Hallo apa kabar kali ini saya kembali hadir dengan resep baru yaitu cara membuat keripik labu tanpa tepung, Pernah dengar atau bahkan sudah pernah mencoba?

Bagaimana Cara membuat keripik labu tanpa tepung. Labu adalah jenis buah yang termasuk anggota labu-labuan (Cucurbitaceae), terutama yang berukuran cukup besar dan berbentuk bulat atau memanjang.

Pada Labu tidak ada kriteria yang cukup jelas tentangi pemanfaatannya, sehingga labu bisa dimakan secara langsung atau diolah terlebih dahulu; tetapi labu biasanya tidak dimakan sebagai lalapan.

Selain di gunakan untuk  lalapan labu juga dapat dibuat menjadi keripik. Nah Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang Resep bagaimana cara membuat keripik labu tanpa lepung atau Labu Tanpa Tepung

cara membuat keripik labu tanpa tepung2

Cara Membuat Keripik Labu Tanpa Tepung

Adapun bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk pembuatan keripik labu tanpa tepung yaitu sebagai berikut.

Bahan-Bahan Membuat Labu Tanpa Tepung

  •  25 gram maizena
  • 1 sendok teh garam
  • labu kuning kukus sekitar 125 gram, dihaluskan
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • Minyak untuk menggoreng
  • 3 sendok makan gula tepung untuk taburan
  • 1/2 sendok teh baking powder

Baca juga Cara membuat keripik kangkung pedas

Langkah Membuat Keripik Labu Tanpa Tepung

  1. Campur baking powder, dan garam. Aduk sampai rata. Tambahkan labu kuning yang sudah di halus kan tadi. Aduk rata.
  2. Masukkan telur. Campur hingga benar-benar rata dan gumpalkan.
  3. Giling tipis-tipis pada gilingan mie hingga gilingan nomer 1
  4. Cetak dengan ring berdiameter 3-4 cm.
  5. Kemudian goreng dalam minyak yang telah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan juga kering.
  6. Sajikan bersamaan dengan tabur

Kandungan Nutrisi Labu Kuning

cara membuat keripik labu tanpa tepung4

Labu kuning kaya akan nutrisi seperti kalium, antioksidan, dan vitamin. Nutrisi dalam satu cangkir labu kuning rebus tanpa garam antara lain 48 kalori, 1,75 gram protein, 0,16gram lemak, 12 gram karbohidrat, 2,5 gram serat dan 5,1 gram gula.

Mengonsumsi satu cangkir labu kuning dapat mememuhi kebutuhan vitamin A lebih dari 100 persen, vitamin C 20 persen, vitamin E, riboflavin, kalium, tembaga dan mangan hingga 10 persen, dan lima persen untuk thamin, B6, folat, asam pantotenat, niasin, besi, magnesium dan fosfor.

Lantas apa sajakah manfaat nutrisi-nutrisi di atas untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kita?

1. Rendah Kalori dan Tinggi Serat

Kalau kamu sedang mencoba menurunkan berat badan, labu kuning ini bisa kamu jadikan pilihan yang tepat untuk makanan diet.

Selain rasanya yang enak   mirip ubi jalar, labu kuning juga bisa membantu menurunkan berat badan, karena labu rendah kalori dan karbohidrat.

Tidak hanya itu, mengonsumsi labu kuning akan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan labu memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan.

Dengan merasa kenyang lebih lama, kamu bisa terhindar dari berbagai camilan yang akan membuatmu semakin gemuk.

2. Mempercantik Kulit

Manfaat labu yang lainnya yaitu merawat kecantikan kulit. Labu kaya akan berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat dan muda. Lebih dari itu, buah yang satu ini juga mampu menjadikan kulit selalu kenyal dan lembut.

Kandungan beta-karoten di dalam labu menghasilkan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan dapat mencegah radiasi dari sinar UV. Itu sebabnya, mengonsumsi makanan kaya akan beta-karoten bisa membuatmu lebih awet muda.

3. Meningkatkan kekebalan sistim tubuh

Mengonsumsi labu ini dapat jadi salah satu cara memperbaiki sistem kekebalan pada tubuhmu untuk menangkal berbagai macam penyakit. Kandungan vitamin A yang berlimpah pada tubuh bisa membantu tubuh melawan infeksi, virus, dan penyakit menular.

Minyak labu dapat membantu melawan berbagai infeksi bakteri dan jamur. Tidak hanya itu, labu  mengandung hampir 25 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan.

Hal ini dapat membantumu pulih dari pilek lebih cepat. Itu sebabnya, sangat pas menyantap sup labu kuning di musim hujan yang dingin untuk mencegah terserang penyakit, seperti flu,batuk-batuk, dan pilek.

4. Menajamkan pengelihatan

Kandungan beta-karoten yang terdapat di dalam labu, menjadikan buah ini memiliki vitamin A yang cukup banyak dan baik untuk mata.

Beta-karoten, dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, yang dapat berfungsi untuk membantu retina menyerap dan memproses cahaya.

Pasalnya penurunan fungsi pada retina dapat menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan baik.

Selain itu, labu kuning juga mengandung zeaxanthin dan lutein, dua antioksidan yang dapat membantu mencegah katarak dan bahkan memperlambat perkembangan degenerasi makula.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Labu kuning sangat kaya akan kalium. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, sama pentingnya dengan mengurangi asupan natrium untuk menurunkan tekanan darah.

Asupan kalium yang masuk ke dalam tubuh juga mengurangi kemungkinan untuk terserang stroke, pembentukan batu ginjal, dan mempertahankan kepadatan pada tulang.

Selain labu, makanan lain yang mengandung kalium yang tinggi sangat banyak seperti tomat, jeruk, bayam, nanas dan pisang.

6. Membantu pertumbuhan tulang

Labu kuning juga merupakan salah satu buah yang dibutuhkan tulang. Hal ini karena kandungan kalsium di dalamnya dapat membuat tulang anda lebih sehat dan tumbuh dengan baik.

Itulah kenapa buah ini dapat menjadi sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang pada anak.

7. Baik untuk gigi

Selain untuk tulang tulang, buah labu kuning juga bisa menyehatkan gigi. Menyikat gigi saja tidak cukup, kalau kamu masih mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Konsumsi buah labu kuning mampu menutrisi gigimu agar lebih kuat dan sehat.

8. Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan karotenoid, folat dan magnesium di dalam labu kuning sangat baik bagi kesehatan jantung.

Magnesium akan bekerja sebagai relaksan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung.

Selain itu, labu kuning juga mencegah terjadinya aterosklerosis yaitu suatu keadaan di mana dinding pembuluh darah arteri mengeras akibat penumpukkan lemak di dinding dalamnya.

9. Anti Inflamasi

Labu kuning juga memiliki fungsi sebagai makanan anti inflamasi. Buah ini dapat meredakan nyeri yang kamu rasakan di beberapa bagian tubuh.

10. Mencegah kanker

Kandungan beta-karoten yang dapat dibilang cukup tinggi pada labu, selain untuk mata dan kulit, juga ternyata membantu melawan kanker.

Penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi makanan yang kaya beta-karoten memiliki risiko lebih rendah terhadap beberapa macam kanker, terutama kanker prostat dan kanker paru-paru.

Selain itu kandungan antioksidan dari vitamin A dan C di dalam labu kuning berfungsi sebagai pelindung sel dalam tubuh untuk bisa melawan terjadinya radikal bebas penyebab kanker.

Nah, kaget gak kalian lihat segudang manfaat kesehatan dan kecatikan si labu ? Jadi penasaran kan untuk mulai coba masukin buah labu ke daftar menu makanan sehari-hari…

Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat keripik labu tanpa tepung, jika kalian ingin membuat cemilan yang gurih coba lah untuk membuat cemilan ini ya.

Ingat juga banyak manfaat yang ada di dalam labu ini, mulai perbaiki pola hidup sehat anda, karena sehat itu mahal harganya. Jadi jangan sampai kalian lengah dengan kesehatan diri sendiri.