Tape ketan adalah makanan tradisional Indonesia yang berbahan dasar dari beras ketan yang diolah secara fermentasi. Cara pembuatan tape ketan hampir sama dengan membuat tape singkong. Biasanya tape juga dapat dicampurkan dengan jajanan es campur atau olahan lainnya. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat tape ketan.

Bahan-bahan:

  • 1 Kg. Beras ketan putih ( Untuk 10 porsi )
  • 8 Gr Ragi
  • 300 ml air kukusan beras ketan
  • 2 Sdm gula pasir ( Bisa tidak pakai gula jika tidak suka manis )

Langkah-langkah:

Pertama

Cuci bersih ketan, minimal 3 kali. cuci hingga airnya berubah bening sambil di gosok-gosokkan dengan jari supaya ketan bersih maksimal. kemudian tiriskan

Kedua

Siapkan kukusan untuk mengukus ketan terlebih dahulu dan dilapisi dengan alas dibawahnya ( bisa memakai daun pisang) menggunakan kain bersih juga bisa pokoknya jangan langsung menyimpan ketan diatas pengukus. Tuang ketan yang sudah di cuci tadi kedalam kukusan dan tutup rapat.

Ketiga

Kukus beras ketan kurang lebih 15 menit saja, dan pastikan ketan sudah setengan matang, jangan sampai terlalu matang karena bisa membuat tape tidak enak. Ciri ketan sudah setengah matang, bila disentuh ia terasa empuk dan padat serta warnanya juga sudah berubah.

Keempat

Siapkan wadah, dan kemudian matikan api. sendok ketan kedalam wadah yang cukup besar untuk mengaduk aduk ketan supaya tidak menggumpal.

Kelima

Setelah itu, air bekas kukusan ketan tadi jangan langsung dibuang tetapi digunakan untuk mengguyur beras ketan yang ada dalam wadah. kemudian aduk-aduk hingga air meresap dalam ketan.

Keenam

Fungsi air rebusan ketan tersebut adalah untuk membasahi ketan hingga merata sehingga bisa matang saat di masak untuk kedua kalinya

Ketujuh

Kukus kembali ketan untuk kedua kalinya selama kurang lebih 30 menit, kukusan yang kedua ini lebih lama dari yg pertama dan menggunakan api yang besar. pada tahap kedua ini juga ketan tidak boleh bersentuhan langsung dengan tangan. bila ingin mengecek matang dan tidaknya ketan, cukup ambil sendok saja. karena jika sudah terkontaminasi dengan bakteri ditangan maka akan membuat fermentasi menjadi gagal.

Kedelapan

Nah, Sambil menunggu ketan di kukus matang. kita sebaiknya siapkan raginya dulu biar tidak membuang buang waktu bunda. tau kan bagaimana bentuknya ragi. ragi itu berbentuk bulat berwarna putih. pemakaian ragi ini jangan terlalu banyak supaya tekstur ketannya tidak hancur. karena pemakaian ragi yang berlebihan justru akan membuat tape terasa hanyir, bentuknya hancur dan banyak mengeluarkan air. jadi sebaiknya jika ketan 1 kilogram cukup menggunakan 2 butir ragi saja sudah cukup ya bunda.

Kesembilan

Penggunaan ragi tidak langsung dicampurkan begitu saja, tetapi dihancurkan terlebih dahulu dengan dicampur dengan sedikit gula pasir menggunakan sendok hingga ragi benar benar lembut.

Kesepuluh

Setelah ketan sudah matang, lalu tempatkan ketan kedalam wadah yang berongga biar uap bisa keluar dengan bebas dan cepat dingin. bisa menggunakan wadah untuk mencuci sayur juga.

Kesebelas

Kemudian aduk perlahan, supaya uapnya bisa keluar dan cepat dingin.

Keduabelas

Setelah ketan dingin, siap siap dilumuri ragi, supaya campuran ragi dan gula pasir tadi bisa merata ke semua ketan, lebih enaknya menggunakan ayakan. Karena bila ketan masih dalam keadaan panas, maka akan membuat ragi tidak berfungsi atau mati.

Ketigabelas

Taburkan Ragi dan gula pasir sedikit demi sedikit dengan sambil diaduk aduk hingga benar benar merata keseluruh ketan.

Keempatbelas

Nah setelah semua proses sudah selesai dilakukan. kemudian simpan ketan kedalam wadah bersih yang dilengkapi penutup rapat atau bisa juga dikreasikan dengan tempat lain seperti daun pisang. caranya seperti pepes ikan, dibungkus kecil kecil supaya enak makannya.

Kelimabelas

Kemudian simpan kedalam wadah besar atau bisa juga menggunakan kukusan tadi. sebelum wadah di tutup lapisi kain diatasnya dengan beberapa lapis kain minimal 5 lembar kain baru kemudian ditutup dengan penutup wadah.

Ketujuhbelas

Terakhir simpan wadah yang berisi tape tersebut ditempat aman, dan tidak terkena sinar cahaya dan biarkan selama 3 hari.

Kedelapanbelas

Setelah 3 hari menunggu tape. maka sekaranglah waktunya untuk membuka dan menyantap tape ketan putih seger dan nikmat.