Artikel kali ini akan membahas resep ikan bawal bakar madu yang akan menjadi hidangan istimewa namun dapat dengan mudah dibuat. Resep ini sama mudahnya dengan membuat resep gurame bakar manis pada menu makan siang di rumah. Resep ikan bawal bakar madu memiliki banyak peminatnya dikarenakan rasanya maupun bentuk visualnya. Yuk kita simak resep ikan bawal bakar madu berikut ini.

 

Resep Ikan Bawal Bakar Madu

Bahan Utama

  • Ikan bawal ukuran besar 1 ekor
  • Kecap manis 2 sdm
  • Garam 1 sdt
  • Madu 2 sdm
  • Kaldu bubuk1 sdt
  • Bawang merah 1 siung
  • Jahe 1 ruas
  • Ketumbar sangria 1 sdt
  • Bawang putih 1 siung
  • Mentega 1 sdm
  • Jeruk nipis 1 buah

Cara Membuat Ikan Bawal Bakar Madu

  1. Langkah pertama yaitu melumuri ikan bawal dengan menggunakan air dari perasan jeruk nipis. Lalu diamkan beberapa saat agar ikan bawal tidak lagi bau tanah dan bau amis.
  2. Selanjutnya yaitu menghaluskan ketumbar, bawang merah dan juga bawang putih.
  3. Kemudian geprek jahe yang telah disiapkan.
  4. Lalu menyiapkan wadah yang akan digunakan untuk menyampur bahan-bahan lainnya.
  5. Langkah selanjutnya yaitu menyampurkan bumbu halus yang sebelumnya telah dibuat, jahe yang telah digeprek, kecap manis, garam, kaldu bubuk serta madu. Lalu aduk rata bahan tersebut.
  6. Kemudian ikan disayat-sayat pada bagian perut ikan bawal.
  7. Setelah itu maka olesi ikan dengan menggunakan bumbu kecap yang telah dibuat sebelumnya. Biarkan bumbu meresap sembari menunggu alat untuk membakar siap. Ikan bakar ini dapat dibakar dengan teflon atau dengan menggunakan alat bakaran apapun seperti alat pemanggang listrik.
  8. Kemudian menyiapkan alat bakaran dengan mengolesi teflon atau alat bakaran dengan menggunakan mentega.
  9. Langkah selanjutnya, bakar ikan bawal hingga ikan menjadi setengah matang. Lalu ikan diolesi lagi dengan menggunakan bumbu.
  10. Setelah warna dari ikan bawal telah berubah menjadi hitam keemasan serta tercium adanya aroma harum karamel, maka berarti ikan bawal bakar madu yang dibakar telah matang.

Ikan Bawal

Bawal merupakan salah satu dari sekian banyak jenis ikan air tawar. Ikan bawal sering membuat kita teringat dengan bentuk dari ikan piranha yang berasal dari sungai Amazon. Ikan piranha dan juga ikan bawal ternyata sama-sama berasal dari sungai Amazon, Amerika Selatan. Selain di sungai Amazon, ikan bawal juga bisa dicari serta ditemukan di anak sungai Amazon, lembah dari sungai Orinoco serta juga terdapat di aliran sungai Rio de La Plata.

Pada tahun 1986 ikan ini dibawa masuk ke Indonesia, ikan bawal ini dibawa oleh sebuah perusahaan swasta yang berdiri pada bidang usaha budidaya ikan untuk dikonsumsi. Pada awalnya ikan bawal merupakan salah satu dari ikan hias yang biasanya ditempatkan pada aquarium maupun pada kolam hias. Namun tren telah berubah menjadikan ikan bawal sebagai ikan hias tidak lagi berkembang pesat. Hal ini menjadikan ikan bawal sebagai ikan konsumsi. Sehingga pada saat ini ikan bawal lebih banyak dipelihara sebagai ikan konsumsi.

Untuk mecari Ikan bawal, ikan ini dapat dengan mudah ditemukan dikarenakan terdapat banyaknya orang yang telah membudidaya ikan bawal. Selain mudah ditemukan pakan ikan bawal juga mudah dikarenakan ia dapat memakan daging dan juga dapat memakan sayuran atau dedaunan.

Selain itu, ikan bawal memiliki beberapa manfaat yang jarang orang ketahui. Berikut merupakan beberapa manfaat dari ikan bawal.

Manfaat Dari Ikan Bawal

  • Baik Untuk Sistem Peredaran Darah

Ikan bawal bagus bagi peredaran darah khususnya untuk mencegah resiko adanya penyakit pada sistem kardiovaskular, memperkuat dalam memproduksi hemoglobin, mencegah terjadinya hpertensi, menurunkan resiko dalam terjadinya penyakit gagal jantung, menurunkan adanya koleterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik serta dapat mengatasi dan juga meminimalkan resiko adanya anemia pada tubuh. Manfaat tersebut didapatkan karena ikan bawal mengandung besi, niasin, air serta fosfor yang tinggi dan baik untuk tubuh.

  • Ikan Bawal Baik untuk Sistem Integument atau Pada Kulit, Rambut, Kuku dan Lainnya

Hal ini dikarenakan ikan bawal mengandung retinol, niasin, air serta protein yang tinggi. Kandungan tersebut dapat menguatkan kesehatan pada kulit, kulit menjadi cerah, meminimalkan adanya kutil, mengurangi terjadinya penuaan dini,  mengurangi timbulnya jerawat serta mengendalikan adanya gejala psoriasis.

  • Baik untuk Sistem Produksi Serta untuk Bayi

Terdapat kandungan protein, besi, niasin dan juga fosfor yang tinggi pada ikan bawal. Oleh karena itu sangat baik bagi kesehatan ibu hamil, tumbuh kembang janin dan lainnya.

  • Ikan Bawal Bagus Bagi Sistem Saraf dan Juga Otak

Dikarenakan ikan bawal mengandung air, forfor serta niasin yang tinggi yang baik dalam menunjang fungsi dari otak serta penopang kesehatan pada saraf.

  • Ikan Bawal Bagus Bagi Mulut dan Gigi

Manfaatnya yaitu untuk menyehatkan rongga pada mulut, menguatkan gigi, serta membantu dalam kesehatan gigi. Hal ini dikarenakan kandungan protein, fosfor serta air pada ikan bawal.

 

 

 

Yap itulah resep ikan bawal bakar madu serta manfaat dari ikan bawal yang tentunya akan membuat Anda tertarik untuk membuatnya. Selain bahan yang digunakan mudah dicari, resep ikan bawal bakar madu memiliki cita rasa yang cocok bagi seluruh usia dan tidak kalah unik dari resep ikan bawal bakar lainnya. Oleh karena itu ikan bawal bakar madu bisa dijadikan salah satu bisnis kuliner seperti bisnis sosis bakar. Semoga artikel ini dapat memiliki manfaat bagi Anda dan juga selamat mencoba!