Usaha makanan ringan sederhana merupakan bisnis berskala rumah tangga yang memiliki peluang sangat bagus untuk saat ini maupun yang akan datang. Permintaan pasar untuk makanan ringan ternyata terus mengalir.

Melihat penikmat makanan ringan, tidak hanya anak-anak, tetapi juga remaja, dewasa, hingga orang tua. Maka tidak mengherankan jika pelaku usaha makanan ringan sederhana yang sering disajikan sebagai selingan saat melakukan kegiatan ini sering kali kebanjiran pelanggan.

Apalagi melihat beragamnya jenis makanan ringan di Indonesia mulai dari keripik, gorengan, siomay batagor yang dijual dengan berbagai macam harga.

Bagi Anda yang tertarik memanfaatkan peluang usaha dibidang kuliner makanan ringan, sebaiknya buatlah persiapan yang matang, perencanaan serta lakukan beberapa riset dan analisa pasar untuk mengetahui camilan apa yang memiliki permintaan pasar cukup tinggi tetapi produsennya terbatas.

Berikut ini beberapa usaha makanan ringan sederhana yang menarik dan bisa dicoba.

Usaha Makanan Ringan Sederhana

1. Kerupuk Seblak

Jika biasanya seblak terbuat dari kerupuk yang sudah direndam air kemudian diberi bumbu pedas. Lain halnya dengan kerupuk seblak ini.

Rasanya tetap sama dengan pedas level tinggi hanya saja ini tidak direndam dengan air melainkan langsung digoreng bersama dengan bumbu halus sampai merata.

Peluang bisnis cemilan kerupuk seblak ini sama bagusnya dengan seblak pada umumnya karena orang Indonesia adalah pencinta pedas.

Jadi tak ada salahnya jika Anda membuka binsis kerupuk seblak ini. Camilan pedas ini pun bisa Anda jual dengan harga 2000an biasanya dengan menggunakan plastik perempatan.

Jika Anda ingin berinovasi bisa kerupuk seblak divariasikan dengan rasa lain seperti keju, barbeque, balado  dan manis. Asal Anda pintar dalam menggorengnya jangan sampai gosong karena akan terasa pahit.

2. Basreng

Bakso goreng atau lebih dikenal basreng merupakan salah satu camilan yang terbuat dari bakso yang digoreng. Tetapi jangan salah, camilan yang satu ini tak perlu ribet mengkonsumsinya. Karena tak perlu menggunakan kuah dan sambal.

Camilan ini memang dimakan dengan kondisi kering dan sudah tercampur dengan bumbu pedas.

Camilan yang satu ini biasa ditemui di warung makanan serba 2000. Tentunya ukurannya disesuaikan dengan harganya dengan plastik perempatan.

Cara membuat basreng sebenarnya tak sulit hanya bakso daging ikang yang diiris tipis, ditambahkan dengan bumbu-bumbu dari campuran gula, bawang putih dan minyak goreng.

Setelah basreng jadi tentunya untuk menambah kelezatan ditambahkan bumbu lagi. Biasanya basreng rasanya sangat pedas seperti seblak namun  jika Anda ingin berinovasi bisa dengan menggunakan bumbu bubuk lainnya seperti keju, barbeque, balado  dan manis.

3. Keripik Singkong

Keripik singkong bisa dibilang camilan yang melegenda di tanah air. Hingga ada lagunya juga. Meski melegenda, makanan ini masih merakyat sampai sekarang, Makanya pas jika masuk ke dalam peluang usaha makanan ringan serba 2000.

Biasanya keripik singkong dijual dengan rasa asin saja. Taoi jika Anda ingin berkreasi Anda bisa membuat keripik singkong pedas dengan sambal balado, keripik singkong keju, keripik singkong coklat dan lain-lain.

4. Kuaci

Kuaci makanan yang tenar di era 90an ini ternyata masih ada di zaman sekarang meski langka ditemui. Makanan yang berasal dari biji bunga matahari ini ternyata banyak yang menyukai karena selain enak juga bergizi.

Makanan yang biasa dimakan di kala santai ini memang cocok jika dijual karena peminatnya masih tinggi.

Camilan ini juga terbukti baik bagi kesehatan itulah sebabnya tak sedikit yang mencari camilan yang mulai langka ini. Biji bunga matahari ini selain bisa mencegah kolesterol, ternyata bisa juga menyerap lemak sehingga bagus dikonsumsi dikala Anda sedang diet

5. Macaroni

Salah satu pasta yang berasal dari Italia ini sudah cukup populer di Indonesia. Salah satunya menjadi camilan yang digabungkan dengan bumbu khas Indonesia.

Makanan yang terbuat dari gandum durum dengan kadar protein rendah tersebut ternyata bisa diolah menjadi makanan ringan yang cukup mura sekitar seharga dua ribu rupiah.

Biasanya makaroni dijual dalam bungkus plastik perempatan. Rasanya beragam mulai dari pedas, original atau asin, pedas manis hingga keju dan susu.

 

Itulah tadi artikel tentang usaha makanan ringan sederhana yang bisa jadi peluang usaha kamu yang bisa penulis resepimasakan.net berikan. Jangan lupa untuk simak artikel tentang cara membuat donat empuk dan lembut. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Terima kasih.