Beras hitam merupakan beras dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Manfaat beras hitam sangat penting bagi tubuh untuk mencegah berbagai penyakit. Selain itu beras hitam memiliki manfaat unutk bayi. Beras hitam untuk bayi biasanya dibuat makanan pendamping ASI atau MPASI.

Padi hitam adalah kumpulan dari berbagai jenis beras dari spesies Oryza sativa L. Beras hitam berbeda dengan ketan hitam. Ketan hitam merupakan spesies Oryza sativa glutinosa berbeda dengan beras hitam.

Bulir beras hitam yang utuh mempertahankan semua sifat alaminya, karena beras ini tidak melalui proses pemutihan. Beras ini berwarna hitam karena alueron dan endospermanya memproduksi antosianin dengan intensitas yang tinggi, sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam. Kandungan serat pada beras hitam sangat luar biasa.

Selain mengandung serat yang tinggi beras hitam juga memilki indeks glikemik yang rendah. Beras hitam mempunyai indeks glikemik yang rendah akan membuat kenyang lebih lama. Di samping itu juga mampu menjaga kestabilan kadar gula darah. Sehingga baik buat para penderita diabetes.

 

Kandungan Manfaat Beras Hitam

Beras hitam memiliki kandungan serat yang tinggi dibandingkan dengan beras merah dan beras putih. Kandungan yang dimiliki beras hitam berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu beras hitam sering digunakan untuk program diet.

Antioksidan Antosianin Pada Beras Hitam

Antioksidan dari beras hitam terdapat pada bagian kulit luar dalam jumlah yang banyak. Digadang jika kandungan ini bisa melawan sel kanker, jantung, diabetes, hingga penyakit mematikan lainnya. Selain itu, mengonsumsi beras hitam cukup direkomendasikan bagi seseorang yang memiliki riwayat diabetes, karena beras hitam tidak mengandung gula terlalu banyak.

Bebas Gluten

Sama seperti varietas beras lainnya, beras hitam secara alami bebas gluten, protein yang ditemukan dalam semua produk yang mengandung gandum dan/atau barley. Sebagian orang yang menderita alergi gluten mungkin akan mengonsumsi beras hitam ini yang akan membantu menghilangkan masalah terkait sensitivitas gluten.

Vitamin E

Selain mengandung antioksidan antosianin, bagian kulit dari beras hitam juga kaya akan vitamin E yang sangat baik bagi peningkatan sistem imun tubuh dalam menangkal radikal bebas. Maka dengan rutin mengonsumsinya, tubuh Anda akan mampu mengusir kolesterol jahat secara alami yang bersarang di dalam tubuh.

Tinggi Protein

Semangkuk nasi hitam mengandung karbohidrat yang lebih rendah daripada beras merah, namun lebih tinggi kandungan serat dan proteinnya. Satu porsi beras hitam (100 gram) menyediakan 17% dari asupan protein harian Anda.

Beras Hitam Kaya Vitamin dan Mineral

Beras hitam mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti: vitamin E, B1, B2, B3, dan B6, serta zinc, magnesium, dan fosfor. Satu piring nasi hitam memenuhi asupan harian vitamin dan mineral.

Selain itu terdapat kandungan Riboflavin di dalam beras hitam, yang berperan penting terhadap perlindungan sel dari stres oksidatif, radikal bebas penyebab kanker.

 

Beras Hitam untuk Bayi

Makanan yang diberikan dimulai dari makanan yang lembut dahulu seperti sari buah yang cair atau bubur susu. Makanan pendamping ASI (MPASI) ini dimulai yang cair, halus hingga yang lebih padat. Misalnya seperti susu formula, buah-buahan yang dihaluskan, bubur susu ataupun nasi tim yang disaring. Nasi tim biasanya terdiri dari bubur beras ditambah lauk berprotein hewani maupun nabati ditambah sayuran seperti wortel dan bayam. Ada baiknya nasi tim haruslah melalui proses penghalusan terlebih dahulu, bisa dilakukan dengan alat blender sebelum diberikan pada bayi. Nasi tim tidak perlu dihaluskan setelah bayi berumur diatas 10 bulan.

Beras merah memiliki kandungan karbohidrat lebih rendah dari pada beras putih, namun memiliki kandungan protein, dan vitamin B12 yang lebih tinggi dari pada beras putih. Vitamin B12 merupakan vitamin yang baik untuk sel saraf. Beras merah juga mengandung fosfor dan selenium. Selenium yang dianggap sebagai salah satu zat yang dapat mencegah terjadinya kanker. Begitu pula dengan beras hitam, beras jenis ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi selain itu beras hitam juga tinggi akan serat sehingga memnbuat orang yang mengkonsumsinya merasa lebih cepat kenyang.

Cara Membuat MPASI dari beras Hitam

beras hitam untuk bayi

Bahan:

  • 20 gram tepung beras hitam
  • 1/4 cup liquid (juice, formula, atau asi perah)
  • puree buah/sayur

Cara Membuat:

  1. Campur tepung beras hitam dengan 200ml air putih panaskan dengan api kecil di atas tungku
  2. Aduk terus agar bagian bawah tidak gosong
  3. Masak sampai mendidih dan adonan mengental (sekitar 10 menit).
  4. Dinginkan, setelah dirasa agak dingin campur dengan cairan (jus, susu formula, atau asi perah).
  5. Terakhir tambahkan puree buah/sayur kesukaan si kecil