Kalian pasti tau bukan ciri ciri berlian asli putih. Merupakan salah satu batu permata yang sangat digemari oleh kebanyakan orang.

Tak jarang banyak dari para kolektor tersebut mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk mengoleksi berbagai jenis berlian. Namun, apakah Anda tahu tentang bagaimana cara membedakan berlian asli putih atau palsu. 

Berlian Asli Putih tentang Ciri Ciri Berlian Asli Putih

Intan adalah bentuk padat unsur karbon dengan atom-atomnya tersusun dalam struktur kristal yang disebut intan kubik. Pada suhu dan tekanan ruangan, bentuk karbon padat lain yang dikenal sebagai grafit adalah bentuk yang stabil secara kimiawi, tetapi berlian hampir tidak pernah mengubahnya.

Berlian memiliki kekerasan dan konduktivitas termal tertinggi dari semua bahan alami, properti yang digunakan dalam aplikasi industri besar seperti alat potong dan pemoles. Mereka juga merupakan alasan bahwa sel landasan berlian dapat menyebabkan bahan tekanan yang ditemukan jauh di bumi.

Karena susunan atom dalam berlian sangat kaku, beberapa jenis pengotor dapat mencemari itu (dua pengecualian adalah boron dan nitrogen). Sejumlah kecil cacat atau pengotor (sekitar satu per juta atom kisi) warna berlian biru (boron), kuning (nitrogen), coklat (cacat), hijau (paparan radiasi), ungu, merah muda, oranye atau merah.

Di bawah tekanan dan suhu tinggi, cairan yang mengandung karbon melarutkan mineral dan menggantinya dengan berlian. Jauh lebih baru (puluhan hingga ratusan juta tahun yang lalu).  Mereka dibawa ke permukaan dalam letusan gunung berapi dan diendapkan dalam batuan beku yang dikenal sebagai kimberlites dan lamproites.

Sebuah Berlian sintetis dapat ditanam dari karbon dengan kemurnian tinggi di bawah tekanan dan suhu tinggi atau dari gas hidrokarbon oleh deposisi uap kimia (CVD). Berlian imitasi juga dapat dibuat dari bahan-bahan seperti zirkonia kubik dan silikon karbida. Berlian alami, sintetis dan imitasi paling sering dibedakan menggunakan teknik optik atau pengukuran konduktivitas termal.

Ciri Berlian putih Asli

REFLEKSI ABU-ABU

Berlian asli itu hanya bisa memberikan refleksi dalam warna abu-abu saja. Jika berlian Anda mampu merefleksikan berbagai macam warna, maka berlian yang Anda miliki tersebut adalah berlian palsu.

  • TIDAK BISA BERKABUT

Cobalah hembuskan nafas ke berlian Anda tersebut. Jika kabut pada berlian menghilang dengan cepat, maka berlian tersebut itu  adalah berlian asli. Sedangkan jika kabut bertahan selama beberapa saat pada berlian, maka sudah bisa dipastikan berlian Anda  tersebut adalah berlian palsu.

  •  MAMPU MEREFLEKSIKAN CAHAYA

Berlian yang asli dapat merefleksikan cahaya di setiap sisinya, sehingga membuatnya terlihat berkilau. Sedangkan berlian palsu biasanya hanya terlihat berkilau di bagian atasnya saja.

  • TIDAK BISA DIPANASKAN

Jika Anda memanaskan berlian Anda dan kemudian berlian Anda tersebut terlihat panas, maka dari itu berlian tersebut adalah palsu. Sama halnya dengan kabut, berlian asli jika dapat menghilangkan panas dengan cepat, sehingga Anda tidak akan merasa panas atau hangat pada berlian  anda dan itu adalah berlian asli. Apakah ada ciri ciri berlian asli itu gimana.

  • TIDAK MUDAH TERGORES

Berlian asli tidak akan mudah tergores dan karena itu kita tau bahwa ciri ciri berlian asli tu gimana. Jika berlian Anda memiliki banyak goresan, maka berlian Anda tersebut adalah palsu.

  •  BERLIAN PALSU MENGAPUNG DI AIR

Untuk mengecoh pembeli, terkadang penjual berlian menggabungkan ciri ciri berlian asli dan palsu di bagian bawah. Kemudian untuk mengetes ciri ciri berlian asli, maka cobalah mencelupkannya ke air. Jika berlian tersebut mengapung, maka berlian tersebut adalah ciri ciri berlian palsu atau telah disatukan dengan berlian palsu.

Selain 10 ciri di atas, umumnya ada lagi kah ciri ciri berlian asli dilengkapi dengan sertifikasi internasional, misalnya sertifikat GIA. Maka dipastikan berlian yang Anda beli memiliki sertifikat resmi tersebut. Untuk bisa mendapatkan berlian berkualitas yang disertai dengan sertifikat GIA, Anda tidak perlu repot mencari kemana-mana karena Anda dapat bisa membeli batu berlian secara online di ORORI.

  • PERHIASAN

Emas dapat dibentuk menjadi macam-macam perhiasan untuk wanita. Wanita memerlukan perhiasan untuk bermacam-macam hal seperti menjadi aksesoris, untuk menambah penampilan agar lebih baik, dan meningkatkan rasa percaya diri.

Perhiasan dari emas mudah dibentuk menjadi beberapa benda seperti cincin, kalung, gelang, anting, jam tangan, bros dan berbagai aksesoris lain. Emas tersebut menjadi salah satu jenis perhiasan yang memiliki harga mahal.

  • KESEHATAN GIGI

Gigi yang tampak berlubang mungkin akan membuat pemiliknya merasa tidak nyaman dengan keadaan giginya. Pada jaman dahulu pemakaian emas sudah banyak digunakan untuk berbagai hal yaitu seperti menambal gigi yang berlubang.

Bahkan ada jenis gigi palsu yang dapat  dilapisi dengan emas. Emas tidak bisa menimbulkan reaksi dengan jenis logam dan senyawa lain sehingga emas sangat awet. Jadi emas juga penting untuk mendukung kesehatan tulang dan gigi.

Pada artikel di atas juga bisa dapat membedakan dan cara membedakan emas dengan perak dan juga termasuk dalam ciri ciri berlian asli dan palsu.

Sekian ulasan yang bisa saya sampekan di sini, tentang ciri ciri berlian asli putih semoga dapat membantu Anda semua. Semoga ulasan tentang ciri ciri berlian asli putih ini bermanfaat bagi semua yang membaca artikel ini. Klok ada tutur kata yang salah mohon di maafkan cukup sekian dan terima kasih.