Siapa yang tidak suka dengan kerupuk seblak. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep  seblak kerupuk yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat terutama di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seblak disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan.

A.Pengertian Seblak

Hasil gambar untuk GAMBAR KERUPUK SEBLAK

Seblak adalah makanan Indonesia, umumnya adalah makanan khas dari Sunda, Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu.

B.Manfaat Seblak

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat seblak yang pertama dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu menjaga kondisi jantung. Dengan rutin mengkonsumsi makanan ini maka organ jantung anda akan sehat dan terlindungi dari gangguan penyakit.

2.Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang menjadi salah satu penyebab utama kematian. Untuk mencegah kanker dapat dilakukan dengan cara rutin mengkonsumsi seblak ini. Kandungan yang ada di dalamnya berguna untuk memperlambat penyebaran sel kanker ke dalam tubuh. Maka dari itu, mulailah untuk mengkonsumsi makanan ini.

3. Melancarkan Pernapasan

Jika anda mempunyai masalah dengan pernapasan maka bisa mengkonsumsi seblak sebagai obat alami untuk menyembuhkannya. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu melancarkan pernapasan sehingga anda bisa bernapas dengan baik.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lainnya mengkonsumsi seblak juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan yang ada di dalamnya akan berguna untuk membakar kalori lebih cepat sehingga anda tidak akan kelebihan lemak dan berat badan anda akan tetap ideal. Oleh karena itu, makanan ini sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Seblak juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

6. Menyembuhkan Infeksi

Infeksi bisa disebabkan salah satunya karena faktor terjangkitnya bakteri atau virus. Untuk menyembuhkannya dapat dilakukan dengan cara banyak mengkonsumsi seblak ini. Kandungan yang terdapat pada makanan ini dipercaya mampu menyembuhkan infeksi lebih cepat.

7. Meredakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya ditandai dengan sakit kepala, amandel yang membengkak, nyeri otot dan juga batuk. Untuk meredakannya dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada pada seblak sangat efektif meredakan sakit tenggorokan.

8. Mengobati Diare

Pada umumnya, diare terjadi akibat mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Untuk mengobatinya bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi seblak. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu menyembuhkan diare lebih cepat.

9. Melancarkan Haid

Jika anda sering mengalami proses haid atau menstruasi yang tidak lancar sebaiknya anda mulai rutin mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu melancarkan siklus haid atau mestruasi sehingga akan kembali normal seperti sebelumnya.

10. Mengurangi Stres

Stres disebabkan karena banyaknya pikiran disertai dengan rasa cemas yang terus mengganggu. Untuk mengurangi stres sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan ini. Hal ini dikarenakan rasa dan aroma yang ada pada seblak mampu mengurangi tingkat stres pada diri anda sehingga suasana hati anda akan lebih terkendali.

C.Resep Seblak Kerupuk

Hasil gambar untuk GAMBAR KERUPUK SEBLAK

Resep Seblak Kerupuk ceker

Bahan-bahan:

  • 1 ons kerupuk belang
  • Cabe bubuk
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas kencur
  • Penyedap rasa

Cara Membuat Kerupuk Seblak Ceker:

  1. Rendam makaroni pada air panas hingga kenyal dan setengah matang. Tiriskan.
  2. Uleg cabe, bawang merah, bawang putih, dan kencur hingga halus.
  3. Tumis bumbu hingga aromanya harum lalu masukkan makaroni.
  4. Tambahkan garam dan gula. …
  5. Tunggu hingga air menguap habis.
  6. Tuang seblak makaroni pada piring saji yang telah disediakan.

Selamat mencoba.