Yah, Guys pada kesempatan ini saya akan membahas seputar bagimana sih cara membuat terang bulan mini sederhana yang enak dan manis, dan juga saat dimakan akan terasa lumer dimulut, berikut penjelasan tentang cara membuat terang bulan yang enak dan manis, simak terus ya guys,

Martabak Manis Alias Kue Terang Bulan Mini

Penganan lezat ini memiliki nama berlainan di berbagai tempat. Di daerah Pontianak disebut apem pinang, sedangkan di Pangkalpinang, Bangka, dikenal dengan nama kue pangkalpinang. Orang Malaysia menamainya apam balik. Ada pula di sebagian wilayah yang mengenalnya sebagai kue terang bulan karena bentuknya mirip bulan purnama.

Kue terang bulan bisa dibilang asli Indonesia. Perintisnya adalah orang-orang turunan Tionghoa yang bermukim di Bangka Belitung. Mereka mengucapnya hok lo pan atau kue nya orang Hok Lo. Hok lo pan ini lebih dikenal dengan nama martabak bangka.Namun di Bandung dikenal dengan sebutan kue bandung. Keluarga Cen generasi keempat asal Bangka, membuka gerai mi bandung di Semarang,

Awalnya memang menamainya kue Bandung. Lambat laun, martabak manis ini justru lebih dikenal sebagai martabak bandung. Jadi sebenarnya martabak bangka dan juga martabak bandung itu tak jauh beda.Kulit dasar martabak manis ini dibentuk dari campuran tepung terigu, telur, gula, soda kue, santan, dan air.

Adonan dipanggang di atas penggorengan besi yang cukup tebal hingga matang dan berserat. Bagian luar kulit akan berubah warna kecokelatan dan terasa empuk. Untuk isi biasanya diberi taburan gula pasir, meises, kacang tanah cincang, wijen, dan keju atau campuran dua jenis bahan isi tersebut. Sebelum ditumpuk dan dipotong-potong  di atas isian disiram dengan susu kental manis.

Fakta Menarik Tentang Kue Martabak Manis

Berbeda Nama Di Setiap Daerah

Fakta yang satu ini mungkin juga banyak yang belum tau, kalo Martabak manis itu mempunyai nama yang berbeda-beda setiap daerah. Misal saja di Jawa Barat, di Bandung Martabak manis dikenal dengan nama kue terang bulan. Beda halnya dengan Semarang, disana Martabak manis lebih dikenal dengan sebutan kue Bandung. Sementara di Pontianak Apam Pinang, lalu di Medan lebih dikenal dengan nama Martabak Bangka.

Berminyak Semakin Enak

Pernahkah sejenak berfikir saat menyantap Martabak kalau semakin Martabak itu berminyak, maka semakin pula nikmat rasanya. Minyak tersebut tentu berasal dari mentega yang membuat rasanya semakin gurih dan tentunya bikin ketagihan

Variasi Toping Martabak

Manis Kehadiran Martabak seakan menghipnotis banyak pecinta jajanan ringan, khususnya para anak muda. Hal ini karena Martabak sudah banyak berkembang dibanding awal mulanya, misal saja Martabak manis yang sekarang ini punya rasa yang beraneka ragam dan toping beraneka rasa yang tentunya mempunyai rasa lezat.

Martabak Buka Malam Hari

Pernahkah kepikiran kalau makan Martabak waktu malam hari itu terasa agak nikmat. Dan juga pernahkah kepikiran kalau penjual Martabak seringnya buka pada malam hari? Ada yang tau alasannya. Mungkin karena biasanya penjual Martabak mangkal di emperan took, jadi harus nunggu tokonya tutup dulu.

Cara Membuat Terang Bulan Mini Sederhana

cara membuat terang bulan mini empuk

Bahan-Bahan Untuk Membuat Terang Bulan Mini Sederhana :

  • 200 g terigu (setara 10 sdm terigu)
  • 50 g kanji/tapioka (setara 2 sdm)
  • 8 sdm gula pasir
  • 2 telur
  • 1 sacet kecil mentega (setara 2-3 sdm mentega) cairkan
  • 300 ml air (blh ditambah 50 ml lagi jika adonan terlalu kental)
  • 1 sdt saft instan/fernipan
  • sejumput garam
  • 1 sdm baking powder (campur paling akhir)
  • Topping
  • gula pasir (utk taburan saat memanggang)
  • meses
  • keju (optional)
  • skm putih/coklat

Cara Membuat Terang Bulan Mini Sederhana :

  1. Kocok (memakai wisk/garpu) telur dg gula, garam, fernipan
  2. Masukkan terigu+kanji, tambah air sambil terus di kocok perlahan.
  3. Tambahkan mentega cair, aduk hingga tercampur rata. Diamkan kurleb 15 menit
  4. Setelah 15 menit, tambahkan baking powder, aduk rata. Panaskan cetakan.
  5. Cetak dg cara menuang dg ceret kecil. Setelah adonan 1/2 penuh di cetakan benamkan sendok sayur ambil sedikit adonan yg ada di tengah hingga membentuk celah di tengah adonan. Tunggu hingga permukaan adonan mengeluarkan lubang kecil-kecil, taburi gula dan tutup cetakan. Angkat jika permukaan bawah adonan sdh kecoklatan.
  6. Beri toping sesuai selera, jgn lupa beri skm agar rasa lebih mantab.. Selamat mencoba..

Nah guys, sepertinya cukup sekian dulu tentang pembahasan dan resep cara membuat terang bulan mini empuk yang dapat saya sajikan untuk anda, semoga dengan membaca artikel ini anda dapat lebih tau tentang apa itu kue terang bulan dan cara membuat terang bulan mini empuk yang baik dan benar berdasarkan resep diatas,

dan bagi yang suka dengan kue wingko anda dapat membaca nya pada artikel kami yang menjelaskan tentang apa itu wingko?, fakta menarik kue wingko dan resep cara membuat wingko babat kukus nya juga tentunya, dan terimakasih sudah berkenan membaca artikel saya, semoga bermanfaat.