Budidaya Ikan Gabus di Di Ember –Ikan gabus merupakan salah satu ikan yang kerap diperjualbelikan dibanyak pasar.

Ikan ini memiliki banyak peminat dan sering kali menjadi salah satu daftar ikan yang dibudidayakan seperti cara budidaya ikan gabus di kolam tanah.

Pada budidaya ikan gabus hampir sama dengan cara budidaya ikan gurame. Jika Anda adalah salah satu yang menginginkan budidaya ikan gabus di ember , maka berikut panduan yang kami sarankan :

1. Tentukan Jenis Budidaya Ikan Gabus Di Ember

Sebelum Anda mulai bekerja di lokasi peternakan ikan Anda pertama-tama Anda perlu mempertimbangkan tiga hal utama.

  • Jenis ikan yang Anda kembangkan.
  • Ukuran ikan bisa tumbuh ketika mereka dalam bentuk dewasa.
  • Berapa banyak yang ingin Anda kembangkan.

Anda ingin memastikan ukuran kolam dapat menangani jenis ikan yang akan Anda kembangkan.

Anda tidak ingin memelihara ikan yang terlalu besar untuk ukuran kolam hanya untuk mengetahui bahwa Anda kehabisan ruangan.

2. Pilih Lokasi yang Cocok

Ketika membangun peternakan ikan di halaman belakang atau di properti Anda.

perlu ditempatkan di tempat yang cocok agar memastikan pertumbuhan dan kesehatan ikan yang terbaik seperti Cara budidaya ikan gabus di kolam tanah.

Beberapa hal penting untuk diingat ketika menemukan lokasi yang cocok adalah:

  • Permukaan tanah harus rendah dan rata.
  • Kolam harus diposisikan di tempat yang mudah menampung air hujan alami atau limpasan. Ini membantu menjaga agar air tetap segar dan menjadi basi yang dapat membahayakan kesehatan ikan Anda.
  • Akankah ada penghalang antara kolam dan anak-anak Anda? Anda tidak ingin memposisikan peternakan ikan di dekat rumah Anda karena itu menimbulkan bahaya tenggelam bagi anak-anak.
  • Jika area tersebut terkena panas atau dingin yang ekstrim, Anda perlu memastikan bahwa area yang akan Anda gali dapat digali antara 8-12 kaki untuk memastikan ikan dapat menemukan tempat berlindung yang cukup selama perubahan suhu ekstrim ini. Kolam yang diteduhi pepohonan juga ideal, namun Anda berisiko menggali ke dalam sistem akar yang besar.

Dalam mempertimbangkan hal-hal ini, Anda akan dapat menentukan lokasi yang baik yang cocok untuk kolam Anda untuk diposisikan.

3. Membeli Peralatan Ember

Dengan persiapan selesai, Anda siap untuk melakukan terobosan. Inilah proses yang kami sarankan.

Tergantung pada ukuran dan kedalaan kolam peternakan ikan gabus kalian, kalian harus:

  • Hindari menggali di atas lubang pada lereng ke bawah. Hal ini dapat menyebabkan mesin Anda mengarah ke depan dengan berat.
  • Saat menggali lubang, gali di kedalaman 16 inci pada waktu di tepi luar dan letakkan kotoran di tumpukan di jalan  atau di bagian belakang atau sisi kolam.
  • Ketika Anda telah mencapai pusat, mulailah untuk menggali lebih dalam karena ini akan membantu menciptakan kemiringan yang merata di kolam ikan Anda jika Anda perlu berjalan di dalamnya untuk beberapa alasan. Ini juga akan membantu Anda mendorong excavator masuk dan keluar dari kolam lebih mudah.
  • Teruslah berhenti dan ukur kedalaman kolam untuk memastikan tingkat kedalaman yang tepat yang ingin Anda capai.
  • Hati-hati saat menggali. Jika Anda terburu-buru dalam proses penggalian, Anda mungkin menemukan bahwa kolam Anda tidak akan rata.
  • Untuk membuat tepinya terlihat lebih jelas ketika selesai, gali sekitar tepi luar dengan sekop untuk menyamakannya lebih baik.

Dalam mengambil tips ini menjadi pertimbangan Anda akan dapat menggali kolam ikan Anda lebih berhasil tanpa terlalu banyak masalah.

4. Mengisi Ember dengan Air

Untuk memastikan liner tetap di tempat ketika Ember sedang diisi Anda dapat menempatkan batu berukuran yang layak di tengah.

Ini membantu mencegah terpal yang terangkat dan mengambang sementara air minimal ada di kolam.

5. Penggunaan Sistem Pompa

Setelah kolam penuh, berat dari air tersebut dapat membantu untuk tetap di tempatnya.

Kemudian Anda dapat mengatur sistem pompa Anda.Jika Anda tidak berencana menggunakan sistem pompa, maka Anda dapat bekerja untuk memperkenalkan ikan Anda.

Namun, jangan lupa bahwa ikan memang perlu memiliki air beroksigen untuk hidup dan tumbuh sehat.

Anda bisa memberi ikan tersebut oksigen dengan menempatkan selang berlari di kolam 2-3x seminggu selama interval 15-30 menit.

6. Memasukan Ikan Anda ke Ember

Saat memperkenalkan ikan Anda ke kolam ikan, ada baiknya untuk terlebih dahulu membiarkan air dan kotoran apapun mengendap.

Setelah siap, perlahan mulai mencampur air kolam ke dalam air ember yang Anda miliki ikan Anda selama 10 menit, ini akan membantu mereka menyesuaikan diri dengan tingkat PH air baru.

Setelah Anda mencampur air dan menunggu, perlahan-lahan taruh ikan ke dalam kolam.

7. Kontrol pH

Jika mereka semua mati dalam minggu pertama, ada yang salah dengan air Anda yang perlu ditangani.

Salah satu kawasan yang barangkali harus diperiksa ialah level PH. Beberapa ikan memerlukan satu set PH level agar dapat bertahan hidup.

Jika level PH masih dalam jangkauan, Anda mungkin perlu bertanya kepada ahli ikan tentang apa yang mungkin menjadi masalah.

8. Pakan

Ikan gabus yang matang adalah spesies ikan karnivora yang rakus. Ikan gabuis awalnya diberi zooplankton, sebelum pindah ke pakan serangga kecil dan krustasea.

Tetapi para ikan remaja mungkin memakan ikan kecil. Pakan ikan dewasa mungkin termasuk ikan hingga 33 persen dari panjang tubuh mereka.

Makanan umum mereka termasuk ikan kecil, ikan cray, berbagai ikan lele, larva capung, kumbang dan katak

9. Pemijahan

Ikan gabus mencapai kematangan pada usia 2 atau 3 tahun, dan mereka mencapai sekitar 30-35 cm panjang tubuh dalam waktu ini.

Ikan gabus tersebut bisa menggandakan populasi mereka dalam paling lambat 15 bulan.

Betina dapat meletakkan hingga 100.000 telur per tahun, dan telur dibuahi secara eksternal.

Pemupukan umumnya terjadi pada pagi hari di perairan dangkal. Telur ikan ini berwarna kuning dan bulat.

Telur berukuran sekitar 2mm. Setelah bertelur, telur umumnya menetas setelah sekitar 1-2 hari, tetapi bisa memakan waktu lebih lama jika suhunya sangat rendah.

Telur dijaga oleh laki-laki dan perempuan, sampai penyerapan kuning telur.

10. Meningkatkan Suhu

Indikator paling pasti dari musim pemijahan adalah peningkatan suhu air.

Apabila kalian ingin mempromosikan pemijahan awal, maka gunakanlah pemanas kolam untuk meningkatkan suhu hingga setidaknya 23 Celcius.

Ini umumnya memicu pemijahan. Membawa ikan yang lebih kecil ke tangki dalam ruangan menyelesaikan hal yang sama.

11. Media Bertelur

Jika Anda menyediakan semacam media untuk mereka, mereka akan lebih aman, dan Anda akan lebih mampu mengendalikan perkembangbiakan mereka.

Ini juga memungkinkan Anda memindahkan telur dengan lebih mudah.

Gunakan gabus dengan benang yang dilekatkan, atau tundalah kepala pel string di atas kolam. Senar yang menggantung adalah media telur yang baik.

Anda juga bisa menggunakan cabang hijau yang diikat dan digantung di air. Tanaman air buatan juga merupakan pilihan yang baik.

12. Perhatikan Perkembangan Telur

Menurut peternak, ikan jantan tetapi sisi betinanya yang bengkak sebagai upaya untuk mengusir mereka mengeluarkan telur.

Ikan gabus tidak begitu jelas, tetapi Anda akan memperhatikan ikan jantan mengikuti betina di sekitar kolam dan melalui media penetasan. Ketika telur diletakkan, mereka akan lengket dan jernih.

13. Perawatan Anakan

Orangtua ikan gabus akan makan telur mereka sendiri dan muda. Karena ini, segera setelah telur diletakkan, mereka harus dipisahkan dari orang tua. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Pertama, pindahkan ikan dewasa ke kolam lain jika tersedia. Lebih aman untuk memindahkan ikan dewasa daripada telur, jadi ini adalah metode pemisahan yang disukai.

Anda juga dapat memindahkan media telur ke kolam lain. Pastikan itu dihangatkan hingga antara 23 derajat C.

Kolam tidak perlu disaring karena anak-anak memakan alga dan pertumbuhan tanaman di kolam hangat.

Jika tidak ada kolam lain yang tersedia, opsi ketiga adalah menggunakan layar atau jala untuk membagi telur dari orang tua.

Pembagian ini harus dilakukan segera setelah telur diletakkan. Selama tiga hari pertama, anakan tidak perlu diberi makan.

Setelah itu, beri mereka makan ikan standar. Pelet harus digiling untuk bulan pertama.

sekian artikel mengenai budidaya ikan gabus di kolam tanah,Terimakasih