Pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang berikut 6 macam macam beras putih.

Berikut 6 Macam Macam Beras Putih

Macam Macam Beras Putih

Beras putih yaitu beras yang paling banyak dimakan masyarakat Indonesia. Beras putih didapat dari padi yang sudah diolah dan dibersihkan hingga berwarna putih.

Beras juga bisa di buat menjadi resep kerupuk tepung beras untuk di jual.

1. Pandan wangi

Macam Macam Beras Putih

Beras pandan wangi termasuk dalam beras unggulan. Beras ini mempunyai aromanya seperti daun pandan dan akan lebih terasa jika saat beras dimasak. Tekstur pulen pada beras ini mengasih rasa yang lebih enak banget.

Bentuk beras cenderung bulat dan ujungnya tidak runcing. Warna beras ini putih kekuningan dan bening.

2. Rojolele

Macam Macam Beras Putih

Beras rojolele ialah beras yang paling banyak dipakai di Jawa Tengah atau Jawa Timur.  Beras rojolele juga terkenal memakai nama beras dari di daerah Jawa Barat. Bentuk beras rojolele cenderung berbentuk bulat. Selain itu, terdapat sedikit bagian yang berwarna putih susu.

3. Setra Ramos

Macam Macam Beras Putih

Beras ramos ialah beras berjenis IR 64 yang banyak sekali ditanam di Jawa Barat. Beras ramos ini paling banyak sekali digemari karena teksturnya yang lembut dan rasanya sangat gurih. Bentuk beras lebih panjang dari pada beras putih lainnya dan mempunyai aroma beras yang natural.

4. IR 42

Macam Macam Beras Putih

Beras IR 42 hampir sama dengan beras IR 64. Selain namanya, bentuknya pun mirip. Beras ini setelah dimasak bisa menjadi nasi yang pera, sedikit lebih keras dan kering. Nasi ini sangat cocok sekali untuk dipakai menjadi nasi goreng, lontong, ketupat, atau nasi uduk.

5. Batang Lembang

Macam Macam Beras Putih

 

Beras ini dikenal juga dengan nama beras Jepang. Bentuk beras batang lembang butir-butirannya panjang. Warna beras putih jernih dengan tekstur sangat lembut. Beras ini termasuk beras yang paling lembut daripada dengan varietas yang lain.

6. Mentik Susu

Beras mentik susu ini ialah beras organik yang sangat kaya sekali nutrisi dan mineral. Beras ini berwarna putih hampir sama seperti susu dan bentuknya hampir sama dengan beras ketan putih.

Cara memasak Beras :

  1. Ukur beras memakai cangkir takar/sesuai selera kalian dan masukkan ke dalam panci penanak nasi kalian.
  2. Cuci beras terlebih dahulu sebelum dimasak. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada beras tersebut agar ikut terbuang bersama dengan air tadi.
  3. Ukur air secukupnya. Sebagian besar memakai air dingin
  4. Rendam beras lalu tunggu kurang lebih tiga puluh menit biar enak kalau tidak di rendam juga mantap.
  5. Tambahkan perasa agar lebih sedap kalau perlu seperti garam, mentega atau minyak. Perasa wajib dipakai ke dalam air sebelum kalian mulai memasak nasi ini, sehingga perasa ini menempel di beras selama dimasak.
  6. Masukkan butiran beras yang menempel di dinding panci masuk ke dalam air sehingga semua beras terendam sepenuhnya, jangan sampai ada yang kelewatan.  Gunakan sendok kayu atau plastik untuk melakukannya.
  7. Periksa penanak nasi tersebut untuk mengatur selera kalian atau pengaturan kusus di penanak tersebut.
  8. Masak nasi di dalam penanak nasi. Jika penanak nasi kalian memiliki panci yang bisa dilepas lalu pasangkan kembali pancinya sesudah diisi dengan beras dan air.
  9. Tungggu beras tersebut selama 10-15 menit sebelum membuka tutup penanak nasi tersebut. Disarankan dalam penanak nasi, dan otomatis dilakukan pada beberapa merek penanak nasi.
  10. Aduk nasi tadi biar tidak padat dan menempel pada panci, Nasi siap sajikan.