Pada ulasan kali ini, saya akan menjelaskan tentang resep bubur kacang hijau tanpa santan dan cara pembuatannya. Siapa yang tidak kenal dengan bubur kacang hijau? Makanan yang satu ini sering kita jumpai di pinggir-pinggir jalan.

Bubur kacang hijau yaitu makanan khas Nusantara yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan air dan gula aren bersama seikat daun pandan. Bahan-bahan tersebut dimasak hingga mendidih sampai kacang hijau menjadi lunak.

Lalu disajikan dengan tambahan santan. Dalam versi yang lain, beberapa orang menambahkan tepung tapioka atau tepung kanji ke dalam bubur. Makanan yang satu ini bisa dimakan ketika masih hangat maupun dingin dengan cara memasukkan es batu ke dalamnya.

bubur kacang hijau adalah bubur  yang berasal dari daerah Madura dengan kacang hijau sebagai bahan utamanya, di campur dengan santan dan gula merah serta biasanya menggunakan daun pandan sebagai penambah aroma dari bubur kacang hijau itu sendiri.

Kacang hijau merupakan palawija yang sangat terkenal di daerah tropis. Biji dari kacang hijau merupakan bagian yang sangat bernilai ekonomi.

Dimana biasanya orang menjadikan biji kacang hijau sebagai bubur yang di sebut dengan bubur kacang hijau, selain itu biji kacang hijau juga biasa digunakan sebagai isi dari jajanan bakpia atau onde onde.

Sedangkan untuk kecambah kacang hijau bisa di jadikan sayur yaitu tauge, tidak cuma itu, kacang hijau juga bisa di olah menjadi tepung untuk kemudian di buat mie atau yang biasa di kenal dengan nama mie soun.

Resep Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan

Bahan-bahan

  • Kacang hijau 250 g
  • Tepung Maizena 1 sdm
  • Daun pandan 2 lembar
  • Jahe 1 cm, memarkan
  • Gula pasir 2 sdm
  • Garam sdt
  • Susu kental manis vanila 5 sdm
  • Air 1 L

Langkah-Langkah Resep Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan:

  1. Rendam kacang hijau selama 2 jam.
  2. Rebus kacang hijau dengan 1 L air. Masukkan jahe yang telah dimemarkan, daun pandan, gula pasir, serta garam. Aduk hingga rata.
  3. Larutkan tepung maizena dengan 2 sdm air lalu masukkan ke dalam rebusan kacang hijau.
  4. Masukkan susu kental manis ke dalam rebusan kacang hijau lalu aduk hingga rata. Aduk sampai mendidih.
  5. Bubur kacang hijau tanpa santan siap disajikan ketika masih hangat.

Filosofi Bubur Kacang Hijau

Ibaratnya, Santan itu lautan globalisasi, Kacang hijau itu kita, sementara Ketannya adalah barisan orang-orang yang mendukung kita. Meski Lautan Globalisasi membanjiri kita, citra rasa kita/pendirian kita harus tetap kita pegang teguh, dan orang-orang yang mendukung kita (ketan) selalu menolong kita.

Oleh karena itu, untuk menciptakan bubur kacang hijau yang lezat, walau santannya agak sedikit banyak daripada kacang hijau, citra rasa dari kacang hijau harus sangat kuat.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah

Manfaat kacang hijau yang bisa didapatkan yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, karena kacang hijau mengandung serat yang tinggi, kacang hijau juga bermanfaat untuk menjaga fungsi usus, memperlancar proses pencernaan, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kilo kalori serta 1,15 gram lemak. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, konsumsi kacang hijau secara teratur bisa membantu penderita kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Kandungan magnesium pada kacang hijau dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit osteoporosis, pascamenopause pada wanita dan dapat meningkatkan kepadatan tulang serta pembentukan sel-sel tulang.

Perlu diketahui,  dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 189 miligram magnesium. Jumlah ini cukup untuk mencegah tubuh kekurangan magnesium. Ketika Anda mengonsumsi magnesium dalam jumlah cukup, maka risiko osteoporosis akan berkurang.

3. Baik untuk penderita diabetes

Selain menurunkan risiko penyakit osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang, manfaat bubur kacang hijau selanjutnya yaitu baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Semua ini berkat kandungan magnesium pada kacang hijau. Tidak hanya itu, khasiat kacang hijau lainnya yaitu bagus untuk kesehatan jantung serta menurunkan gejala sindrom pramenstruasi.

Karena dalam kacang hijau mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah, kacang hijau adalah makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena itu manfaat kacang hijau juga sekaligus dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kacang hijau juga memiliki kandungan protein sebesar 3,16 gram per cangkir. Kandungan proteinnya yang cukup tinggi ini membuat kacang hijau menjadi salah satu makanan alternatif untuk Anda yang tidak suka mengonsumsi daging.

Selain itu, kandungan lemak serta kolesterol jahat pada kacang hijau jauh lebih rendah daripada daging.

Protein sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan menunjang keberadaan setiap sel tubuh, kekurangan protein dapat menyebabkan kerontokan rambut, penyakit kwashiorkor bahkan busung lapar.

5. Membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut

Kandungan protein dan zat seng dalam kacang hijau bisa membantu menjaga kesehatan kuku dan rambut.

Selain itu, manfaat kacang hijau juga bisa membantu memudakan kulit berkat kandungan phytoestrogen yang membantu memproduksi kolagen dan menjaga kulit tetap elastis, lembut, serta mencegah penuaan dini.

Nah begitulah ulasan tentang resep bubur kacang hijau tanpa santan yang bisa dibuat dirumah. Selamat mencoba resep-resep dari saya, semoga bermanfaat dan tunggu ulasan-ulasan berikutnya.