Baik pada kesempatan yang ini saya akan memberikan artikel tentang Resep Kentang Panggang Menggunakan Aluminium Foil. Jenis cemilan kentang panggang ini sangatlah digemari oleh banyak kalangan, baik anak – anak, dewasa, maupun orang tua sekaligus.

Kentang panggang yaitu salah satu makanan yang mudah dibuat dan murah. Jenis kentang ini merupakan sumber vitamin C, serat, kalium, dan mangan yang baik. Oleh sebab itu kentang ini sangatlah serbaguna, ada banyak cara untuk memasaknya. Di bawah ini adalah beberapa cara mudah untuk membuat kentang panggang (tidak semua cara dilakukan dengan “pemanggangan” tradisional). Pakailah cara yang terlihat paling menarik bagi Anda, atau bereksperimenlah sedikit!

Resep Kentang Panggang Aluminium Foil

resep kentang panggang aluminium

Bahan – Bahan yang Diperlukan :

  • 170 – 230 gram Kentang cokelat muda atau merah,
  • Krim asam atau sour cream (opsional)
  • Daun kucai (optional)
  • Minyak zaitun (opsional)
  • Butter (optional)
  • Keju (opsional)

Langkah – Langkah Pembuatan :

  1. Langkah yang pertama adalah bumbui kentang dengan minyak zaitun, garam dan merica (opsional). Jika Anda tidak akan mengolah kembali kentang yang sudah dipanggang, membumbui dengan minyak zaitun, garam, dan merica adalah ide yang bagus.
  2. Bungkus kentang dalam aluminium foil. Aluminium foil adalah konduktor panas yang baik, sehingga kemungkinan kentang yang dibungkus dengan plastik ini akan membutuhkan waktu memasak yang lebih singkat. Tetapi apabila Anda suka kentang panggang dengan kulit yang renyah, ingat: membungkus dengan aluminium foil akan menghasilkan kentang dengan kulit yang empuk, tetapi tidak renyah .
  3. Selanjutnya panggang kentang pada 220 C untuk selama 45 sampai 60 menit, atau 205 C selama 60 sampai 70 menit. Kentang panggang yang dimasak lambat seringkali memiliki bagian tengah yang bertekstur lebih creamy atau lembut seperti krim.
  4. Kemudian periksa kematangan kentang sebelum waktu yang Anda perkirakan itu sudah matang. Hal itu yang menyebabkan  aluminium foil mempercepat proses pemasakan kentang, sehingga ada baiknya Anda memeriksa lebih awal untuk menghindari kentang kelewat masak.
  5. Beri hiasan seperlunya, dan kentang panggang pun siap untuk disajikan.

Resep Kentang Panggang Saus Putih

resep kentang panggang aluminium

Bahan -Bahan yang Dibutuhkan :

  • 3 buah kentang berukuran sedang,
  • pilih yang masih bagus dan segar 200 gram jamur champignon,
  • potong bentuk dadu ½ buah bawang bombay ukuran kecil,
  • rajang kasar 1 butir bawang putih, memarkan,
  • rajang kasar 100 gram keju cheddar,
  • kemudian parut kasar ½ sendok makan
  • kaldu ayam bubuk 4 sendok makan
  • tepung terigu 5 sendok makan
  • mentega 1 sendok makan
  • oregano 400 ml susu cair putih
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara Serta Langkah Pembuatan :

  1. Bersihkan kentang yang hendak anda gunakan, tidak perlu membuang kulitnya, namun bagi anda yang ingin membuangnya tidak apa-apa.
  2. Potong kentang anda tersebut hingga membentuk kipas.
  3. Usahakan jangan samapai terpotong bagian bawahnya, oleh keran itu gunakanlah tusuk gigi atau tusuk satai sebagai penanda.
  4. Selanjutnya siapkan wadah alumunium foil yang tahan panas untuk oven, kemudian anda tata kenatng yang sudah anda potong tersebut di dalamnya.
  5. Kemudian panggang dalam oven dengan menggunakan suhu 180 derajat celsius selama kurang lebih 45 menit.
  6. Sambil menunggu proses pemanggangan dalam oven anda bisa menumis beberapa bahan tumisan seperti bawang putih dan bombay sampai harum dan tambhakna juga jamur ke dalam wajan
  7. Lalu tumis sampai harum dan matang, kemudian anda angkat dan sisihkan.
  8. Setelah itu, panaskan kembali metega di dalam wajan masak anda, stelah melelh lanjutkan dengan memasukan tepung terigu ke dalamnya.
  9. Aduk bahan tersebut sampai tercampur dengan merata.
  10. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sampai tidak bergumpal, kemudian masukan keju sampai larut.
  11. Tambahkan bahan perasa makanan berupa garam gula dan merica serta kaldu sesuai dengan selera.
  12. Aduk sampai mengental. Masukan kembali tumisan bawang dan jamur ke dalam masakan anda tersebut. Lanjutkan mengaduk sampai benar-benar merata.
  13. Setelah selesai angkat dan matikan api. Apabila setelah 45 menit berlalu angkat kentang anda dari dalam oven kemudian anda taburkan keju parut dan siramkan saus putih.
  14. Kemudian panggang lagi dalam oven selama kurang lebih 10 menit dalam oven.
  15. Angkat dan ajikan di atas piring saji.

Demikian sajian Resep Kentang Panggang Menggunakan Aluminium Foil yang bisa anda coba olah di rumah masing-masing. Resep ini dapat menjdai menu spesial yang mengeyangkan sekaligus menggugah selera makan. Dan jangan lupa juga membaca artikel lain tentang  Resep kentang panggangSelamat mencoba!