Cara membuat keripik kentang asin– keripik kentang saat ini telah menjadi olahan cemilan yang enak renyah dan gurih, tak hanya itu pisang yang kita olah memiliki serat yang berlimpah dan baik untuk kesehatan tubuh kita. nah tentunya keripik kentang asin memiliki rahasia yang belum kita ketahui masi simak artikel berikut ini

Berikut Cara Membuat Keripik Kentang Asin

Bahan
  • 1 kg Kentang, usahakan memilah kentang yang tua, bentuk yang besar dan kulit yang halus tanpa penyakit.
  • Kapur sirih secukupnya
  • Air secukupnya untuk dicampurkan dengan kapur sirih
Bumbu Tabur
  • 1 1/2 sdt Garam Halus
  • 1 1/2 sdt Bawang Putih, beli yang bubuk
  • Merica halus sedikit saja
  • 1 1/2 sdt Paprika bubuk
  • Gula secukupnya
Cara Membuat Bumbu Keripik Kentang
  1. Campurkan semua bahan bumbu kemudian aduk hingga rata.

Cara Membuat Keripik Kentang

  1. Kupas kentang, cuci dengan air hingga bersih.
  2. Tipiskan menggunakan alat dengan ketebalan 1/8 inci.
  3. Campurkan air dan kapur sirih hingga larut, supaya lebih cepat bisa diaduk-aduk. Masukkan irisan kentang, tiriskan.
  4. Taruh kentang diatas kertas handuk, biarkan hingga kering.
  5. Panaskan minyak yang banyak menggunakan api kecil. Masukkan kentang dan balik sesekali, jika sudah matang dengan warna kuning kecoklatan segera angkat.
  6. Tiriskan hingga minyak yang melekat di kentang hilang.
  7. Taburkan bumbu ke kentang yang sudah tidak mengandung minyak. Bolak-balik pelan sampai rata.
Keripik kentang siap dikemas atau disimpan. Kemudian simpan diwadah yang kedap udara seperti toples atau langsung dibungkus saja.

Nutrisi yang Terdapat Pada Kentang yang Wajib Kalian Ketahui

1. Kaya Mineral

Kentang kaya akan zat potassium, magnesium, copper, kalsium, fosfor, zinc dan zat besi. Kelompok mineral yang terdapat pada kentang ini penting bagi tubuh untuk menjalankan fungsi organnya dengan baik.

Selain dari pada itu kentang juga mengandung phytic acid yang memungkinkan mineral-mineral ini terserap secara optimal oleh tubuh kita. Oleh karena itu kentang menjadi karbohidrat yang lebih bernutrisi ketimbang nasi putih, pasta atau roti putih.

2. Vitamin C

Satu butir kentang ukuran sedang mengandung 40 mg vitamin C, Kandungan vitamin C nya memang akan berkurang 30 persen karena proses memasak, namun sisa 15 mg nya tetap bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.

3. Mengenyangkan

Kentang telah menjadi makanan nomor tiga yang paling sangat mengenyangkan saat dikonsumsi, tapi cukup sangat lama membuat Anda lapar kembali dibandingkan dengan nasi putih atau roti. Oleh karena itu kentang bisa dijadikan suatu pilihan makanan untuk membantu program diet penurunan berat badan.

4. Vitamin B

Vitamin B sangat penting sebagai pembaharuan dan regenerasi sel, metabolisme DNA dan protein serta produksi energi. Kentang, mempunyai bermacam jenis kandungan vitamin B contohnya niacin, vitamin B6, folat (B9) dan choline (B4). Choline adalah jenis vitamin B yang dikenal bisa meningkatkan fungsi otak.

5. Protein Lengkap

Kentang dengan ukuran medium mempunyai 4 gram protein yang dapat memenuhi 10 persen dari kebutuhan protein harian tubuh kita. Yang sangat penting lagi, protein yang terdapat dalam kentang mengandung 9 asam amino esensial yang sangatlah bermanfaat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kentang yang telah menjadi makanan atau telah dimasak kemudian didinginkan akan membentuk zat amylose, yaitu enzim yang sangat sulit dicerna oleh lambung dan oleh usus halus akan  tetapi merupakan makanan bagi bakteri baik di dalam usus besar.

Mungkin sekian artikel yang saya berikan saat ini kepada anda ataupun anda bisa membaca artikel cara membuat keripik kentang jika anda ingin tau lebih rinci mengenai pengolahan dan berbagai macam manfaatnya. Semoga bermanfaat terimakasih