Cara memasak pindang tongkol yang enak dengan Resep Pindang Tongkol Bumbu Merah Tanpa Santan agar bisa menambah variasi menu masakan sehari-hari sehingga selera makan meningkat. Tak hanya bumbu balado atau bumbu merah, kombinasi bumbu kemiri akan membuat resep pindang ikan tongkol yang mudah dan praktis ini menjadi lebih nikmat

Ikan Pindang tongkol sudah menjadi salah satu pilihan menu lauk pauk bagi banyak keluarga di Indonesia, layaknya ikan segar pindang tongkol juga sering dikreasikan menjadi berbagai olahan masakan nusantara yang favorit sebagai menu masakan rumahan sehari-hari, ada juga menu yaitu Resep Pindang Tongkol Terbaik dan Terenak.

Resep Pindang Tongkol Bumbu Merah Tanpa Santan

pindang sarden

Bahan – bahan yang diperlukan untuk memasak ikan tongkol bumbu merah tanpa santan yang sedap :

  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun salam
  • 10 mata pete, kupas
  • 1/2 sendok teh garam 50 ml air
  • Minyak untuk menumis
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 tangkai serai, memarkan
  • 1 ekor ikan tongkol segar
  • air jeruk nipis secukupnya
  • 200 gram jagung manis pipilan

Bumbu Halus :

  • 6 buah bawang merah
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 4 buah tomat
  • 5 buah cabai merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit

Cara Membersihkan Ikan Tongkol :

  1. Pertama tama yang akan dilakukan dahulu adalah dengan memberishkan ikan pindang tongkol yang sudah anda beli sebelum kita bumbui dan masak menjadi hidangan yang lezat. Lalu untuk membersihkan ikan yang pertama, saya awali dengan mencoba membersihkan bagian insang dikepala ikan. Untuk membersihkan pada bagian ini anda dapat melakukannya dengan membuka sedikit bagian insang ikan dan kelaurkan semua lapisan insang dan pastikan jika semua bagian ini dibersihkan secara merata.
  2. Setelah selesai membersihkan insang ikan tadi, silahkan lanjutkan dengan membersihkan bagian perut ikan. untuk itu melakukannya anda bisa membelah pada bagian perut ikan dengan menggunakan pisau dan keluarkan jeroan ikan dengan menggunakan tangan secara merata. Pastikan semua bagian yang ada didalam perut ikan sudah dibersihkan secara merata dan cuci bersih dengan menggunakan air bersih.
  3. Jika bagian ikan sudah dibersihkan secara merata. Sekarang silahkan di potong – potong ikan pindang tongkol dengan menggunakan pisau menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera.
  4. Selanjutnya, kita lumuri ikan yang telah dipotong-potong dengan menggunakan beberapa air perasan jeruk nipis dan garam secara merata dan diamkan sementara agar bumbu ini bisa meresap kedalam ikan secara merata selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Pindang Tongkol Bumbu Merah Tanpa Santan :

  1. Selagi menunggu ikan didiamkan dengan bumbu perasan diatas, sekarang kita siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya(sebaiknya jangan menggunakan minyak yang dibuat dari Alat Destilasi Minyak Atsiri akan hambar nanti rasanya), lalu tunggu hingga minyak panas.
  2. Setelah minyak sudah panas, silahkan tumis bumbu halus tadi hingga tercium bau harum yang sedap. Masukkan juga bumbu ini bersama dengan daun serai, daun salam, jagung manis, petai dan masak hingga layu secara merata.
  3. Setelah bahan – bahan diatas menjadi lebih layu, selanjutnya tuangkan air bersama dengan gula pasir, garam dan aduk-aduk merata sampai semua bumbu ini tercampur merata dan kuah ini mendidih.
  4. Setelah kuah tumisan sudah mendidih, masukkan ikan pindang tongkol yang sudah dipotong-potong kedalamnya dan aduk-aduk sampa bumbu meresap secara merata.
  5. Masaklah bumbu itu hingga menyusut airnya sedikit saja dan meresap kedalam ikan secara merata.
  6. Setelah ikan matang, silahkan angkat ikan dari kompor dan sajikan dalam piring saji.
  7. Lalu anda bisa menyantapnya dengan sepiring nasi yang hangat.

Demikian Resep Pindang Tongkol Bumbu Merah Tanpa Santan ala resepimasakan.net, dan jikalau kalian belum tau resep resep lainnya, kita ada loh Dijamin Enak, Resep Ayam Bakar Rumahan Ini Bisa Kamu Coba Sendiri Dirumah. Terimakasih sudah datang ke artikel ini 🙂