Kalian pasti taukan tambang emas di kulon progo. Ada banyak tambang emas di kulon progo.

Emas asli mempunyai sifat agak lembek sedangkan  bila digigit akan tampak bekas tekanan gigi. Emas yang menyerupai logam mempunyai sifat lunak dan mudah ditempa, serta berat tergantung pada jenis dan kandungan logam tersebut.

Belerang adalah Tambang Emas Di Kulon Progo

belerang

Belerang atau belerang adalah  unsur kimia  dengan simbol S dan nomor atom 16. Ini berlimpah, multivalen, dan bukan logam. Dalam kondisi normal, atom sulfur membentuk molekul oktomik siklik dengan rumus kimia S8. Unsur belerang berwarna kuning cerah, padatan kristal pada suhu kamar.

Belerang adalah unsur paling umum kesepuluh berdasarkan massa di alam semesta, dan unsur kelima paling umum di Bumi. Meskipun kadang-kadang ditemukan dalam bentuk asli dan murni, sulfur di Bumi biasanya terjadi sebagai mineral sulfida dan sulfat.

Menjadi berlimpah dalam bentuk asli, belerang dikenal di zaman kuno, disebutkan untuk digunakan di India kuno, Yunani kuno, Cina, dan Mesir. Dalam Alkitab, belerang disebut belerang,  yang berarti “batu yang terbakar”.

Saat ini, hampir semua elemen sulfur diproduksi sebagai produk sampingan menghilangkan kontaminan yang mengandung sulfur dari gas alam dan minyak bumi. Penggunaan elemen komersial terbesar adalah produksi asam sulfat untuk pupuk sulfat dan fosfat, dan proses kimia lainnya.

Unsur belerang digunakan dalam korek api, insektisida, dan fungisida. Banyak senyawa sulfur berbau harum, dan bau gas alam, bau sigung, grapefruit, dan bawang putih disebabkan oleh senyawa organosulfur. Hidrogen sulfida memberikan bau khas pada telur yang membusuk dan proses biologis lainnya.

Belerang adalah elemen penting untuk semua kehidupan, tetapi hampir selalu dalam bentuk senyawa organosulfur atau sulfida logam. Tiga asam amino (sistein, sistin, dan metionin) dan dua vitamin (biotin dan tiamin) adalah senyawa organosulfur.

Banyak kofaktor juga mengandung sulfur termasuk glutathione dan thioredoxin dan protein besi-sulfur. Disulfida, ikatan S-S, memberi kekuatan mekanis dan ketidakmampuan protein keratin, ditemukan di kulit luar, rambut, dan bulu. Belerang adalah salah satu unsur kimia inti yang dibutuhkan untuk fungsi biokimia dan unsur hara makro bagi semua organisme hidup.

Senyawa

Polikulasi belerang, S82 +, S42 + dan S162 + dihasilkan ketika belerang direaksikan dengan zat pengoksidasi ringan dalam larutan asam kuat. Larutan berwarna yang diproduksi dengan melarutkan sulfur dalam oleum pertama kali dilaporkan pada 1804 oleh C.F. Bucholz, tetapi penyebab warna dan struktur polycations yang terlibat hanya ditentukan pada akhir 1960-an. S82 + berwarna biru tua, S42 + berwarna kuning dan S162 + berwarna merah.

H2S ⇌ HS− + H +
Gas hidrogen sulfida dan anion hidrosulfida sangat beracun bagi mamalia, karena penghambatan mereka terhadap kapasitas pembawa oksigen dari hemoglobin dan sitokrom tertentu dengan cara yang analog dengan sianida dan azida (lihat di bawah, di bawah tindakan pencegahan).

Pengurangan unsur sulfur memberikan polisulfida, yang terdiri dari rantai atom sulfur yang diakhiri dengan pusat S−:

2 Na + S8 → Na2S8
Reaksi ini menyoroti sifat belerang yang khas: kemampuannya untuk mengikat (mengikat dirinya sendiri dengan pembentukan rantai). Protonasi anion polisulfida ini menghasilkan polisulfana, H2Sx di mana x = 2, 3, dan 4. [27] Pada akhirnya, pengurangan sulfur menghasilkan garam sulfida:

16 Na + S8 → 8 Na2S.

Oxides, oxoacids and oxoanions

Sulfur oksida utama diperoleh dengan membakar belerang:

S + O2 → SO2 (sulfur dioksida)
2 SO2 + O2 → 2 SO3 (sulfur trioksida)
Beberapa sulfur oksida diketahui; oksida yang kaya belerang termasuk sulfur monoksida, disulfur monoksida, disulfur dioksida, dan oksida yang lebih tinggi mengandung gugus perokso.

Belerang membentuk belerang oksida, beberapa di antaranya tidak dapat diisolasi dan hanya diketahui melalui garam. Sulfur dioksida dan sulfit (SO2−
3) terkait dengan asam sulfur tidak stabil (H2SO3). Sulfur trioksida dan sulfat (SO2−
4) terkait dengan asam sulfat (H2SO4). Asam sulfat dan SO3 bergabung untuk menghasilkan oleum, larutan asam pirosulfurat (H2S2O7) dalam asam sulfat.

Garam tiosulfat (S
2O2−
3), kadang-kadang disebut sebagai “hyposulfites”, digunakan dalam pemasangan fotografi (hypo) dan sebagai agen pereduksi, menonjolkan sulfur dalam dua keadaan oksidasi. Sodium dithionite (Na
2S
2O
4), mengandung anion dithionite yang lebih banyak berkurang (S
2O2−4)

Halides and oxyhalides

Beberapa sulfur halida penting bagi industri modern. Sulfur heksafluorida adalah gas padat yang digunakan sebagai gas isolator pada transformator tegangan tinggi; itu juga merupakan propelan non reaktif dan tidak beracun untuk wadah bertekanan. Sulfur tetrafluoride adalah pereaksi organik yang jarang digunakan dan sangat beracun.

Sulfur diklorida dan disulfur diklorida adalah bahan kimia industri yang penting. Sulfuryl chloride dan asam chlorosulfuric adalah turunan dari asam sulfat; thionyl chloride (SOCl2) adalah reagen umum dalam sintesis organik.

Pada artikel di atas juga dapat cara membedakan emas dengan perak dan juga termasuk tambang emas terbesar di dunia. Cukup sekian artikel yang saya tulis semoga bermanfaat bagi kalian semoga kalian dapat membacanya. Dan kalau ada salah dalam penuliasan saya mohon maaf.