Pada ulasan kali ini saya akan membahas aneka jajan pasar kukus dan ternyata belum banyak yang mengetaui jajan pasar kukus ini lho.

Aneka Jajan Pasar Kukus

1. Serabi

Aneka jajan pasar kukus yang pertama adalah serabi. Serabi atau Surabi ada dua jenis, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca dan serabi asin dengan taburan oncom yang telah dibumbui diatasnya. Di Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas.

Kadangkala telur ayam yang telah dikocok ditambahkan ke atas adonan serabi yang sedang dimasak. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang terus berinovasi dengan menambahkan berbagai toppingseperti sosis, keju, dan mayones.

2. Kue lumpur

Aneka jajan pasar kukus yang berikutnya kue lumpur. Kue lumpur adalah jajan pasar yang termasuk makanan ringan/ kue basah. Bahan utamanya adalah santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Dan untuk penyedap rasa digunakan vanila dan seringkali diberi hiasan kismis dan kelapa muda iris di permukaannya. Kue ini tergolong dalam kue basah sehingga tidak tahan lama.

Kamu bisa membuat sendiri di rumah dengan melihat resep kue lumpur berikut ini, caranya lelehkan margarin, ambil tempat untuk mencampurkan bahan seperti telur, gula, vanili dan kentang, lalu campurkan tepung terigu, santan, garam dan margarin yang sudah dilelehkan tadi.

Panaskan cetakan dengan api kecil, kemudian masukan adonan ke dalam cetakan yang sudah dilumuri margarin. Tambahkan toping kismis atau kelapa muda dan masak selama dua menit hingga matang.

3. Klepon

Aneka jajan pasar kukus klepon ini kadang juga disebut onde-onde manis. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih.

Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan atau di taburi parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa.

Cara Membuat Jajanan Pasar kue klepon adalah dengan mencampur tepung beras, tepung ketan, garam, pasta pandan dan air secukupnya. Haluskan gula merah sebagai isian, kemudian ambil adonan secukupnya dan pipihkan, beri isian gula merah dan gulung hingga berbentuk bulat.

Masukan kedalam air mendidih sampai matang dan mengambang, tiriskan dan tambahkan parutan kelapa. Kue klepon siap disantap.

4. Semar mendem

Semar mendem adalah sejenis lemper yang tidak dibalut dengan daun. Sebagai pembalutnya, digunakan semacam dadaran atau crepe yang terbuat dari campuran telur dan tepung terigu yang dipanaskan dengan cepat sehingga bentuknya memadat.

Dalamnya biasa berisi ayam. Kudapan ini biasanya disajikan dengan cairan aren atau santan kelapa yang  kental.

Cara membuat semar mendem, pertama siapkan kulit, beras ketan dan isiannya. Buat kulit semar mendem dari telur dadar pipih, kemudian siapkan ketan yang sudah dimasak dan buat isian dari daging ayam cincang yang telah dimasak.

Ambil ketan secukupnya, bentuk pipih dan berikan isian di tengahnya, gulung dan bentuk menjadi persegi panjang kemudian bungkus dengan kulit dadar. Semar mendem sudah jadi dan siap disajikan.

5. Kue mangkok

Kue mangkok adalah penganan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus. Bentuknya seperti mangkok dan mekar pada ujungnya. Kue yang biasa dijual di pasar tradisional ini diperkenalkan oleh imigran dari Tiongkok selatan, yang kemudian mengalami indigenisasi.

Cara membuat kue manggkok, pertama rebus air dan gula sampai larut. Campurkan tepung beras, tepung terigu dan tape singkong halus, kemudian masukan air gula ke dalam  adonan, tambahkan baking powder dan aduk sampai rata.

Masukan adonan ke dalam cetakan dan kukus selama kurang lebih 10 menit. Setelah matang keluarkan kue dari cetakan dan hidangkan selagi hangat.

6. Getuk

Aneka jajan pasar kukus yang terakhir adalah getuk. Getuk berbahan utama ketela pohon atau singkong. Getuk merupakan makanan yang mudah ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pembuatan getuk dimulai dari singkong di kupas kemudian kukus atau perebusan, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan. Untuk penghidangan biasanya ditaburi dengan parutan buah kelapa.

Cara membuat getuk tergolong mudah, karena hanya dengan merebus singkong, kemudian tambahkan garam dan gula yang kemudian dilumatkan. Setelah itu bisa di tambahkan dengan pewarna makanan agar getuk terlihat lebih unik.

Itu tadi ulasan tentang aneka jajan pasar kukus yang dapat saya bagikan dengan anda semoga bermanfaat. resep masakan ikan tuna rica-rica ini mungkin ternyata mudah lho.

Sekian Terimaksih 🙂