Banyak anak kos ingin tau bagaimana tips menghemat uang bulanan anak kos den gan megirit pengeluaran bulanan.Tapi godaan buat membeli membeli barang yang tidak penting itu selalu saja sangat kuat.

Di luar sana, barangkali anda punya perasaan yang selalu mengganggu,bahwa anda harus wajib menyisihkan sebagian uang pada saat keadaan yang darurat. Namun, saat keadaan ekonomi seperti saat ini, sepertinya sudah habis-habisan betul kita menekan biaya hidup, sehingga untuk menabungpun sepertinya adalah hal yang ekstra berat.

Bagaimana sih cara biar bisa nabung tanpa ngelupain kebutuhan hidup yang lainnya? Gimana sih cara buat hidup hemat dan bisa ngelawan godaan yang bisa nguras kondisi finansial? ikutin aja cara buat ngehemat berikut.

Tips Merubah Gaya Hidup Untuk Jadi Lebih Hemat

Tips Merubah Gaya Hidup Untuk Jadi Lebih Hemat

1. Belajar Disiplin Untuk Mengatur Uang

Belajar mengatur keuangan itu tidaklah sesulit yang anda bayangkan,tapi belajar mengatur keuangan hanya perlu memahami pemahaman dasar tentang istilah finansial. Ada baiknya anda mengetahui apa itu cash flow, ROI, IRA dan istilah lainya. Dengan pemahaman itu, kesadaran untuk hidup hemat  bisa menjadi lebih tinggi.

Lakukan Kegiatan menabung dengan cara membeli sebuah celengan brankas. Pastikan brankas berkualitas tinggi, guna biar tidak ada yang mengambil uang anda.

2. Membuat Rekening Alternatif

Sebenarnya, tidaklah sesulit yang di bayangkan untuk menyembunyikan uang. Cukup hanya dengan membuat rekening  alternatif tanpa akses kartu ATM.

Tiap kali rekening tabungan menerima gaji bulanan anda, segeralah transfer nominal tertentu ke rekening tabungan alternatif anda atau dengan aktifkan saja opsi transfer otomatis agar tak repot untuk mengirim manual.

Supaya di saat uang di tabungan alternatif kita tak terpakai sama sekali.Itu juga merupakan tips menghemat uang yang bagus.

Print buku tabungan anda tiap 4-5 bulan sekali. Setiap kali anda menerima bonus, segeralah langsung menyetorkanya dan jika pendapatan bulanan anda naik,itu berarti nominal yang harus anda disetor harus naik pula.

3. Catat Pengeluaran dan Evaluasi Secara Berkala

Selain peduli dengan pendapatan, coba anda luangkan perhatian anda pada pengeluaran. Ambil kertas dan pensil, kemudian, catat semua pengeluaran anda dalam sebulan.

Coba analisa  semua pengeluaran anda dan cari tahu apakah ada sektor yang bisa anda ditekan atau hapus,karna tidaklah penting. Menekan pengeluaran bulanan adalah cara paling efektif untuk menghemat uang.

4. Cari Teman atau Anggota Keluarga yang Satu Visi

Agar jadi lebih semangat untuk berupaya menghemat pengeluaran, mintalah dukungan pada partner anda. Seorang ibu rumah tangga wajib untuk melibatkan seluruh anggota keluarga untuk bisa merasakan hidup hemat. Dengan terlibatnya semua anggota keluarga, maka pengeluaran bulanan pasti akan lebih gampang dikendalikan.

5. Hindari Pembelian Mendadak

Janganlah membeli sesuatu secara mendadak atau di luar batas pos pengeluaran bulanan, apalagi barangnya tidak bersifat ‘wajib’. Mengeluarkan uang untuk membeli barang yang tidaklah penting itu adalah bagian dari pemborosan. Janganlah sampai anda mengambil keputusan yang nanti berujung pada penyesalan.

6. Bayar Tunai, Hindari Hutang yang Tidak Perlu

Dampak positif adanya kartu kredit ialah jadi tak perlu bawa uang banyak,jadi kita juga tidak tergoda untuk berbuat boros dan melupakan tips menghemat uang yang saat ini kita jalani .

Tetapi bisa berdampak negatif bagi si pemilik kartu yaitu hutang  si pemilik menumpuk pada bank akibat pemakaian tak terkendali.

Agar finansial anda tetap aman dan  terbebas dari virus kartu kredit, alangkah lebihbaiknya janganlah anda taruh kartu kredit anda di dompet.Dan bayarlah  segala sesuatu yang anda beli sebisa mungkin dengan uang tunai.Itu tips menghemat uang yang tepat dan mudah.

7. Pertimbangkan untuk Membeli Barang Kondisi Bekas Pakai

Anda  mungkin sering kali tergoda untuk membeli suatu barang tertentu yang bukanlah bagian dari pos pengeluaran? Boleh saja, tapi pertimbangkanlah barang yang akan anda beli,antara kondisi barang yang bekas ataukah  baru.

Harga barang yang sudah bekas alias second akan jauh lebih murah dan lebih terjangkau, soal kualitas barang tentu tergantung pada ketelitian anda yang  pembeli saat mengambil keputusan.

8. Lawan Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Boros

Semua orang pastilah mempunyai kebiasaan buruk, tapi kebiasaan buruknya seseorang ada pula yang berdampak negatif pada keadaan finansialnya.

Coba saja pahami dan kenalilah diri anda sendiri, apakah anda punya kebiasaan buruk yang merugikan ?Seperti hobi nongkrong nongkrong di cafe atau suka beli beli barang yang tak penting?

Bila adnda bisa sukses untuk melawan kebiasaan kebiasaan buruk anda yang boros membeli membeli barang yang tidak penting maka anda sudah bisa menerapkan satu tips menghemat uang yang baik. Hidup hemat bukanlah sekedar omong kosong saja teman.

Untuk mengemat pengeluaran memanglah sulit banyak sekali godaan ingin membeli barang barang yang seharusnya tidak kita beli terutama pada anak kos.Anak kos juga harus memikirkan untuk membayar uang bulanan kos yang di tempatinya.

Pasti anak kos ingin tau kan tips menghemat uang bulanan anak kos?jika kalian ingin tau cara untuk behemat bacalaj artikel tips menghemat uang. dan baca juga ciri ciri emas muda.Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih.