Setelah artikel cara membuat jenang jagung, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat jenang jagung hunkwe yang lembut dan enak.

Jenang jagung merupakan salah satu jenis jenang yang terbuat dengan bahan utama jagung yang telah disisir maupun dihaluskan. Makanan ini mempunyai rasa yang bisa menggugah selera dan rasa lembut pada makanan ini bisa memanjakan lidah anda.

Tak hanya itu makanan ini banyak mengandung manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh yang bisa dihasilkan dari jagung maupun bahan yang lainnya. Jadi penasaran bukan dengan rasa jenang jagung hunkwe ini ? Tak perlu jauh – jauh untuk membeli ataupun mencari makanan ini, karena makanan ini bisa dibuat di rumah sendiri dengan menggunakan bahan yang mudah untuk didapatkan.

Anda juga bisa memanfaatkan makanan ini sebagai peluang bisnis anda. Ya sebagai bisnis rumahan, setelah anda selesai membuat makanan ini anda bisa menawarkan makanan ini kepada tetangga maupun teman anda. Dan ya pasti mereka akan ketagihan dengan rasa yang bisa memanjakan lidah mereka. Selain itu anda juga bisa menjual makanan ini dengan online, maka akan semakin banyak konsumen yang tertarik pada makanan ini.

Cara Membuat Jenang Jagung Hunkwe

cara membuat jenang jagung hunkwe

Bahan – Bahan :

  • 2 buah jagung manis
  • 120 gram tepung hunkwe
  • 450 ml air
  • 200 ml air untuk campuran tepung hunkwe
  • 2 lembar daun pandan
  • 175 gram gula pasir
  • 250 ml santan

Langkah – Langkah :

  1. Cuci bersih jagung lalu sisir halus, sisihkan.
  2. Gunakan 450 ml air untuk melarutkan gula pasir.
  3. Cuci bersih daun pandan.
  4. Masukkan gula pasir yang sudah dilarutkan kedalam panci, lalu tambahkan daun pandan. Masak hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih matikan apinya lalu sisihkan terlebih dahulu.
  6. Blender jagung yang telah disisir tadi. Lalu masukkan santan dan blender hingga benar – benar halus dan tercampur rata.
  7. Saring jagung dan santan yang sudah diblender tadi. Sisihkan.
  8. Siapkan wadah, lalu masukkan tepung hunkwe kewadah tersebut.
  9. Tambahkan air sebanyak 200 ml, aduk sampai tercampur dengan rata.
  10. Masak adonan tersebut dengan menggunakan api sedang.
  11. Tambahkan larutan gula dan air, dan jagung yang sudah dihaluskan dengan santan tadi.
  12. Aduk rata adonan dan tunggu sedikit mengental lalu matikan apinya dan angkat.
  13. Masukkan adonan ke plastik atau gelas plastik kecil, bisa juga anda membungkusnya dengan daun pisang.
  14. Setelah semua adonan dibungkus, kukus adonan selama kurang lebih 10 menit saja.
  15. Angkat dan taruh pada piring saji
  16. Jenang jagung hunkwe siap untuk disajikan.

Bagaiman ? Mudahkan untuk membuat jenang jagung hunkwe di rumah sendiri dan bahan yang diperlukan pun mudah untuk dijumpai. Jangan lupa untuk menghidangkannya bagi keluarga anda di rumah.

Manfaat Tepung Hunkwe

Tepung hunkwe yang menjadi salah satu bahan untuk membuat makanan ini tentu mempunyai manfaat yang terkandung didalamnya, tepung ini terbuat dari kacang hijau. Bahan ini mengandung kandungan zat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan gizi yang terkandung antara lain protein, karbohidrat, fosfor, zat besi dan kalsium.

Manfaat yang dihasilkan dari kandungan fosfor dan kalsium ini bisa membantu proses pertumbuhan tulang pada anak – anak, dengan dijadikan sebagai makanan pendamping ASI bagi anak – anak. Nah ini bisa untuk anda yang punya anak masih bayi, anda bisa memanfaatkan tepung hunkwe ini sebagai makanan pedamping anak. Jangan diragukan lagi karena tepung hunkwe memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Selamat mencoba membuat jenang jagung hunkwe di rumah dan jangan lupa untuk mencoba cara membuat kacang disco warna warni pada artikel sebelumnya.