Hallo apa kabarnya? kembali lagi di artikel saya yaitu sayur dan buah yang mengandung zat besi, Apa saja kah sayur dan buah yang mengandung zat besi itu?

Apakah harganya mahal, Lalu buah apa saja yang bisa di konsumsi? Nah yuk simak langsung jangan sampai ketinggalan ya…

sayur dan buah yang mengandung zat besi2

Sayuran yang Mengandung Zat Besi

Pastikan tubuh kita tidak kekurangan zat besi. Salah satu caranya agar tubuh tidak kekurangan zat besi dengan mengonsumsi makanan tinggi zat besi. Kekurangan zat besi yaitu jenis kekurangan nutrisi yang paling sering terjadi.

Padahal, kurangnya zat besi bisa menyebabkan tubuh tidak mampu memproduksi cukup hemoglobin yang berperan membawa oksigen ke dalam jaringan tubuh.

Gejala yang sering muncul pada kondisi kekurangan zat besi iyalah mudah lelah, penurunan sistem kekebalan tubuh, hingga gangguan pertumbuhan.

Supaya kebutuhan zat besi kamu lebih mudah tercukupi, berikut ini beberapa makanan yang kaya akan zat besi.

Baca juga artikel saya yang lain seperti Cara membuat keripik kangkung pedas

1. Bayam

Sayuran ini mengandung sejumlah nutrisi yang dapat dibilang cukup menonjol, yaitu kandungan zat besi dan vitamin C. Kandungan vitamin C di yang ada di dalamnya mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan membantu tubuh menyerap zat besi. Setiap 100 gram bayam mengandung 2.70 miligram zat besi.

2. Kacang Merah

Satu cangkir kacang merah mengandung 5,3 miligram zat besi. Meski bentuknya yang kecil, tidak ada yang memungkiri kandungan gizi bahan pangan satu ini. Selain zat besi, kacang merah dikenal sebagai sumber serat, vitamin C, dan protein.

3. Tiram

Bukan hanya mutiara yang dapat kamu temukan dalam tiram, tapi juga zat besi. Sebanyak 81 gram tiram mengandung 5,92 miligram zat besi. Tiram juga kaya akan kanduangan kalsium dan afrodisiak alam.

4. Brokoli

Sayur brokoli merupakan salah satu sayuran yang mengandung zat besi. Malah bukan hanya zat besi, juga kaya akan vitamin K, magnesium, dan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Brokoli ini dikenal sebagai makanan yang tinggi antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem imun dan dapat mencegah proses penuaan dini. Setiap 100 gram brokoli mentah mengandung 0.75 miligram zat besi.

5. Kentang Panggang

Sebuah kentang panggang berukuran besar mengandung lebih banyak zat besi daripada semangkuk daging ayam. Jika ingin lebih enak, anda bisa pula menambahkan makanan tinggi zat besi ini dengan sayuran, contoh seperti brokoli dan wortel, serta keju.

6. Asparagus

Adalah jenis sayuran yang banyak tumbuh di negara dengan empat musim. Asparagus banyak ditemukan pada awal musim semi.

Meskipun asparagus bukan sayuran yang bisa ditanam di Indonesia, tetapi kita masih bisa mendapatkan asparagus dari supermarket.

7. Tomat

Tomat mempunyai efek yang sangat menyegarkan. Buah ini banyak mengandung air dan rasa manis yang dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan.

Kandungan vitamin C di dalam buah tomat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan berperan sebagai zat antioksidan yang dapat mencegah kanker. Selain itu, tomat juga mengandung berbagai jenis nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

8. Labu

Banyak orang yang kurang menyukai labu karena rasanya yang kurang menyenangkan. Namun labu memang pada dasarnya mempunyai berbagai jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh.

Labu ini bisa dibentuk menjadi berbagai macam olahan sesuai dengan selera. Daging labu banyak mengandung serat dan teksturnya yang lunak.

Selain itu labu juga dapat membuat perut merasakan efek kenyang dalam waktu yang lebih lama.

9. Berbagai Jenis Kacang-Kacangan

Seiap 100 gram kacang-kacangan mengandung setidaknya 5 miligram zat besi. Bila dimasak, kacang-kacangan bisa dipadukan dengan sayuran yang kaya akan vitamin C, seperti brokoli, kol, atau kale yang dapat mempercepat penyerapan zat besi.

Bersamaan dengan konsumsi makanan tinggi zat besi yang anda pilih, kamu juga perlu memilih minuman atau makanan yang mengandung vitamin C, seperti jus jeruk, untuk meningkatkan penyerapan zat besi.

Vitamin C ini juga terkandung di dalam buah dan sayur seperti kiwi, stroberi, brokoli, melon, anggur, dan tomat. Di sisi lain, konsumsi makanan tertentu justru bisa menghambat penyerapan kalsium.

Maka itu, batasi konsumsi zat besi bersama kopi, teh, makanan atau minuman kaya kalsium, obat antacid, atau pun sereal gandum utuh.

sayur dan buah yang mengandung zat besi5

Buah yang mengandung zat besi

1. Anggur

Buah yang juga mengandung asam folat yaitu anggur dengan 20 mcg asam folat per satu gelas. Tak hanya itu, anggur ternyata juga mengandung vitamin A, di mana vitamin A sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah. Walaupun bentuknya yang kecil, tapi buah ini ternyata sangat bermanfaat.

2. Wortel

Wortel merupakan buah kaya akan vitamin A. Vitamin A di dalam bentuk retinol berperan untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan mengantarkan oksigen ke sel-sel tubuh.

Untuk bisa meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh, kamu disarankan untuk menkonsumsi wortel minimal dua kali per minggu.

3. Stroberi

Buah yang di favorit banyak orang (terutama para kaum wanita) ini ternyata juga bisa membantu menambah darah.

Hal ini di karena kandungan antioksidan yang tinggi didalam buah stroberi bisa membantu tubuh dalam produksi sel darah merah.

Selain itu, antioksidan ini berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat ada nya radikal bebas.

4. Kismis

Buah kering yang satu ini ternyata juga mampu membantu kamu menambah darah. Hal ini karena adanya kandungan zat besi di dalam kismis.

Di dalam 2/3 gelas kismis mengandung zat besi sekitar 2 gram. kamu pun bisa menikmati buah kering ini dengan berbagai cara, seperti ditambahkan dalam kue, oatmeal, sereal dan lainnya. Hal ini tentu bisa memudahkan kamu dalam mendapatkan sumber zat besi.

5. Semangka

Satu lagi buah yang juga mengandung zat besi iyalah semangka. Bedanya, buah ini bisa kamu makan dalam kondisi segar.

Tentu sangat menyegarkan tubuh kamu bila dimakan di siang hari. Satu potong semangka ukuran sedang bisa memberikan kamu zat besi sebanyak 1,5 gram.

Selain itu, semangka juga mempunyai kandungan vitamin C. Di mana, vitamin C merupakan nutrisi yang diperlukan untuk memudahkan tubuh menyerap zat besi. Jadi, dalam sekali makan, kamu bisa mendapatkan kedua manfaat ini.

Akibat Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan tubuh tidak berkembang atau berfungsi secara normal. Zat besi yang sedikit atau tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat menyebabkan beberapa gangguan, antaralain:

  • Kekurangan zat besi yang terjadi pada janin atau bayi bisa menyebabkan gangguan fungsi motorik pada bayi. Hal ini dapat di lihat dengan gerakan bayi yang tidak normal, kurang kemampuan berpikir dan turunnya fungsi otak dan mental.
  • Terjadi pada wanita hamil bisa mengakibatkan penyakit anemia. Hal ini dapat menyebabkan bahaya pada janin dan ibu hamil yaitu kelahiran premature atau kematian pada janin.
  • Yang terjadi pada orang normal dapat menyebabkan penurunan kemampuan fungsi kerja, rasa lelah, lemah dan lesu. Bahkan dapat menyebabkan penurunan fungsi otak dan mental.

Demikain beberapa pembahasan mengenai sayur dan buah yang mengnadung zat besi semoga dapat bermanfaat, dan bagi para wanita terutama ibu hamil jangan sampai kekuranagn zat besi. ayo mulai lah menjaga pola hidup sehat anda dengan mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung zat besi. Sampai jumpa lagi…