Kerupuk kulit (kerupuk rambak) merupakan makanan yang berasal dari bahan dasar kulit sapi yang masih muda, sapi merupakan penghasil kulit yang berkualitas untuk bahan dasar kerupuk. Cara membuat kerupuk kulit tergolong sangat rumit dan membutuhkan pekerja yang cukup banyak.

A.Pengertian Kerupuk Rambak

Tips Menggoreng Rambak Sapi / Kerupuk Kulit foto resep utama

Kerupuk kulit beberapa daerah menyebutnya rambak atau jangek adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah dengan diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Setelah mengalami proses perebusan dan pengeringan pada terik matahari biasanya sekitar 2-3 hari, kerupuk mentah yang kering ini siap digoreng menjadi kerupuk yang siap untuk dihidangkan.

B.Manfaat dari Kerupuk Rambak 

Kerupuk Rambak sendiri ternyata memiliki manfaat bagi kita. Apa saja manfaat dari kerupuk kulit? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kerupuk rambak :

1. Menyembuhkan Maag

Salah satu manfaat paling penting dari kerupuk kulit adalah dapat menyembuhkan gejala mual dan perih pada perut akibat gangguan maag. Jadi, apabila anda sering mengalami gejala maag, maka cobalah untuk mengkonsumsi kerupuk rambak setiap gejala tersebut muncul. Hal ini terbukti, dengan mengkonsumsi kerupuk rambak

2. Sebagai Camilan dan Teman Makan

Inilah salah satu manfaat dari kerupuk rambak  yang paling cocok dengan masyarakat Indonesia. Ya, Kerupuk kulit seringkali dimanfaatkan sebagai camilan dan juga teman makan. Rasa yang gurih dan juga renyah dapat meningkatkan selera makan dan juga dapat membuat segala jenis makanan menjadi lebih nikmat untuk disantap.

Selain itu beberapa produsen kerupuk kulit juga menambah bumbu tertentu pada kerupuk kulit dan mengemasnya ke dalam kemasan tertentu untuk dijual sebagai camilan. Camilan kerupuk  ini sangat diminati oleh anak-anak yang senang dengan jajanan semacam itu.

3. Mengobati Rasa Pedas

Apabila anda sedang makan sesuatu yang pedas dan anda kepedasan dan tidak kuat menahannya, daripada meminum air hingga merasa kembung, ada baiknya anda coba untuk mengkonsumsi kerupuk kulit ini. Kerupuk rembak memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi.

Selain karena prosesnya yang digoreng dengan minyak, kerupuk kulit juga memiliki pori-pori yang besar, yang menyimpan minyak dalam jumlah banyak. Minyak merupakan salah satu zat yang dapat menetralisir rasa pedas yang dihasilkan oleh capcaisin pada cabai.

4. Bahan Campuran Makanan

Anda pernah makan sambal goreng krecek. yap, apa yang anda kenal dengan istilah krecek itu adalah kerupuk kulit. Ini merupakan salah satu pemanfaatan dari kerupuk kulit, yaitu sebagai bahan utama dalam pembuatan masakan nusantara, salah satunya adalah sambal goreng krecek.

5. Tinggi Akan Kandungan Protein

Anda dapat memperoleh asupan protein dengan mengkonsumsi kerupuk kulit. Protein sendiri memiliki banyak sekali manfaaaat yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat dari protein? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari protein :

  • Baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh
  • Meningkatkan massa otot
  • Pertumbuhan dan juga regenerasi sel-sel tubuh
  • Baik untuk meningkatkan pembentukan energi tubuh

6. Baik Untuk Kesehatan dan Pertumbuhan Tulang

Ya, ternyata kerupuk kulit juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, serta membantu proses pertumbuhan tulang. Hal ini disebabkan karena kerupuk kulit memiliki kandungan kalsium dan juga fosfor yang cukup tinggi. Hal ini sangat baik untuk kesehatan tulang anda, dan juga baik bagi remaja yang masih berada di dalam masa pertumbuhan.

C.Konsumsi Kerupuk Rembak yang Berlebihan

Meskipun ternyata kerupuk kulit memiliki manfaat yang cukup banyak dan juga baik untuk kesehatan kita, namun perlu diperhatikan jumlah konsumsi kerupuk kulit bagi tubuh kita. Kerupuk kulit, pada dasarnya sudah memiliki kandungan lemak yang tinggi, dan masih ditambah proses penggorengan. Hal ini menyebabkan kandungan lemak pada kerupuk kulit sangatlah tinggi, dan dapat menyebabkan obesitas, dan meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Resep Rambak Kerupuk Udang Balado

Bahan-bahan:

  • 2 buah labu siam ukuran sedang… potong korek api
  • 3 buah tahu putih ukuran sedang… potong korek api
  • 1 bungkus sedang krupuk rambak siap makan
  • 1 sachet kecil santan kara
  • 2 ruas lengkuas… digeprek
  • 1 buah serai… digeprek
  • Minyak untuk menggoreng dan menumis
  • Air matang secukupnya atau air kaldu
  • Garam
  • Gula
  • bumbu halus :
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 biji kemiri yg sudah disangrai atau digoreng
  • 3 buah cabe keriting

Cara Membuat Rambak Kerupuk Udang Balado:

  1. Cuci bersih labu siam… goreng tahu setengah matang… sisihkan
  2. Panaskan minyak untuk menumis… tumis bumbu halus hingga harum… tambahkan lengkuas dan serai… masak dengan api sedang supaya ndak gampang gosong sampai harum.
  3. Masukkan air atau air kaldu secukupnya… tambahkan tahu, masak hingga mendidih
  4. Lalu masukkan labu siam, aduk rata… tambahkan air bila perlu atau selera berkuah banyak… masak hingga mendidih lagi.
  5. Tambahkan garam dan gula, koreksi rasanya… matikan api kompor… masukkan santan kara, aduk rata hingga santan menyatu dengan air kuah
  6. Nyalakan lagi api kompor… masak lagi sambil diaduk hingga mendidih… masakan siap untuk disajikan.

Selamat mencoba!