Singkong merupakan salah satu tanaman yang sering dijumpai hampir disemua daerah di Indonesia. Dengan kandungan gizi yang ada didalam singkong pemanfaatan singkong sangat sering untuk dibuat tepung mocaf dan tepung pati singkong. Kali ini kita akan membahas bagai mana cara membuat pati singkong.

Sedangkan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi singkong dapat menjadi bahan yang multiguna sehingga tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pangan tetapi juga sebagai bahan non-pangan.

Pemanfaatan sederhana singkong yaitu menjadikan singkong menjadi tepung. tepung singkong ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan seperti kue-kue yang basah ataupun yang kering.

Kandungan Gizi pada Singkong

Kandungan nutrisi

Seperti halnya dengan ubi jalar, singkong juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Singkong mengandung energi sebesar 160 Kcal, Protein 1,36 g 2,5, jumlah Karbohidrat 38.06 g, Kolesterol 0 mg, Total Lemak 0.28 g, dan Serat 1,8 g.

Vitamin: 

Kandungan vitamin tertinggi ubi kayu adalah Folat (vitamin B9) 27 mg, Vitamin C 20,6 mg, dan Vitamin K 1,9 mg. Selebihnya adalah Niacin 0.854 mg, Pyridoxine 0.088 mg, Riboflavin 0.048 mg, Thiamin 0,087 mg, Vitamin A 13 IU <, dan Vitamin E 0,19 mg.

Mineral: 

Sodium 14 mg, Kalium 271 mg, Kalsium 16 mg 1,6, Zat Besi 0,27 mg, Magnesium 21 mg, Mangan 0,383 mg, Fosfor 27 mg, dan Zinc 0.34 mg.

Manfaat Pati Singkong untuk Kesehatan

Meningkatkan sel darah merah

Tapioka mengandung zat besi dan tembaga. Keduanya penting bagi kesehatan darah. Dengan mengonsumsi tapioka, Anda akan mendapat asupan oksigen yang cukup dan terhindar dari anemia.

Memperkuat kepadatan tulang dan otot

Tepung pati singkong memiliki kandungan vitamin K dan protein yang tinggi. Kandungan tersebut sangat penting bagi kesehatan tulang dan otot, dan juga membantu menjaga kelenturan dan kekuatan sendi.

Menjaga kesehatan pencernaan

Tepung pati singkong ini ampuh membersihkan usus karena tinggi serat sekaligus mencegah kanker usus. Jadi mengkonsumsi pati singkong dapat mencegah kanker usus.

Membuang lemak trans dan sodium

Tapioka aman dikonsumsi individu dengan tekanan darah tinggi karena kandungan sodiumnya rendah. Jenis tepung ini pun tak mengandung lemak jahat penyebab kolesterol. Selain itu, tapioka bisa jadi pilihan bebas gluten bila ingin menggunakannya sebagai pengganti tepung untuk kue atau makanan lainnya.

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Singkong mengandung beberapa antioksidan seperti Vitamin C, Beta Karoten, dan Saponin yang memainkan peranan penting dalam mencegah radikal bebas masuk ke tubuh. Radikal Bebas dipercayai sebagai penyebab terbentuknya sel kanker. Antikoksidan tersebut akan membantu tubuh melindungi sel-sel dari kerusakan oleh radikal bebas, dan memperbaiki DNA yang rusak. Sebuah studi tentang Fitoterapia dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Tianjin menemukan bahwa Saponin yang terkandung oleh tanaman dapat membantu mencegah kanker. Studi ini dipublikasikan pada bulan Oktober 2010.

Cara Membuat Pati Singkong 

Pertama

Ambil singkong secukupnya, lalu kupas kulitnya, dan cuci sampai bersih.

kedua

Parut singkong dan wadahkan pada baskom besar atau ember.

Ketiga

Campurkan dengan air, dengan perbanidngan 1:3 kemudian aduk.

Keempat

Bahan campuran diatas kemudian disaring, bisa menggunakan saringan dari kain kasa, atau bisa juga saringan yang terbuat dari kain biasa, misalnya kain mori yang putih.

Kelima

Wadahkan hasil saringan ditwadah yang berbeda. Dan diamkan aci bercampur air sekitar 12 jam, hingga aci mengendap di dasar wadah.

Keenam


Setelah aci benar benar mengedap, air yang mengambang diatas wadah lalu dialirkan untuk dibuang, sampai tinggal tersisa aci lembab/basah di dasar wadah tersebut.

Ketujuh

Ambil aci lembab/basah tersebut, kemudian dijemur di bawah terik sinar matahari.

Kedelapan

Setelah benar benar kering, lalu aci diangkat, dan kini telah menjadi, yang disebut dengan tepung tapioka.

Kesembilan

Kini anda bisa mengolah lebih lanjut tepung tersebut, salah satunya untuk dibuat makanan siomay, krupuk, atau bisa juga dibuat menjadi lem.

Simak juga artikel cara menanam singkong dilahan yang sempit.

Terima Kasih.