kali ini kita akan memaparkan artikel tantang resep bubur jagung tanpa santan. Bubur jagung sangat cocok bila dibuat sarapan pagi dalam keadan hangat. Bubur ini dapat mengantikan nasi nah sanggat cocok buat yang lagi diet.

Resep Bubur Jagung Tanpa Santan

Resep Bubur jagung Tanpa Santan

  • 3 Buah jagung, rebus pipil
  • 10 Sendok makan susu kental mansi
  • 3 Sendok madu
  • 2 Lembar daun pandan
  • 500 Ml air

Resep Bubur jagung Tanpa Santan

  1. Siapkan bahan-bahanya. Daun pndan dicuci dahulu. Pisahkan jagung yang akan dibender.
  2. Tuang dedalam panci. Rebus larutan susu kental manis dan daun pandan hingga mendidih
  3. Siapkan belender, ambil jagung rebus kira-kira 15 sendok makan, tuang rebusan susu pandan dan madu, proses ini kira-kira 10 detik hingga tercampur, kental, namuan jagung masih kasar
  4. Tuangkan kemangkuk taburi jagung utuh
  5. Sajikan selagi hangat

Resep Bubur jagung Manis Oat

Bahan bahan

  • 4 Sendok makan oat ( queker oat merah )
  • 2 Buah jagung manis
  • 1 Buah tahu
  • 2 Batang daun bawang
  • 1 Batang seledri
  • Garam secukupnya
  • 1/2 Sendok teh lada bubuk
  • 1 Sendok teh kaldu
  • 400 Ml air

Resep bubur Jagung Manis Oat

  1. Didihkan jagung lalu masukkan jagung yang sudah diparut, masak hinga jagung matang.
  2. Jika sudah matang masukan tahu, yang sudah dipotong-potong
  3. Lalau masukkan lada bubuk, kaldu, dan oat lalu aduk-aduk masukkan daun bawang dan daun seledri yang sudah dipotong-potong
  4. Aduk kembali dan bubur pun sudah siap disajikan

Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Kesuburan Wanita

kandungan folat yang terdpat pada jagung manis dapat membantu masalah beberapa wanita yang mengalami masalah pada kesuburan. folat mamapu membantu meningkatkan kesuburan wanita yang merancana kehamilan. Dikonsumsi dengan cara direbus akan membantu menjaga kandungan folat dalam jagung manis tetap terjaga.

2. Mejaga Kesehatan Bayi Sejak Dalam Kandungan

kandungan folat pada jagung manis juga dapat membantu menjaga kesehatan bayi sejak dlam kandungan. Nutrisi dalan jagung manis juga dapat memantau mencegah terjadinya cacat pada bayi. Nutrisi pada jagung manis juga dapat mencegah terjadinya hidrosfalus pada bayi.

3. Mejaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil memerlukan banyak nutrisi tidak hanya untuk dirinya sendiri, akan tetapi untuk menjaga kesehatan janin yang ada dalam kandunganya. Kesehatan ibu hamil harus selau dijaga, dan harus diberikan asupan mineral yang cukup agar kesehatan tulang dan juga kesehatan ginjal pada ibu hamil tetap terjaga.

4. Menjaga Kesehtan Pencernaan

Jagung manis memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat pada jagung manis yang tinggi dapat membantu mencegah terjadinya wasir dan juga sambelit. Dengan mengonsumsi jagung manis, kesehatan pencernaan dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari  terjadinya penyakit wasir dan sambelit.

5. Mencegah Demensia

Berbagai vitamin terkandung didalam jagung manis. Dari vitamin A sampai vitamin K, semuanya ada pada jagung manis. Termasuk vitamin B yang terkandung didalan jagug manis. Vitamin B didalam jagung manis bisa membantu mencegah terjadinya demensia

jagung enak Diolah Jadi Bubur Gurih atau Manis

Bubur tak hanya dibuat dengan nasi. Jagung juga cocok diolah jadi bubur gurih atupun manis.

Jagung manis dikenal dengan bahan pangan tinggi serat dan vitamin. Sesuai olahan Perkedel, sup hinga puding. Lebih, itu jagung juga enak diracik menjadi bubur. Bisa bubur bercita rasa gurih atau manis.  Jagung manis bisa menjadi sumber karbohidrat penganti nasi. Rasanya yang manis tepat dijadikan sebagai bubur.

Untuk membuat bubur jagung gurih, campurkan saja dengan biji jangung segar susu dan bawang putih, kemudian belender hingga halus dan masak dalam panci. Bubur jagung bisa diberi aneka tembahan tuping, seperti daging, atau sayuran. Tentu selain rasanya yang lezat bubur ini juga kaya serat. Tepat disantap saat saat tidak enak badan, terutama bagi sikecil.

Diitali juga dikenal bubur jagung gurih mirip mashed potato yang disebut polenta. Terbuat dari tepung jagung yang dimasak bersama air hangat kental. Dapat disantap dengan ikan, daging asam, ayam pangang, sayuran, kacang-kacangan, gracy, keju dan saus tomato.

Semantara pada bubur bercita rasa manis, jagung harus dapat dimasak dengan santan, daun pandan, dan gula. Lalu dikentalkan dengan tepung sagu. Saat matang, bisa diberi variasi keju parut atau rebusan mutiara sagu. Selain itu, jagung bisa di kreasikan jadi tambahan bubur sumsum.

Tingggal tambahkan saja biji jagung manis pada adunan bubur sumsum saat sedang dimasak. Jadilah bubur sumsum jagung manis, pengunaan jagung bisa memberi tekstur renyah pada bubur sumsum. Ada banyak olahan bubur berbahan jagung.

Sekian dari kami bila anda berkenan anda juga bisa mambaca artikel kami yaitu resep ikan kakap putih. Sekian dan terima kasih