Setelah resep tongseng sapi tanpa santan makanan yang cocok disediakan saat Lebaran tiba, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat kolak kolang kaling yang bisa anda sajikan saat berbuka puasa.

Kolak makanan yang kerap dijadikan menu berbuka puasa bahkan ini merupakan makanan yang mungkin harus ada saat menjelang berbuka puasa. Makanan ini banyak digemari oleh masyarakat karena selain bisa meredakan dahaga setelah berpuasa makanan ini juga bisa sekaligus mengenyangkan perut. Jadi tidak heran jika banyak yang menyukai makanan ini.

Ada banyak kolak yang ada di Indonesia dari kolak pisang, kolak ubi, kolak singkong, kolak kolang kaling dan lain sebagainya. Nah jika anda bosan dengan kolak pisang ataupun kolak ubi yang banyak dijual di pasar ataupun pasar Ramadhan. Anda bisa membuat menu kolak sendiri di rumah dengan bahan yang mudah untuk ditemui. Berikut cara membuat kolak kolang kaling :

Cara Membuat Kolak Kolang Kaling

cara membuat kolak kolang kaling

Bahan – Bahan :

  • 250 gram kolang kaling
  • 125 gram gula merah
  • 1/4 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
  • 50 gram gula pasir
  • 800 ml santan

Langkah – Langkah :

  1. Potong kolang kaling menjadi dua bagian lalu cuci bersih dan tiriskan.
  2. Sisir halus gula merahnya.
  3. Masak santan bersama dengan gula merah yang sudah disisir, gula pasir, daun pandan dan garam. Aduk rata agar semua tercampur dan masak hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih masukkan kolang kalingnya. Rebus dengan menggunakan api kecil dan sambil terus diaduk. Rebus hingga kolang kalingnya matang.
  5. Matikan apinya dan sajikan pada mangkok.
  6. Kolak kolang kaling siap untuk disajikan.

Mudah bukan untuk membuat kolak kolang kaling ini di rumah. Resep ini juga cocok untuk anda yang sedah belajar memasak karena cara memasaknya mudah dan bahan yang diperlukan juga mudah untuk ditemui.

Mengenal Daun Pandan

Nah kali ini saya akan membahas salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kolak koalng kaling ini bahannya adalah daun pandan. Ya siapa yang tidak kenal dengan daun pandan ? Daun pandan merupakan salah satu jenis tumbuhan monokotil yang memiliki aroma daun sangat khas dan wangi. Daun ini kerap digunakan sebagai bahan rempah untuk membuat makanan tradisional maupun modern.

Manfaat yang terkandung dalam daun ini sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat tersebut antara lain dapat menurukan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi, bisa mencegah dan menghilangkan ketombe, mampu meningkan nafsu makan, bisa mengatasi insomnia, dan juga mampu meredakan demam.

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh daun ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Manfaat untuk kesehatan wajah dari daun ini antara lain bisa menghilangkan komedo dan juga mengangkat sel kulit mati. Untuk anda yang benci dengan komedo yang ada diwajah, anda bisa memanfaatkan daun pandan ini sebagai masker untuk menghilangkan komedo pada wajah.

Sangat bermanfaat bukan daun pandan untuk kehidupan sehari – hari. Jadi jika anda mengkonsumsi daun ini jangan hanya berfikiran bahwa daun ini hanya digunakan untuk membuat makanan lebih enak karena daun ini memiliki manfaat yang begitu baik untuk kesehatan tubuh.

Selamat mencoba membuat kolak kolang kaling ini di rumah dan jangan lupa untuk mencoba resep cara membuat kolak pisang yang juga bisa anda sajikan saat menjelang berbuka puasa. Dijamin keluarga akan suka dengan makanan yang anda hidangkan ini. Terimakasih.