Hallo apa kabar? Kembali lagi dengan saya di artikel baru yang akan saya sampaikan kali ini yaitu Cara Membuat Selai Belimbing.

Buah belimbing memiliki banyak sekali kandungan air yang sangat tinggi, sehingga buah ini  segar ketika dimakan. Tetap simak cara membuat selai belimbing.

Namun karena kandungan asam yang ada di dalam buah belimbing sangat tinggi maka, ketika memakan buah secara langsung lebih enak ditambakan campuran rasa manis atau asin untuk mengatasi rasa asam buahnya ketika di makan.

Sebenarnya rasa asam yang ada pada buah belimbing ini terdapat kandungan Vitamin C yang tinggi, selain itu ada pula sejumlah kecil vitamin A, B, serta E kompleks seperti niacin, folat, riboflavin, dan tiamin di dalamnya.

Resep Membuat Selai Buah Belimbing

cara membuat selai belimbing1

Memang, membeli selai yang sudah jadi di luar jauh lebih mudah dan praktis. Tapi, kamu tentunya tidak dapat memastikan secara betul komposisi selai yang dijual di pasaran bukan?
Karena bisa saja gula yang digunakan yaitu gula buatan yang sangat berbahaya untuk tubuh dalam jangka waktu yang panjang.
Oleh karena itu, membuat selai buah sendiri di rumah adalah pilihan yang terbaik. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan serta cara membuat selai belimbing yang mudah dan pastinya praktis.

Bahan-Bahan :

  • 3-4 buah belimbing
  • 1/2 – 2 buah jeruk segar
  • 1/4 cangkir gula atau 4 sendok makan

Cara Membuat :

  1. Cuci bersih belimbing dengan air yang mengalir. Selanjutnya, bersihkan bagian tepi kulit belimbing, lalu potong dan tipis-tipis buah belimbing, buang bijinya. Kemudian, hancurkan menggunakan blender.
  2. Selanjutnya, belah atau potong buah jeruk menjadi dua bagian, peras dan saring airnya.
  3. Masukkan buah belimbing yang sudah di blender dan perasan air jeruk ke dalam panci. Kemudian tambahkan gula pasir ke dalam panci tersebut.
  4. Masak buah belimbing dan air jeruk selama kurang lebih setengah jam menggunakan api sedang sambil diaduk-aduk secara perlahan.
  5. Setelah selai buah selai sudah matang, biarkan hingga dingin. Masukkan ke dalam toples kaca agar bisa awet hingga 3 sampai 6 hari.

Baca juga artikel ku yang lain Cara membuat keripik kangkung pedas

Manfaat Belimbing

cara membuat selai belimbing3

Kesehatan adalah hal yang nomor satu bagi semua orang. Ketika memiliki harta melimpah, kebutuhan serba ter kecukupi, seakan menjadi tidak ada artinya jika kesehatan tidak terjaga.

Untuk menjaga kesehatan kamu sendiri, ternyata hanya diperlukan kedisiplinan didalam diri sendiri. Seperti olahraga yang teratur, menjauhi rokok dan alkohol, dan tentunya mengonsumsi makanan yang memiliki syarat akan gizi.

Selain buah-buahan, sayur-sayuran sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalam buah sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh.

Meski begitu, pada kenyataannya masih banyak orang menyepelekan pola makan dengan tidak mengonsumsi buah dan sayur setiap hari.

Banyak khasiat yang dapat diambil dari setiap buah yang ada. misal saja buah belimbing, ternyata blimbing memiliki banyak sekali manfaat jika dapat mengonsumsinya secara rutin. Apa sajakah manfaat yang bisa kita dapatb dari buah belimbing bagi tubuh?

1. Mencegah Kanker.

Ternyata kandungan flavonoid polifenol yang ada di buah belimbing telah teruji dapat mencegah penyakit kanker.

Kandungan ini dapat membantu melawan dan juga membuang efek dari mutagenik yang disebabkan radikal bebas.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, buah belimbing bisa membantu mencegah penyakit kanker.

Kandungan flavonoid polifenol yang ditemukan di dalam buah blimbing mampu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh.

Sehingga kita bisa terhindar dari risiko penyakit kronis. Selain itu juga, buah belimbing juga kaya akan serat, yang dapat membantu membersihkan racun dalam usus besar.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

Setiap hari tubuh akan membutuhkan asupan vitamin C dengan kadar tertentu. Nah, buah belimbing dapat membantu mencukupi kebutuhkan vitamin C di dalam tubuh.

Satu buah belimbing bisa menyumbang 50 persen vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Menjaga Stabilitas Tekanan Darah.

Untuk kamu yang memiliki tekanan darah tinggi, jangan khawatir, buah belimbing aman untuk dikonsumsi.

Justru malah sangat baik bagi para penderita hipertensi, karena dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi rutin dalam bentuk jus.

Namun, bagi para penderita penyakit ginjal tidak disarankan untuk mengonsumsi buah ini karena dapat memberikan dampak buruk.

4. Menurunkan Berat Badan.

Kamu yang sedang menjalankan program diet, sangat cocok banget untuk mengonsumsi buah belimbing. Karena buah belimbing  mempunyai minim kalori, dan memiliki kandungan serat yang banyak.

Jika kamu  bisa mengonsumsi belimbing secara rutin, kamu akan mengoptimalkan sistem metabolisme di dalam tubuh, sehingga bisa mempercepat penurunan berat badan.

5. Melancarkan Pencernaan.

Buah belimbing dikenal memiliki kaya akan serat. Dalam belimbing serat inilah yang dapat merangsang pergerakan sisa makanan di dalam perut sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan.

Serat dapat juga membantu mengeluarkan racun dari dalam usus besar. Ditambah, serat belimbing dipercaya bisa memudahkan usus menyerap nutrisi makanan.

6. Menyembuhkan Masalah Kulit.

Jika kamu memiliki masalah peradangan pada kulit, buah belimbing bisa menjadi solusi. Kandungan antioksidan flavonoid juga dapat menangkal radikal bebas, bisa juga mengurangi risiko peradangan pada kulit.

Vitamin C di dalam buah belimbing juga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dan menjaga kulit tetap sehat dan lembab.

7. Menjaga Stabilitas Gula Darah Bagi Penderita Diabetes.

Buah belimbing aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Bahkan, buah blimbing ini bagus untuk orang yang memiliki riwayat diabetes dikarena dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi kolesterol.

8. Menjaga Kulit Dan Rambut Tetap Sehat.

Kandungan vitamin C memang sangat berguna. Selain bisa menjaga kesehatan kulit, vitamin C yang cukup di dalam tubuh juga dapat memelihara protein dan kolagen penting yang ada di rambut. Jadi, megonsumsi belimbing secara rutin untuk bisa mendapatkan manfaat ini.

9. Memelihara Jantung.

Mengonsumsi buah belimbing sangat berdampak baik untuk kesehatan pada jantung, karena kandungan di dalam buah belimbing dapat mengusir plak dalam pembuluh darah sehingga bisa melancarkan peredaran darah pada organ tubuh, termasuk pada jantung.

10. Merangsang Produksi ASI.

Manfaat buah belimbing pada ibu menyusui. Ternyata kandungan buah belimbing bisa merangsang produksi ASI pada ibu menyusui dan dapat melancarkan kelenjar susu yang tersumbat pada ibu muda.

Jadi, untuk para ibu yang tengah menyusui, selain mengkonsumsi daun katuk, bapat juga mengonsumsi buah belimbing.

Penutup :

Demikaian pembahasan artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Artikel Cara membuat selai belimbing ini masih terdapat beberapa kesalahan, mohon maaf atas kesalahan yang ada.

Sampai jumpa lagi di pembahasan cara membuat selai yang lainnya. Semoga anda puas dengan artikel cara membuat selai belimbing yang saya buat kali ini.

Jika anda tertarik ingin mencoba resep cara membuat selai blimbing ini silahkan dan semoga hasilnya memuaskan.sampai jumpa lagiiii….