Untuk artikel kali ini saya akan berbagi postingan tentang Cara Membuat Jus Mangga Muda Segar .

Jus buah mangga adalah jenis minuman jus yang banyak sekali peminatnya karena jus mangga ini rasanya enak dan menyegarkan, jus mangga juga kaya dengan nutrisi, vitamin, magnesium, kalium dan fosfor. Dan sangat bagus untuk anda konsumsi karena sehat dan baik bagi tubuh anda, mengonsumsi jus mangga ini adalh salah satu cara untuk diet dan melangsingkan tubuh. Namun, ingat mengonsumsinyapun tidak boleh berlebihan. Mangga merupakan salah satu buah yang telah beredar di asia tenggara sejak 1,5 M yang lalu.

Buah mangga adalah buah yang termasuk ke dalam kelompok buah batu (drupa) yang berdaging, dengan ukuran dan bentuk yang sangat berubah-ubah bergantung pada macamnya, ada beberapa macam jenis buah mangga yang ada di indonesia mulai dari bentuk bulat (misalnya mangga gedong), bulat telur (gadung, indramayu, arumanis) hingga lonjong memanjang (mangga golek). Panjang buah kira-kira 2,5–30 cm. Pada bagian buah mangga ujungnya , ada bagian yang runcing yang disebut paruh. Di bagian atas paruh ada yang membengkok yang disebut sinus, yang dilanjutkan ke bagian perut.

Manfaat Jus Mangga

membuat jus mangga muda

Banyak kandungan berbagai macam manfaat dari jus mangga yang sangat bagus untuk kesehatan yang paling diantaranya menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kesehatan penglihatan, mendukung sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker dan penyakit kronis, dan meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi kadar kolesterol, mempertahankan tingkat keasaman, merangsang pencernaan dan Mencegah terjadinya gejala diabetes.

  • Mencegah Kanker

Tidak hanya itu saja, dari kandungan mineral dan vitamin pada mangga, jus ini juga memiliki berbagai antioksidan, termasuk quercetin, asam galat dan astragalin, antioksidan unik yang dapat membantu mengekang stres oksidatif dan aktivitas radikal bebas, yang dapat menurunkan risiko kanker, khususnya untuk kanker prostat, usus besar dan kanker payudara.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Jumlah kalium yang cukup dalam jus mangga, ini berarti bahwa segelas dalam setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah, berkat sifat vasodilatornya. jus mangga juga mampu menurunkan tekanan pada sistem kardiovaskular Anda dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

  • Meningkatkan Penglihatan

Ada sejumlah besar karotenoid dan vitamin A yang ditemukan dalam jus ini, dimana  berdampak langsung pada penglihatan Anda. Vitamin A berperilaku sebagai antioksidan dan menghilangkan stres oksidatif di retina, mengurangi terjadinya degenerasi makula dan perkembangan katarak.

  • Menurunkan tingkat Kolesterol

Kadar vitamin C yang tinggi lebih dari sekadar meningkatkan sistem kekebalan tubuh; selain itu juga jus mangga mampu menurunkan tingkat low-density lipoprotein, yang merupakan bentuk kolesterol “buruk”. Minuman melindungi kesehatan jantung dan mengurangi jumlah deposisi plak di pembuluh darah dan arteri.

Cara Membuat Jus Mangga Muda Segar

membuat jus mangga muda

Bahan – Bahan yang Dibutuhkan :

  • 2 buah mangga segar
  • 1 sdt madu
  • 1 cangkir air (disaring)
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat :

  1. Cuci mangga secara menyeluruh dan keluarkan kulitnya.
  2. Potong mangga bentuk kubus kecil.
  3. Tambahkan mangga, es, madu, dan air ke dalam blender.
  4. Blender selama 2-3 menit atau sampai merata dan halus.
  5. Saring campuran ini melalui saringan wadah lain.
  6. Tekan atau peras serat yang tersisa untuk mengekstrak semua jus.
  7. Buang bekas perasan mangga  dan aduk jus. Tambahkan air untuk mencairkan jus lebih lanjut.
  8. Sajikan selagi dingin

Demikianlah artikel tentang Cara Membuat Jus Mangga Muda Segar yang semoga bermanfaat untuk anda. Dan jangan lupa membaca artikel mengenai cara membuat jus mangga Selamat mencoba di rumah anda!