Resep Terang Bulan Special Untuk Kamu Yang Special – Terang bulan adalah sebuah makanan yang memiliki rasa yang manis seperti namanya yaitu terang bulan manis atau juga bisa disebut martabak manis.

Dalam artikel ini kami akan membagikan cara membuat resep terang bulan special yang dapat anda buat dirumah dan artikel ini bisa anda jadikan panduan untuk membuatnya dirumah. Berikut ini adalah cara membuat resep terang bulan special,simak dan pelajarilah!

Resep Terang Bulan Special Untuk Kamu Yang Special

resep terang bulan special untuk kami yang special

Bahan Resep Terang Bulan Special:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 5 sdm Gula Pasir
  • 1 butir Telur
  • 350 ml Air
  • 1/5 sdt Vanili
  • 1/4 sdt Soda Kue
  • 1/4 sdt Garam
  • 1/5 sdt ragi instan
  • 2 sdm meises, coklat, keju, atau juga selai lainnya sesuai selera
  • 2 sdm Mentega untuk olesan

Langkah-Langkah Persiapan Membuat Terang Bulan Special :

Untuk Membuat sajian kali ini anda harus memperhatikan langkah langkah persiapan membuat terang bulan coklat.

Langkah persiapan menjadi langkah penting karena langkah ini berisikan beberapa cara mengolah bahan dari sajian kali ini. Untuk mengetahui lebih dalam apa saja langkahnya, simaklah informasinya dibawah ini:

  1. Siapkan sebuah wadah dan masukkan semua bahan-bahan kering kedalamnya sambil diayak.
  2. Bahan-bahan tersebut antara lain tepungyaitu  terigu bersama dengan vanili, ragi instan dan juga garam.
  3. Aduk-aduk semua bahan ini hingga tercampur dan merata.  Tujuan dari mengayak pada bahan-bahan kering kali ini adalah untuk menjaga jika anda partikel kasar masuk kedalam adonan yang mana nantinya akan mempengaruhi kelembutan dari sajian kali ini.
  4. Setelah pencampuran dan pengayakan ini dilakukan dengan merata maka langkah selanjutnya yang akan bisa anda lakukan adalah memastikan jika semua bahan yang dibutuhkan pada resep sudah anda siapkan dengan merata.
  5. Baru kemudian anda akan bisa melanjutkan untuk membuat hidangan martabak kali ini dengan merata.

Cara Membuat Terang Bulan Special:

  1. Pertama untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara mencampurkan telur ke dalam campuran tepung terigu.
  2. Lalu tambahkan air kedalamnya sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan menggunakan mixer roti sampai semua bahan ini tercampur dengan merata.
  3. Pastikan anda mengaduknya dengan merata dan tidak ada adonan yang masih menggumpal. Maka dari itu, perhatikan kecepatan dalam mengaduk sajian ini agar gumpalan dapat lebih cepat tercampur dengan merata.
  4. Setelah tercampur semua maka diamkan adonan selama kurang lebih sekitar 30 menit agar adonan menjadi lebih mengembang dan lebih set.
  5. Panaskan cetakan martabak dengan menggunakan api sedang.
  6. Kemudian olesi bagian permukaannya dengan menggunakan margarin secara merata. Tunggu sampai cetakan panas dengan merata.
  7. Tuangkan adonan kedalamnya dan ratakan bagian pinggirnya sampai menjadi tipis.
  8. Setelah selesai kemudian masak dan diamkan hingga bagian permukaan martabak menjadi lebih berpori secara merata. Lalu masak kembali hingga matang dan merata.
  9. Angkat adonan yang sudah matang itu, lalu olesi dengan margarin secara merata hingga tercampur semua.
  10. Setelah itu, baru berikan isian di dalamnya dan taburkan dengan merata semua bahan itu.
  11. Terang Bulan rasa coklat siap disajikan

Manfaat mengonsumsi martabak manis di malam hari

resep terang bulan special untuk kami yang special

  1. Martabak manis bisa jadi pilihan makanan yang tinggi kalori dan padat gizi, jika disajikan dengan cara yang sehat.
  2. Membantu pemenuhan kebutuhan energi harian yang sedang tinggi, misalnya setelah melakukan aktivitas fisik yang berat atau sedang berada pada kondisi pemulihan pasca sakit.
  3. Menjadi pengganti makan malam
    Selama dipilih dengan komposisi gizi yang tepat, maka martabak manis bisa menjadi menu makan malam yang sehat dan tetap bergizi seimbang.

Bahaya Mengonsumsi Terang Bulan Manis Saat Malam Hari

  1. Asupan kalori cenderung berlebihan
    Jika porsi konsumsinya tidak dikontrol, maka tentu asupan kalori di malam hari bisa menjadi sangat tinggi dan memperberat metabolisme tubuh jelang istirahat.
  2. Risiko gula darah naik hingga kegemukan
    Pemilihan bahan baku dan toping yang tinggi gula bisa membuat satu saji martabak manis memiliki kandungan gula yang sangat besar. Asupan gula berlebih bisa meningkatkan gula darah tubuh dan menyebabkan risiko craving tengah malam meningkat.

Itulah cara membuat resep terang bulan special dan juga manfaat serta bahaya makan terang bulan manis di malam hari. Semoga bermanfaat selamat mencoba sukses selalu.

Sekian dan terimakasih