Hallo kembali lagi dengan saya di artikel baru, kali ini saya akan membahas cara membuat keripik talas pedas, seperti apa keripik talas pedas nya.

Ada yang sudah pernah membuat keripik talas pedas? lalu bagaimana cara membuat keripik talas pedas tetapi tidak gatal.

Nah yuk langsung saja simak pembahasannya di bawah ini dan jangan sampai ketinggalan.

cara membuat keripik talas pedas2

Resep Keripik Talas Super Enak

Keripik talas adalah salah satu makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan talas yang diiris tipis kemudian dicampurkan dengan bahan bumbu yang telah dihaluskan.

Talas sendiri banyak di jumpai diberbagai pasar khususnya dipasar tradisional. Keripik talas sangat mudah didapatkan, banyak keripik talas dijual diberbagai toko kue ataupun dipasar-pasar yang menjual berbagai olahan jenis makanan ringan.

Keripik talas ini sendiri sangat cocok dimakan ketika sedang santai atau saat  sedang bercengkrama bersama keluarga.

Dan keripik talas juga cocok untuk dijadikan salah satu makanan cemilan untuk para tamu yang sedang bermain kerumah.

Keripik talas ini juga sangat mudah dibuat, bila kamu ingin membuatnya dirumah. Asalkan disediakan bahan-bahannya, kita sudah dapat membuatnya dengan mudah.

Untuk resep membuat keripik talas dapat menyimaknya seperti yang akan kami hadirkan dibawah ini dengan lengkap dan jelas. Silahkan simak resep cara membuat keripik talas yang renyah juga enak di bawah ini.

Bahan Utama :

  • Talas segar 1 kilogram
  • Air bersih secukupnya
  • Minyak goreng 2 liter
  • Air kapur sirih 3 sendok teh

Bahan Bumbu yang Dihaluskan :

  • Garam sesuai selera
  • Bawang putih 10 siung
  • Bubuk kaldu ayam secukupnya

Cara Mudah Membuat Keripik Talas  :

  1. Kupas kulit talas sampai bersih, kemudian dicuci hingga bersih
  2. Talas yang sudah dibersihkan kemudian diiris tipis seperti bentuk keripik
  3. Siapkan air bersih yang sudah dicampur dengan air kapur sirih dalam wadah
  4. Masukkan irisan talas kedalam campuran air kapur sirih tersebut. Rendam selama 3 jam
  5. Angkat rendaman talas dan tiriskan kemudian campurkan dengan bumbu yang dihaluskan. Diamkan 10-15 menitan
  6. Panaskan minyak dalam wajan lalu gorengkan talas yang telah diberi bumbu hingga matang dan kering
  7. Angkat talas yang sudah matang kemudian tiriskan
  8. Keripik talas renyah dan gurih siap untuk dimakan.

Untuk yang ingin rasa keripik talas yang pedas, bisa mengunakan bahan bumbunya dengan bahan lada. Dan untuk menghasilkan rasa keripik yang lebih kriuk renyah, usahakan dalam pengirisan talas lebih tipis. Selamat mencoba dirumah.

Baca juga arikel saya yang lain seperti : Cara membuat keripik kangkung pedas bagikan juga kepadsa keluarga teman sahabat rekan kerja anda semoga bermanfaat.

6 Manfaat Kesehatan dari Talas

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai makanan dari talas, salah satunya lapis Bogor, yang merupakan salah satu oleh-oleh khas Bogor.

Talas yaitu jenis umbi-umbian yang memiliki kesamaan dengan kentang. Tanaman ini hanya tumbuh di beberapa negara saja, biasanya di negara yang beriklim tropis di Asia.

Sebagai bahan makanan, talas memang tidak sepopuler kentang atau ubi. Namun, tahukah kamu talas memiliki banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan?

Talas juga bisa digunakan sebagai makanan bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, karena tanaman ini mengandung serat dan kaya akan vitamin, di antaranya vitamin A, B6, C, E, dan folat.

Talas juga mengandung potassium yang baik bagi pencernaan. Potassium yaitu nutrisi penting bagi tubuh karena kekurangan potassium bisa memicu penyakit jantung, darah tinggi, kanker, dan masalah infertilitas.

Apa Saja Manfaat Talas?

Tak hanya rasanya yang enak, talas juga dapat memberikan kita berbagai manfaat kesehatan berikut ini:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Talas bisa berperan penting dalam membantu kesehatan lambung dan usus, alias gastrointestinal.

Membantu makanan dicerna dan diserap oleh lambung dan usus, sehingga dalam proses pencernaan bisa berjalan lancar.

Talas juga bisa mengurangi masalah-masalah pencernaan, seperti produksi gas yang berlebih, kembung, diare, dan kram perut.

2. Mengatasi Masalah Darah Tinggi

Seperti yang sudah diutarakan di atas, talas mengandung potassium yang mampu mengurangi tekanan darah pada bagian pembuluh darah.

Oleh karena itu, talas baik untuk dikonsumsi penderita darah tinggi. Talas juga mampu mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, dan kandungan potassiumdi yang ada dalamnya mampu meningkatkan fungsi kognitif.

3. Membantu Masalah Penglihatan

Talas mengandung berbagai macam vitamin, salah satunya yaitu vitamin A untuk membantu penglihatan lebih jernih.

Selain itu, talas juga mengandung antioksida, yang terdiri dari beta-carotene dan cryptoxanthin. Selain berfungsi mencegah terjadinya katarak, beta-carotene juga dapat membantu mengatasi penyakit jantung.

4. Kesehatan Kulit dan Rambut

Talas mengandung vitamin A, E, dan B6. Seperti yang telah dijelaskan di atas. Vitamin ini berfungsi untuk memperbaiki sel kulit.

Antioksidan yang terkandung di dalam talas juga dapat untuk mencegah penuaan dini. Fungsi dari vitamin B6 sendiri yaitu memperbaiki jaringan.

Dengan mengkonsumsi talas secara rutin, kulit kembali bersinar, noda hitam juga akan menghilang secara alami.

Bagi kulit kepala yang kering, vitamin E di dalam talas bisa memberikan kelembapan pada rambut juga.

5. Sebagai Penguat Sistem Kekebalan Tubuh dan Aliran Darah

Talas mengandung vitamin B6 dan vitamin C untuk membantu produksi sel darah merah dan sel darah putih, yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin C juga mengandung antioksidan yang dapat dijadikan pertahanan dari kanker dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi, talas juga dapat mencegah anemia karena kandungan zat besinya membantu proses pembentukan sel darah merah, sekaligus membantu melancarkan sirkulasi darah, membentuk sel baru dalam tubuh dan memperlancar metabolisme.

6. Baik Bagi Penderita Diabetes

Talas dapat mengatur kadar insulin dan glukosa di dalam butuh, yang merupakan faktor penting untuk mencegah perkembangan penyakit diabetes.

Jika kamu rutin mengonsumsi talas diiringi dengan diet yang sehat, kamu akan menurunkan risiko terhadap penyakit diabetes karena talas termasuk dalam serat yang baik untuk dikonsumsi.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Talas?

Saat ini memang sudah banyak inovasi ditemukan untuk mengolah talas, sehingga talas bisa dinikmati semua orang dalam berbagai. Ada beberapa cara yang dapat kamu pertimbangkan untuk menikmati talas:

  • Sebagai makanan utama: Talas mengandung jumlah karbohidrat yang banyak dari pada kentang. Sebagai makanan utama, biasanya yang dikonsumsi iyalah akar dari talas tersebut.
  • Sup: Talas juga dapat dijadikan sebagai sup. Seperti di Jamaica, sup talas biasanya terdiri dari berbagai sayuran, yang mengandung protein dan karbohidrat.
  • Pudding talas dapat dikombinasikan dengan kayu manis, vanilla, santan, dan gula.

Demikian beberapa pembahasan mengenai cara membuat keripik talas pedas, dan manfaat dari talas semoga ini dapat bermanfaat, jangan lupa juga untuk mencoba membuat di rumah, Jika ingin memakan yang pedas tapi tetap sehat, sebaiknya coba membuat keripik tlas pedas ini.

Bagikan juga resep ini pada keluaraga, teman, sahabat untuk mencoba membuat keripik talas pedas ini semoga kalian suka. Sampai jumpa lagi di artikel saya selanjutnya…