3. Tambahkan kangkung dan beri air secukupnya. Aduk hingga kangkung mulai layu.
  4. Bumbui dengan garam, gula, merica bubuk saos tiram dan kecap manis. Koreksi rasanya. Matikan api.
  5. Resep sayur tumis kangkung siap disajikan dengan nasi putih.

Tips Menyimpan Makanan Agar Tidak Cepat Basi

Memasak untuk keluarga tentunya merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi kalau masakan kita sangat disukai dan menjadi favorit.

Duh, pasti mood memasak juga meningkat! Tapi, terlalu semangat dalam memasak terkadang membuat kita kelebihan porsi dalam memasak.

Kan sayang kalau makanan banyak sisanya dan berakhir di tempat sampah. Ada opsi berikutnya, apabila makanan kelebihan, sebaiknya disimpan untuk dikonsumsi keesokan harinya.

Namun menyimpan makanan dapat membuat makanan tersebut basi apabila kita salah dalam menyimpannya, dan rasanyapun tak lagi seenak saat pertama kali dimasak.

Nah berikut ini adalah cara menyimpan makanan agar tidak cepat basi.

Hangatkan dulu sebelum disimpan

Menghangatkan makanan terlebih dahulu sebelum disimpan bertujuan untuk menambah Lama waktu ketahanan makanan tersebut. Oleh sebab itu, usahakan untuk menghangatkannya terlebih dahulu.

Untuk makanan jenis sayur, dapat dihangatkan hingga mendidih. Sedangkan untuk makanan berbumbu kental, tambahkan sedikit air, kemudian hangatkan hingga kembali mengental.

Jangan tutup rapat makanan saat panas

Saat masakan baru saja dihangatkan, usahakan jangan menutupnya rapat-rapat. Biarkan hawa panasnya menguap keluar.

Makanan menjadi cepat basi karena uap panas yang mengepul di dalam wadah makanan tersebut tercampur dengan makanan.

Simpan dalam wadah kedap udara

Setelah dibiarkan dingin, barulah simpan makanan di dalam wadah kedap udara. Wadah kedap udara yang sudah dicuci bersih pastinya bebas dari bakteri atau kuman yang dapat merusak makanan.

Gunakan wadah penyimpanan makanan yang berkualitas baik, seperti plastik dan stainless.

Hindari Menyentuh atau Mengaduk Makanan 

Terlalu sering menyentuh atau mengaduk makanan hanya akan membuat makanan menjadi cepat basi.

Sebaiknya kurangi aktivitas tidak penting seperti ini kecuali jika kamu ingin menambahkan bumbu. Usahakan untuk tidak mengaduknya secara asal.

Hindari menyimpan makanan di luar Ruangan

Makanan yang disimpan di luar ruangan dapat dengan mudah terkontaminasi oleh udara, sebaiknya gunakan tudung saji apabila kita menaruh makanan di atas meja makan.

Simpan makanan ke dalam Kulkas

Setelah dihangatkan dan disimpan dalam wadah kedap udara, kamu bisa menyimpan makanan ke dalam kulkas agar makanan lebih tahan lama dan tidak mudah basi. Hangatkan kembali saat ingin memakannya kemudian.

Terimakasih telah membaca ulasan dari kami apabila anda ingin mengetahui lebih dalam bagaimana resep masakan sayur. Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Dan jangan lupa baca bagaimana resep kue basah modern.