Halo semuanya, apa kabar? Diartikel kami kali ini akan memaparkan beberapa resep lapis tepung beras lembut yang menarik lidah.

Ada yang tahu apa itu lapis? Lapis adalah salah satu kue jajanan pasar atauun jenis makanan tradisional yang banyak digemari semua kalangan.

Kue yang satu ini termasuk dalam golongan kue basah yang sangat enak.

Makanan ini mudah kamu temukan dimana saja seperti dipasaran terutama pasar tradisional dan toko kue.

Kue ini memiliki warna-warni yang menarik sehingga dapat membuat anak menjadi suka.

Tidak hanya untuk anak-anak, karena kue ini sangat cocok dikonsumsi oleh siapapun bagi yang menyukainya.

Buat kamu yang penasaran pengen belajar membuat kue lapis ini. Kami akan memberikan beberapa resep lapis tepung beras lembut. Berikut ini simak dan cermati dengan seksama.

Macam-Macam Resep Lapis Teung Beras Lembut

1. Resep Lapis Labu

Bahan :

  • Tepung beras 250 gr
  • 100 gram tepung tapioka
  • Labu kuning 250 gr
  • 175 ml santan kental
  • 220 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 2 sdt pasta pandan
  • Bubuk coklat

Cara Membuat :

  1. Kamu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue tersebut.
  2. Labu kuning dikukus dan dihaluskan lalu ditambahkan gula pasir.
  3. Santan dan garam dimasak sampai mendidih. Selanjutnya dimasukkan ke adonan labu kuning. Tambahkan santan dan tepung lalu diaduk dan disaring.
  4. Adonan dibagi menjadi 3 bagian. Adonan 1 diberi pasta pandan, adonan 2 ditambahkan coklat bubuk. Sedangkan adonan ke 3 dibiarkan tidak dicampur apa pun.
  5. Masukkan adonan kuning  pada cetakan, lalu dikukus selama 5 menit. Setelah itu, tuangkan adonan coklat lalu ditunggu hingga 5 menit.
  6. Terakhir masukkan adonan pandan dan dikukus hingga matang. Tutup jangan lupa dilapisi kain. Setelah matang, kue diangkat dan siap disajikan.

2. Resep Lapis Pelangi 

  • 1 gelas tepung beras
  • 1/2 gelas tapioka
  • Gula pasir
  • 2 gelas santan
  • 1 sdt vanili bubuk
  • Garam
  • 2 lembar daun pandan
  • Pewarna makanan secukupnya.

Cara Membuat :

  1. Menyiapkan alat dan bahan. Lalu, santan direbus dengan daun pandan, bubuk vanili serta garam.
  2. Selanjutnya, tuangkan tepung beras, tapioka, gula dan santan. Aduk sampai rata dan dipisahkan menjadi beberapa wadah dan diberi warna.
  3. Kukusan dipanaskan lalu adonan dituangkan dalam cetakan. Tunggu 3 menit lalu dituang adonan dengan warna lain di atasnya, begitu seterusnya sampai semua warna telah dituangkan pada cetakan secara berlapis.  Cetakan ditutup dan ditunggu hingga kue matang dan siap untuk disajikan.

3. Resep Lapis Buah Naga

Bahan :

  • 500 ml santan
  • 175 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
  • 125 tepung tapioka
  • 75 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung beras
  • 135 gram buah naga

Cara Membuat :

  1. Pertama, haluskan buah naga dan disisihkan antara daging dan biji buah naga.
  2. Rebus santan, gula pasir, garam beserta daun pandan hingga mendidih.
  3. Selanjutnya olesi loyang menggunakan minyak. Dianjurkan untuk melapisi loyang dengan daun pisang dan dilapisi sedikit minyak.
  4. Siapkan alat kukus lalu dipanaskan hingga mendidih. Jangan lupa tutup kukusan dilapisi dengan serbet. Tujuannya agar kue tidak terkena air.
  5. Tepung tapioka, terigu dan tepung beras dicampur hingga rata. Masukkan santan secara perlahan sembari diaduk. Setelah itu, adonan disaring.
  6. Adonan dibagi menjadi dua tempat. Satu wadah dicampur dengan buah naga dan satunya lagi Anda biarkan berwarna putih.
  7. Langkah selanjutnya adonan dituang pada cetakan sebanyak 100 ml. Kukus masing – masing lapis selama 5 menit. Terakhir, kamu dapat mengukus kue 20 hingga 30 menit.
  8. Setelah kue matang maka angkat dan dibiarkan mendingin. Setelah itu, potong kue untuk disajikan. Kini kue sudah siap menemani waktu bersantai kamu.

Dampak Negatif Kue Lapis Bagi Kesehatan

Terlalu sering memakan kue juga tidak baik untuk kesehatan. Karena kandungan manis pada kue dan pewarna akan memengaruhi tubuh kamu. Berikut ini dampak negatifnya.

1. Gula Tambahan Tidak Memiliki Nutrisi dan Berakibat Buruk Untuk Gigi

Saat kamu menerima 10-20% kalori yang dibutuhkan tubuh dalam bentuk gula, ini akan menjadi penyebab utama kasus kekurangan nutrisi.

Selain itu, gula juga tidak baik untuk kesehatan gigi kamu karena kandungan yang terdapat didalam gula akan sangat mudah dicerna oleh bakteri jahat yang terdapat dimulut.

Jadi semakin banyak kamu makan gula, semakin banyak pula kamu memberi makan bakteri jahat tersebut.

2. Bikin Ketagihan

Kandungan manis yang terdapat pada kue terkadang dapat membuat kita menjadi ketagihan terhadap makanan tersebut. Keadaan tersebut biasa diebut dengan sweet tooth.

3. Obesitas

Tidak dapat mengontrol untuk memakan kue dapat menyebabkan timbulnya obesitas ditubuh kamu.

Ini dapat terjadi pada orang dengan usia berapapun, baik anak-anak atau orang dewasa.

4. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Sekian lama kita menganggap bahwa penyebab penyakit jantung nomor satu di dunia adalah lemak jenuh.

Beberapa peneliti menyatakan kalau gula mungkin menjadi salah satu faktor yang menyebabkan meningkatnya risiko penyakit jantung karna efek buruk yang dibawa fruktosa dalam sistem metabolisme tubuh.

Penelitian tersebut menunjukkan kalau fruktosa dapat meningkatkan trigliserida (salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah), meningkatkan kolesterol dalam darah, meningkatkan kadar gula dalam darah, kadar insulin, dan menyumbangkan lemak perut dalam hitungan 10 hari saja.

Itu semua adalah faktor-faktor berbahaya yang bisa berujung pada penyakit jantung.

Jadi jangan kaget kalau banyak penelitian yang membeberkan fakta bahwa bahaya makanan manis sangat berkaitan dengan munculnya penyakit jantung.

6. Menyebabkan Kanker

Kanker terjadi akibat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkontrol dalam tubuh manusia.

Apabila kadar insulin dalam tubuh sering naik secara konstan karena mengonsumsi gula yang berlebihan, ini dapat mengacaukan mekanisme yang sudah dibentuk insulin dan akan berujung pada munculnya penyakit kanker.

Jadi tidak salah, kalau ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi banyak gula memiliki risiko terkena penyakit kanker lebih tinggi.

Sejarah Kue Lapis

Dibalik kisah kelam penjajahan Belanda pada Indonesia, ternyata ada sekelumit kisah menarik tentang kue lapis legit yang hingga kini masih menjadi kue terkenal dan banyak digemari orang Indonesia.

Kue yang sebenarnya dibuat oleh seorang warga Belanda ini secara cerdik diubah oleh masyarakat Indonesia sebagai kue tersebut digemari banyak orang.

Dengan digunakannya bahan-bahan lokal dan disesuaikan dengan lidah dan selera Indonesia, akhirnya lapis legit menjadi favorit di Indonesia.

Seiring waktu berlalu, lapis legit secara sah menjadi milik Indonesia setelah adanya pendeklarasian terhadap kue tersebut.

Kue yang akhirnya menjadi makanan khas Indonesia ini sudah tak bisa lagi diklaim oleh negara lain.

Dalam sejarah, dikatakan nama asli kue lapis adalah “Spekkoek” atau kue seribu lapis.

Kata Spek memiliki arti lapisan lemak b*bi. Meskipun begitu kamu tidak perlu khawatir, karena kata Spek tersebut mengartikan pada bentuk kue yang berlapis-lapis.

Bahan dan proses pembuatan lapis legit sendiri juga cukup unik.

Banyaknya bahan seperti telur, tepung terigu dan mentega serta perlunya keterampilan dan kesabaran tinggi dalam setiap lapisan yang dipanggang menjadi rahasia kelezatan lapis legit.

Kue lapis legit juga menyimpan cerita menarik dalam jumlah lapisannya.

Pada jaman dahulu, diperlukan keterampilan ekstra. Jumlah lapisan minimal untuk membuat kue lapis legit yang sempurna adalah 18 lapisan.

Untungnya dengan perkembangan teknologi, peralatan yang ada bisa memudahkan proses pembuatan.

Dengan banyaknya lapisan yang menuntut kesabaran, tak heran jika harga sebuah lapis legit cukup mahal.

Itulah tadi ulasan kami tentang resep lapis tepung beras lembut, bahaya, dan juga sejarahnya.

Oh ya selain artikel ini. Baca juga artikel lain kami tentang Resep Bubur Mutiara Gula jawa Enak.

Demikianlah artikel kami tentang resep lapis tepung beras lembut. Tak lupa kami ucapkan terima kasih karena telah membaca artikel kami ini.

Tentu masih banyak kekurangan karena keterbatasan kami baik itu berupa pengetahuan maupun yang lainnya. Sekian dari kami dan Terimakasih.