Ubi jalar atau dalam bahasa Inggrisnya sweet potato adalah jenis umbi-umbian yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Ubi jalar memiliki banyak jenis, antara lain ubi jalar ungu, ubi jalar kuning, ubi jalar putih, dan lain-lain. Nah, kali ini kita akan membahas ubi jalar ungu , dan resep ubi ungu goreng keju yang sehat dan enak ini.

Ubi ungu adalah salah satu jenis dari ubi jalar yang mengandung antioksidan yaitu zat antosianin. Umbi jenis ini memiliki nama imiah yaitu Ipomoea batatas L. Ubi ungu memiliki aroma bunga, dan memiliki rasa yang manis.

Kandungan Ubi Ungu

Terdapat banyak zat gizi yang sangta penting di dalam ubi ungu. Zat gizi yang terkandung di dalam ubi ungu adalah karbohidrat dan ptotein. Ubi ungu juga tidak memiliki lemak. Ubi ungu juga mengandung serat yaitu antioksidan da antosianin.

Mineral yang dikandung oleh ubi ungu di antaranya adalah kalsium, magnesium, potasium, fosfor, sodium, zat besi, dan kalium. Ubi ungu juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin E, vitamin K, dan vitamin A.

Maka dari itu ubi ungu sering dibuat olahan ubi ungu yang sehat untuk dikonsumsi. Olahan Ubi ungu juga sangat mudah dibuat karena hanya berbahan dasar ubi.

Manfaat Ubi Jalar

1. Menyehatkan jantung

Ubi ungu mengandung zat antosianin yang berguna untuk antioksidan  dan melindungi tubuh dari kerusakan atau gangguan hati. Selain itu juga mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Mengkonsumsi ubi ungu atau olahan ubi ungu secara rutin akan menghindarkan kita dari penyakit tersebut

2. Sumber Vitamin A

Kandungan vitamin A yang ada dalam ubi ungu sangat tinggi. Vitamin A bermanfaat dalam menjaga mata tetap sehat. Juga bagus untuk kesehatan kulit dan tulang. Kandungan betakaroten dalam ubi ungu akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Dan betakaroten yang telah diubah jadi vitamn A menyediakan 200% kebutuhan vitamin A tubuh dalam satu hari.

Selain dari ubi ungu, betakaroten juga bisa diperoleh dari sayuran atau buah-buahan yang memiliki warna oranye, hijau, kuning, dan ungu. Kandungan vitamin A yang ada di dalam ubi ungu sangat tinggi. Olahan ubi ungu salah satu cara untuk mengkonsumsi sebagai camilan

3. Kandungan vitamin C, E, serta Beta Karoten Tinggi

Nutrisi yang terkandung dalam ubi ungu dapat mencegah penyakit kardiovaskuler. Ubi dapat memasok vitamin C yang dibutuhkan tubuh karena dalam ubi tersebut dapat mencukupi 66% kebutuhan vitamin C harian kita. Selain itu ubi memiliki serat yang melimpah.

Jika kita megkonsumsi ubi bersama dengan kulitnya dapat memberi serat lebih banyak apabila dibanding dengan satu porsi oatmeal. Nutrisi yang terkandung dalam ubi ungu juga dapat mencegah penyakit kardiovaskuler.

4. Memperlancar Pencernaan

Apakah mengkonsumsi ubi ungu dapat melancarkan pencernaan? Jawabannya adalah adanya kandungan serat dan pectin. Keduanya berperan dalam menjaga pencernaan dan proses dalam saluran cerna tetap baik. Sehingga dapat menghindarkan kita dari gangguan pencernaan seperti sembelit, wasir bahkan kanke

5. Sumber karbohidrat

Kandungan Karbohidrat yang tinggi dalam ubi ungu dapat menjadi pengganti nasi. Warna yang cantik, ungu, dapat dipakai sebagai bahan untuk pewarna makanan. Maka dengan mengkonsumsi ubi ungu atau olahan ubi ungu dapat mengembalikan energi yang hilang.

resep ubi ungu goreng keju

Bahan:

  • 150 gr ubi jalar kuning, kupas dan cuci sampai bersih
  • 1 cup tepung terigu
  • 75 gr tepung tapioka
  • 8 gr atau 2 sdt baking powder
  • 2 gr atau 1/4 sdt vanili bubuk
  • 5 gr garam
  • 150 gr gula halus
  • 75 cc garam
  • 100 gr keju, potong ukuran 1 x 1 cm
  • Susu cair secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Ubi yang sudah dibersihkan dikukus hingga empuk. Setelah dingin, haluskan dalam wadah.
  2. Masukkan baking powder, tepung terigu, vanili bubuk, tepung tapioka dan garam yang sudah diayak ke dalam wajan berisi ubi.
  3. Setelah tercampur, tambahkan 150 gram gula halus, aduk rata.
  4. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kalis dan bisa dibentuk.
  5. Ambil adonan sebanyak 1 sendok makan, pipihkan dengan menggunakan telapak tangan.
  6. Letakkan satu buah keju quick meltyang sudah dipotong dadu di tengah-tengah adonan.
  7. Bulatkan adonan dengan menggunakan tangan hingga keju menjadi isian dari adonan tersebut.
  8. Goreng bola-bola ubi dengan menggunakan api kecil hingga matang kecoklatan.
  9. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  10. Ubi goreng keju siap disajikan.

Simak artikel lainnya resep ubi ungu isi coklat.

Terima Kasih.