Setelah artikel resep kue sagon, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai resep sagon bakar tepung sagu yang enak dan renyah.

Sagon adalah salah satu makanan tradisional yang terbuat dari parutan kelapa lalu dicampur dengan tepung sagu maupun tepung ketan. Makanan ini mungkin saat ini jarang untuk dijumpai karena kebanyakan penjual yang menjajakan makanan tradisional yang banyak diburu oleh wisatawan.

Untuk anda yang belum pernah mencoba kue sagon ini dan mungkin anda penasaran. Anda bisa membuat kue sagon ini di rumah karena bahan yang diperlukan untuk membuat makanan ini cukup mudah untuk ditemukan di pasar maupun warung sekitar rumah anda.

Resep Sagon Bakar Tepung Sagu

resep sagon bakar tepung sagu

Bahan – Bahan :

  • 250 gram tepung sagu
  • 200 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan
  • 250 gram kelapa parut

Langkah – Langkah :

  1. Siapkan semua bahan terlebih dahulu dan jangan sampai ada yang terlupa.
  2. Sangrai kelapa yang sudah diparut bersama dengan daun pandan, sangrai sampai aromanya wangi. Angkat lalu biarkan mendingin. Sisihkan terlebih dahulu.
  3. Campurkan kelapa yang telah disangrai tadi dengan tepung sagu dan gula pasir, aduk sampai semua tercamput dengan rata.
  4. Masukkan adonan kedalam loyang sambil adonan dipadatkan.
  5. Panggang adonan dengan menggunakan suhu sebesar 150 C selama kurang lebih 30 menit.
  6. Keluarkan loyang adonan dari oven lalu biarkan hingga dingin.
  7. Setelah dingin keluarkan sagon dari loyang lalu masukkan ke dalam toples.
  8. Kue sagon bakar tepung sagu siap untuk dihidangkan.

Bagaimana ? Mudah bukan untuk membuat sagon bakar ketan ini di rumah sendiri tanpa harus pergi keluar rumah untuk mencarinya.. Bahan yang diperlukan untuk membuat makanan ini pun cukup mudah untuk ditemui di warung – warung.

Manfaat Kue Sagon

Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini merupakan bahan – bahan yang banyak mengandung manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dapat dilihat dari daging kelapa, tepung sagu dan daun pandan yang digunakan untuk membuat makanan ini. Bahan – bahan tersebut memiliki manfaat yang berbeda- beda dan tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Mari kita bahas satu persatu. Yang pertama yaitu parutan kelapa, ampasnya bisa dijadikan sebagai masker kecantikan bagi para wanita karena ampas ini bisa membantu menghaluskan kulit wajah, mencerahkan warna kulit wajah, mampu membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah, dan yang terakhir bisa melembabkan rambut yang kering. Nah bermanfaat sekali bukan jika ampas kelapa parut ini dijadikan sebagai masker wajah.

Yang kedua yaitu tepung sagu. Tepung ini cukup banyak mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaatnya antara lain menjadi sumber energi, membantu mencegah darah tinggi, memperlancar sistem pencernaan, membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, dan yang terakhir menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

Yang ketiga daun pandan, Tumbuhan ini mempunyai manfaat antara lain mengatasi penyakit rematik, mampu meningkatkan nafsu makan, mampu mengurangi kram, mengembalikan energi bagi wanita yang baru melahirkan, dan yang terakhir bisa memngatasi kulit terbakar.

Nah dapat disimpulkan dari penjelesan diatas bahwa kue sagon sangat mengandung manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Jadi tidak hanya mendapatkan rasa yang manis dan renyah dari makanan ini anda juga mendapatkan begitu banyak manfaat yang terkandung pada makanan ini yang dihasilkan dari bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini.

Selamat mencoba membuat sagon bakar tepung sagu di rumah dan jangan lupa untuk mencoba resep lupis ketan legit pada artikel sebelumnya. Terimakasih.