Cara Membuat Kue Keju Goreng –  Agar Dapat mengikuti kursus memasak kue, maka kalian mesti mesti siap budget dan mentalitas cepat paham. ada sebuah resep kue yang bisa dikuasai tanpa kursus. Namanya resep kue keju kastengel. Hanya belajar dari artikel ini saja Anda sudah langsung bisa praktik

Cara Membuat Kue Keju Goreng Kastagel

Bahan

  • 300 gram tepung terigu (pakai terigu protein rendah)
  • 185 gram mentega
  • 150 gram keju kraft
  • 15 gram roombutter
  • 3 butir telur ambil kuningnya saja

Olesan

  • 75 gram keju cheddar
  • 2 butir telur ambil kuningnya saja

Cara Membuat Kue Keju Goreng Kastagel

  1. Langkah pertama kocok roombutter dan mentega dengan mixer secara perlahan hingga lembut, lalu masukan kuning telur satu persatu hingga tercampur rata dan menjadi berbusa serta lembut.
  2. Kemudian masukan tepung terigu sedikit demi sedikit secara bertahap sambil terus dikocok dengan menggunakan mixer hingga tercampur rata kemudian masukan keju yang telah diparut, aduk lagi hingga tercampur rata.
  3. Ambilah plastik segitiga untuk memcetak adonan.
  4. Masukan adonan yang sudah jadi kedalam plastik lalu lubangi ujung plastik dengan diameter kurang lebih satu sentimeter.
  5. Semprotkan adonan kue kantengel dengan bentuk memanjang dengan panjang sekitar 3 cm dengan rapi dan hati-hati. Letakan cetakan adonan kue kastengel diatas loyang yang telah diolesi dengan margarin sebelumnya sehingga adonan tidak lengket.
  6. Kemudian adonan kue kastengel selesai dicetak selanjutnya olesi kue tersebut dengan kuning telur yang sudah di kocok lepas dan taburi keju yang telah diparut diatasanya.
  7. Panaskan oven dengan suhu sekitar 150 derajat celcius.
  8. Setelah oven panas lalu panggang kue kastengel kedalam oven selama kurang lebih 30 menit.
  9. Jika sudah terlihat berwarna kuning kecoklatan, angkatlah kue kastengel karena sudah matang lalu dinginkan.
  10. Tata kue kastengel ke dalam toples satu persatu dan susun dengan rapi.
  11. Kue kastengel siap untuk disajikan
 

Tips Cara Membuat Kue Keju Goreng Kastagel Agar Renyah

1. Jangan Mengocok Adonan Terlalu Lama

Kastengel biasanya berbentuk persegi panjang, dengan panjang sekitar 3-4 Cm dan lebar 1 Cm. pada saat adonan basah dan kering dicampur , aduk sampai semua bahan tercampur rata dan teksturnya agak padat yang siap dicetak,  Jangan mengaduk terlalu lama, karena dapat membuat tekstur kastengel jadi keras.

Tidak hanya itu, mengaduk terlalu lama akan membuat adonan kastengel jadi melebar ketika dipanggang. Untuk mengantisipasi, gunakan bahan kering yang sudah diayak halus, supaya proses pengadonan tak berlangsung terlalu lama.

2. Pakai Tepung Protein Rendah

Biasanya kue kering dapat dibuat dengan dua jenis tepung, yakni tepung protein rendah dan tepung protein sedang (serbaguna). Tapi, untuk menghasilkan tekstur kastengel yang lebih renyah dan tahan lama, disarankan menggunakan tepung protein rendah.

Tepung ini rendah akan gluten, yang membuat kastengel akan terasa lebih kriuk ketika matang. Sebelum dicampurkan dalam adonan, sebaiknya tepung diayak terlebih dahulu biar lebih mudah tercampur.

3. Gunakan Keju Berkualitas dan Punya Aroma Kuat

Keju merupakan bahan dasar utama kue kastangel. Kelezatan kue kering ini tergantung pada keju yang kamu pilih. Maka, gunakan keju berkualitas dan punya aroma yang kuat.

Pakailah keju jenis gouda atau parmesan sebagai isian, dan keju cheddar sebagai topping kue. Kamu dapat memarut keju parmesan dan membiarkannya mengering agar kue kastengel jadi lebih renyah.

4. Oleskan Kuning Telur Bila Sudah Setengah Matang

Supaya permukaannya tampak lebih cantik, oleskan kuning telur yang sudah dikocok saat kastengel sudah setengah matang. Angkat loyangnya dan lakukan dengan cepat agar suhu kastengel tidak berubah drastis.

Olesi kuning telur sebanyak 2-3 kali. setiap mengolesi kuning telur beri jarak waktu sekitar 5-10 menit, supaya warna kuning telur tersebut terserap ke dalam permukaan kue.

5. Diamkan Kastengel Hingga Dingin Sebelum Dikemas

Kue Kastengel yang sudah matang sebaiknya jangan langsung dikemas. Suhunya yang panas menyebabkan lembab ketika masuk ke dalam stoples atau wadah tertutup.

Bila dibiarkan terlalu lama, tekstur kue tidak akan renyah dan bisa jadi melempem. Maka, pastikan kastengel dingin dalam suhu ruangan terlebih dulu sebelum masuk dalam wadah.

Bila anda pecinta keju kalian dapat mencoba membuat kue keju dengan membaca Cara Membuat Kue Keju yang Enak dan Mudah Cara Membuatnya

Kalian Suka dengan dengan kue yang warnanya cantik, kalian bisa buat sendiri kuenya dirumah loh ! ini dia Resep Macaroon Enak Untuk Sajian Keluarga Dirumah, Tidak hanya cantik tetapi kue ini mempunyai rasa yang lezat.

Itulah Cara Membuat Kue Keju Goreng Kastagel yang Renyah dan Gurih yang bisa dijadikan panduan untuk mempraktekannya,  Jika anda pandai membuat kue kastengel dengan ulet dan telaten tentu hal ini bisa anda jadikan sebagai lahan bisnis yang akan menghasilkan pundi rupiah untuk anda. Assalamualaikum : )