Cara Membuat Kue Karamel Sarang Semut – Karamel sebenarnya sejenis gula yang berupa cairan lengket berwarna kecoklatan, dan merupakan hasil dalam proses karamelisasi.

Biasa karamel dijadikan sebagai bahan adonan permen, bahan isian coklat, perisa dalam puding, hidangan custard, topping es krim, dan sebagai perisa dalam makanan penutup lainnya.

Karamel dapat dibuat dengan cara memanaskan gula pada suhu panas 170 derajat Celcius. Saat gula tersebut mendekati suhu tertingginya dan meleleh, molekul di dalamnya memecah dan membentuk cairan lengket yang berwarna kecoklatan.

Kalian pastinya sudah pernah memakan rasa karamel ini, karena biasanya karamel ini digunakan ke dalam permen coklat, kue, dll. Sekarang sudah banyak yang menjual pewarna karamel di toko bahan kue.

Pewarna karamel adalah cairan gelap tanpa gula, yang terkonsentrasi dan hasilnya hampir mendekati proses karamelisasi total. Pewarna karamel sering digunakan untuk kebutuhan komersial dan industrial contohnya untuk pewarna makanan dan minuman.

Cara Membuat Kue Karamel Sarang Semut

Bahan

  • 180 gram tepung terigu (Ayak terlebih dahulu)
  • 50 gram tepung maizena
  • 425 gram gula pasir
  • 150 gram margarin
  • 2 sdt soda kue
  • 200 ml susu kental manis
  • 8 butir telur ayam
  • 450 ml air panas

Cara Membuat Kue Karamel Sarang Semut

  1. Pertama Masukkan gula pasir kedalam wajan, lalu masak di atas api kecil hingga berwarna kecoklatan. Beri air panas ke dalamnya dan biarkan mendidih sampai larut. Kemudian angkat dan dinginkan sejenak.
  2. Setelah itu kocok margarin beserta susu kental manis sampai putih dengan menggunakan mixer. Masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok hingga mengembang. Matikan mixer.
  3. Lalu tambahkan terigu yang telah diayak dan soda kue. Lalu tambahkan juga tepung maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  4. Beri karamel ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga berubah warna.
  5. Kemudian tuangkan adonan ke dalam loyang tulban yang sebelumnya telah dioles margarin dan ditaburi sedikit tepung. (Loyang tulban adalah loyang cincin atau lubang ditengah cincin oleh karena itu, dapat membentuk adonan memutar seperti cincin. biasanya bentuknya bundar dan beraneka ragam ukuran diameternya.)
  6. Masukkan ke dalam oven dan Panggang dengan suhu 180 derajat celsius selama kurang lebih 40 menit atau sampai matang tergantung tingkat kematangannya
  7. Setelah matang, angkat dan dinginkan sejenak. Kemudian potong dan sajikan di menu hidangan Anda.

Tips Cara Membuat Kue Karamel Sarang Semut Agar Halus dan Tidak Gosong

Memasak karamel harus hati-hati agar hasil akhirnya tidak menjadi gosong dan berubah rasanya. Sebelum memasak karamel, ada baiknya kita memperhatikan tips agar karamel tidak menjadi gosong dibawah ini.

  1. Gunakan gula putih yang bersih. bahan selain gula akan gosong lebih dulu sebelum gulanya meleleh. Ini akan menyebabkan karamel Anda terasa pahit dan teksturnya tidak halus.
  2. Jangan diaduk meskipun sudah cukup meleleh, ada kemungkinan kristal gula masih ada di sana. Jika diaduk, Anda justru akan membuat karamel Anda mengkristal. Goyang-goyangkan panci sebagai ganti mengaduk.
  3. Saat mengangkatnya dari kompor jangan ragu, karena saat karamelnya telah mencair, suhu karamel menjadi sangat tinggi dan cepat sekali menjadi gosong jika terus dipanaskan. Sebab saat gula mencair seluruhnya, angkatlah karamel tersebut dari api. selalu goyangkan panci saat tidak dipanaskan supaya karamel tidak gosong. Anda akan mencium bau lembut karamel dengan warna yang tetap indah keemasan.
  4. Setelah diaduk, masukkan air panas atau beberapa bongkah mentega dan goyangkan lagi hingga tercampur seluruhnya. Kemudian panaskan lagi sejenak untuk meratakan karamel. Cek kembali air atau mentega yang dimasukkan juga sudah bebas dari kotoran atau cemaran lainnya agar hasil karamel Anda tetap bersih.

Baiklah itulah tadi Resep Kue Karamel Panggang, semoga informasi yang saya sampaikan tadi berguna untuk sahabat dan dirumah, dan tentunya Sahabat Tidak perlu repot pergi keluar rumah mencari dan membeli kue karamel.

Dan jika sahabat senang membuat kue Karamel yang lebih banyak rasa, sahabat bisa coba buat sendiri dirumah dengan membaca Cara Membuat Kue Karamel Enak dan Tips Agar Lembut dan Tidak Gosong. Disana akan ada banyak varian rasa kue karamel yang patut dicoba.

Dan jika kalian bosan dengan Resep ini, Kalian bisa coba Resep Red Velvet Panggang , dijamin bosen kalian akan hilang ! sekian dari saya Assalamualaikum : )