Setelah artikel cara membuat lupis, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai resep lupis ketan legit yang bisa menggugah selera.

Siapa yang tidak mengenal lupis ? Ya makanan tradisional yang sampai sekarang masih banyak digemari oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan. Makanan ini berasal dari beras ketan putih maupun beras ketan hitam. Bentuk dari lupis bisa bermacam – macam namun yang paling banyak dijumpai berbentuk bulat seperti lontong dan berbentuk segitiga.

Lupis disajikan dengan taburan parutan kelapa dan saus gula merah diatasnya, tambahan bahan tersebut menjadikan makanan ini mempunyai rasa manis dan lembut yang sangat bisa menggugah selera. Adapula yang menjajakan makanan ini dengan kue cethil. Sudah pernah mencoba makanan ini ? Jika anda belum pernah mencoba makanan ini, anda tidak perlu khawatir lagi lagi karena makanan ini dapat dibuat di rumah sendiri.

Untuk membuat makanan ini di rumah anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar. Karena bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini tidak terlalu mahal dan yang pasti mudah untuk dicari. Jadi tunggu apa lagi yuk coba membuat lupis ketan legit di rumah. Berikut resep lupis ketan legit :

Resep Lupis Ketan Legit

resep lupis ketan legit

Bahan – Bahan :

  • 500 gram beras ketan putih atau hitam
  • 1 liter air
  • 1 sdm kapur sirih
  • Daun pisang secukupnya
  • Kelapa parut secukupnya

Bahan Saus :

  • 300 gram gula merah
  • 2 lembar daun pandan
  • Air secukupnya

Langkah – Langkah :

  1. Campurkan beras ketan, kapur sirih dan air, campur sampai semua tercampur dengan rata. Diamkan selama kurang lebih 2 jam lalu tiriskan.
  2. Bungkus beras ketan tadi menggunakan daun pisang yang sudah disiapkan, bungkus menjadi bentuk segitiga.
  3. Kukus beras ketan yang sudah dibungkus selama kurang lebih 30 menit dengan menggunakan api sedang hingga matang.
  4.  Sambil menunggu lupisnya matang. Buat sausnya dengan cara rebus gula merah dengan menggunakan air sampai mencair.
  5. Angkat lupis kemudian buka bungkusannya, taruh lupis diatas piring saji lalu taburi dengan parutan kelapa dan saus gula merahnya.
  6. Lupis ketan legit siap untuk dihidangkan.

Bagaimana ? Mudah bukan untuk membuat lupis ketan legit di rumah sendiri dan bahan – bahannya sangat mudah untuk dijumpai di pasar ataupun warung sekitar rumahmu. Jangan lupa untuk menghidangkan lupis ini bagi keluarga anda di rumah.

Mengenal Kapur Sirih

Makanan ini banyak mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, manfaat itu bisa dihasilkan dari beras ketan maupun bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini. Kapur sirih yang menjadi salah satu bahan untuk membuat makanan ini juga mengandung beberapa manfaat.

Manfaat yang terkandung dalam kapur sirih antara lain bisa digunakan untuk merawat gigi, membantu meluruskan rambut yang kriting, dan yang terahir sebagai campuran untuk olahan makanan seperti acar, tepung jagung, jus buah dan gula. Selain mengandung manfaat yang baik akpur sirih juga memiliki kandungan negatif jika anda menggunakannya dengan tidak berhati – hati.

Kandungan negatifnya yaitu bisa menyebabkan keracunan, dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan mata, bisa mengganggu dalam pernafasan, dan yang terakhir bisa menyebabkan botulisme atau gejala kelumpuhan. Nah jadi untuk anda yang hendak mengkonsumsi kapur sirih harus tetap berhati – hati dalam menggunakannya.

Selamat mencoba membuat lupis ketan legit di rumah dan jangan lupa untuk mencoba membuat resep soto ayam kuning bening pada artikel saya sebelumnya. Jangan lupa hidangkan kedua makanan ini untuk keluarga anda di rumah dan juga bisa anda hidangkan saat berkumpul bersama sanak saudara yang berkunjung ke rumah. Terimakasih.