Hallo kembali lagi dengan saya di artikel baru, dan kali ini saya akan membahas mengenai buah yang mengandung kalsium dan vitaminD.

Ada yang sudah pernah membaca atau mencari informasi mengenai buah yang mengandung kalsium dan vitaminD.

Kali ini saya kembali lagi untuk mengingatkan buah yang mengandung kalsium dan vitaminD. Simak di bawah ini dan jangan sampai ketinggalan.

Buah yang Mengandung Kalsium Tinggi :

buah yang mengandung kalium dan vitamin d

1. Jeruk

Di musim pancaroba ini, tubuh harus diperkuat dengan asupan vitamin C supaya daya tahan tubuh dapat melawan berbagai penyakit. Asupan vitamin C terkandung di dalam buah-buahan, salah satunya jeruk.

Jeruk kaya dengan akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu.

Jeruk memiliki kandungan phytochemicals yang melawan agen penyebab kanker. Ada sepuluh ajaib memakan jeruk bagi tubuh seperti disebut oleh Boldsky. Selain kaya vitamin C, sebutir jeruk juga mempunyai kandungan 40 mg kalsium.

2. Aprikot

Kita mungkin lebih sering mengonsumsi aprikot dalam bentuk yang telah dikeringkan. Ini tak jadi masalah karena setiap 100 gram aprikot kering pun juga tetap mengandung sekitar 5 mg kalsium.

3. Ara

Selain aprikot, buah kering lain yang kaya kalsium yaitu ara. Diperkirakan terdapat sekitar 34 mg kalsium dalam setiap 100 gr porsinya.

4. Kiwi

Buah yang mengandung kalsium berikutnya yaitu kiwi. Setiap 100 gramnya telah mengandung 33 mg kalsium, ini artinya segelas jus kiwi dapat menyuplai kebutuhan kalsium sampai lebih dari 60 mg.

5. Kelembak

Mungkin belum banyak yang tahu tetang kelembak. Buah yang sering dianggap sebagai sayur ini hanya bisa tumbuh di lingkungan bersuhu rendah.

Di Indonesia sendiri, budidaya kelembak dipusatkan di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Kelembak sangat kaya akan kalsium (87mg/ 100 gr) sehingga secangkir jusnya saja didapati mengandung 300 mg kalsium.

6. Mulberry

Buah yang mengandung kalsium berikutnya iyalah mulberry. Meski mungkin agak sulit didapatkan, tetapi itu tak menghapus fakta jika secangkir mulberry mengandung sekitar 54 mg kalsium.

7. Kumquat

Kumquat merupakan salah satu jenis jeruk yang kulitnya dapat dimakan karena rasanya manis. Tak hanya vitamin A dan C, kumquat juga tinggi kalsium (12 mg per butir, atau 62mg/ 100 gr).

8. Prune

Segelas jus prune digadang-gadang mampu menambah asupan 55 mg ke dalam tubuh. Selain bisa mencegah sakit-penyakit, prune memiliki citarasa yabg unik karena kandungan gula alkohol di dalamnya.

9. Grapefruit (pink)

Setiap satu gelas jusnya mengandung 22 mg kalsium. Bonus lain yang dapat diperoleh kalau minum jus grapefruit rutin yaitu tekanan darah dan jantung agar tetap sehat.

10. Blackcurrant

Banyak yang menyangka jika blackcurrant sama dengan anggur hitam. Padahal buah yang mengandung kalsium ini lebih condong masuk dalam kelompok berry. Salah satu alasannya karena ukuran blackcurrant lebih kecil ketimbang anggur.

Tapi walau mungil, blackcurrant tetap kaya manfaat seperti bisa meringankan gejala menopause, mengurangi peradangan(pada ibu hamil), dan sebagai sumber kalsium tentunya.

Dalam 100 gr sajian blackcurrant terdapat 54 mg kalsium. Kadar ini tergolong besar mengingat ukuran buahnya yang mini.

11. Jeruk Nipis

Dalam 100 gr jeruk nipis, terdapat kalsium sebanyak 33 mg. Jeruk nipis juga mempunyai keunggulan lain seperti dapat membantu penurunan berat badan, mencerahkan kulit, mengatasi konstipasi, dan penambah rasa yang alami dalam sajian makanan.

12. Pepaya

Dosis kalsium dalam 100 gr pepaya adalah 19 mg. Tentunya kita bisa mendapatkan lebih kalau makan lebih banyak dari itu.

Lebih dari itu, pepaya juga mempunyai berbagai manfaat menakjubkan untuk tubuh, di antaranya yaitu mencegah kangker usus besar, menyehatkan sistem kardiovaskular, mendongkrak sistem imun, dan enzim Papainnya juga ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang diakibatkan luka dalam.

13. Strawberry

Salah satu alasan mengapa strawberry ampuh mencegah kram haid yaitu karena kandungan kalsiumnya (15 mg/ 100 gr).

Lebih dari itu, strawberry juga baik sebagai sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mengatasi gangguan mata.

Mengonsumsi stawberry secara rutin dapat memperbaiki daya lihat, dan semua itu berkat kandungan vitamin C-nya.

buah yang mengandung kalsium dan vitamin D

14. Jambu Biji

Baik dikonsumsi mentah atau dibuat menjadi jus, jambu biji tetap saja menyimpan segudang nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Selain mengandung kalsium (17 mg/ 100 gr), jambu biji juga sarat likopen, asam folat, antioksidan dan vitamin C.

15. Jeruk Keprok

Bagi warga Indonesia asli pastinya sudah tidak asing lagi dengan buah yang namanya jeruk keprok. Jeruk keprok adalah jeruk yang familier bagi masyarakat kita. Jeruk ini berwarna hijau “kadang-kadang bersemburat kuning”, rasanya yang manis dan seringkali dijadikan buah konsumsi harian masyarakat kita.

Buah yang mengandung kalsium selanjutnya yaitu jeruk keprok. Setiap 100 gramnya memuat 36 mg kalsium, dan kadar ini dapat memenuhi 4-5% AKG.

16. Clementine

Buah yang mengandung kalsium berikutnya adalah ini masih berasal dari keluarga jeruk-jerukan. Clementine mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar orang. Tetapi hal ini tak menutup kenyataan bahwa di dalam sajian 100 gramnya, mengandung lebih kurang 30 mg kalsium.

17. Blackberry

Buah blackberry termasuk buah yang populer untuk di jadikan sebagai hidangan pencuci mulut.

Sifatnya yang lunak sangat cocok untuk di gunakan untuk bahan pembuatan selai, jeli, dan bahkan dapat juga dijadikan minuman “wine”.

Buah Blackberry ini juga sering di gunakan untuk bahan campuran olahan apel dan untuk pembuatan kue.

Dibanding stawberry, kalsium di dalam 100 gr blackberry ternyata lebih tinggi yaitu 28 mg. Ini artinya takaran tersebut sudah dapat mencukupi kebutuhan kalsium tubuh sebesar 3%.

18. Persik

Buah persik dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan peach. Buah ini hampir mirip dengan buah apel tetapi warna daging buahnya cenderung lebih kuning.

Dalam budaya Cina, buah persik ini sering digunakan sebagai keperluan dalam kegiatan doa. Buah ini sudah cukup populer di Indonesia karena rasanya yang begitu enak untuk dikonsumsi setiap hari sebagai makanan pelengkap dan tambahan bahan masakan.

19. Lemon

Buah tersebut adalah bagian dari keluarga buah jeruk seperti jeruk, limau, dan jeruk bali. Pohon lemon secara alami tumbuh di daerah yang beriklim hangat dekat khatulistiwa.

Meski pun begitu, lemon dapat tumbuh di dalam ruangan dalam pot di daerah yang beriklim lebih dingin.

Lemon termasuk di dalam semua daftar makanan yang super karena sangat luar biasa untuk membantu kesehatan tubuh optimal.

Buah yang bisa dimanfaatkan hingga ke bagian kulitnya ini juga memuat sekitar 25 mg kalsium dalam setiap 100 gramnya.

20. Raspberry

Kamu yang sering memasukkan raspberry dalam sajian oatmeal perlu mengetahui bahwa setiap 100 gramnya mengandung sekitar 24 mg kalsium.

21. Kurma

Buah terakhir yang mengandung kalsium yaitu kurma. Setiap butirnya diperkirakan memuat 15 mg kalsium (39 mg / 100 gram), apalagi kalau kamu mengonsumsinya lebih dari 10 butir. Dapat dibayangkan berapa banyaknya asupan kalsium yang diperoleh tubuh saat itu.

jangan lupa juga baca artikel saya yang lain seperti Cara membuat keripik kangkung pedas

Demikian pembahasan mengenai buah yang mengandung kalsium dan vitaminD. Semoga setelah membaca artikel ini anda menjadi lebih tau buah apa saja yang mengandung kalsium dan vitaminD dan semoga dapat bermanfaat.

Jangan lupa juga bagikan artikel ini pada ke keluarga, sahabat, rekan kerja anda agar mereka juga tau buah yang mengandung kalsium dan vitaminD dan mereka dapat menerapkannya. Sekian dulu dan sampai jumpa lagi…