Pada ulasan saya kali ini, saya akan membahas bagaimana resep sambal kacang siomay yang enak.

Sambal kacang atau juga biasa di sebut dengan Bumbu kacang, saus kacang, kuah kacang (jika encer), atau bumbu pecel adalah semacam saus berbumbu berbahan kacang tanah goreng yang digiling dan dihaluskan.

Bumbu ini banyak sekali digunakan dalam seni memasak masakan Indonesia, masakan Malaysia, masakan Thailand, masakan Vietnam, masakan Tionghoa, juga beberapa negara Afrika.

Juga dikenal secara terbatas di Eropa, terutama pada masakan-masakan Belanda dan Timur Tengah.

Resep Sambal Kacang Siomay

 

Sambal kacang, pasti sambal yang satu ini sudah sangat familiar dengan sambal nan gurih yang satu ini.

Karena resep sambal kacang ini memang sudah umum dan banyak dibuat untuk pelengkap tambahan makanan seperti sate, siomay, batagor dan aneka makanan yang lainnya.

Bagi Anda yang belum tau cara membuatnya Anda harus membaca resep cara membuat sambal kacang yang lezat dibawah ini. Selamat mencoba.

Bahan Untuk Resep Sambal Kacang Siomay :

  • 3 butir kemiri
  • 50 g kacang tanah
  • 4 buah cabai merah
  • 6 buah cabai rawit
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt cuka
  • 1 sdt gula pasir
  • 50 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Kacang Siomay :

  1. Panaskan minyak, goreng kemiri dan juga kacang tanah secara bergantian. Angkat dan sisihkan. Campur keduanya, haluskan.
  2. Haluskan cabai merah dan juga cabai rawit, campur dengan kemiri dan kcanag tanah halus. Tambahkan juga garam, cuka, gula, dan air, aduk rata dan masak hingga bumbu menyatu.
  3. Resep sambal kacang siomay siap di hidangkan

Banyak sekali makanan yang menggunakan cara membuat sambal kacang, Berikut adalah beberapa makanan yang mengunakan sambal kacang.

Kacang tanah adalah bahan pokok dari sambel kacang itu sendiri. Ada banyak sekali manfaat dan kandungan gizi dari kacang tanah. Berikut adalah beberapa manfaat dari kacang tanah.

Menyimpan Kacang Tanah Agar Lebih Awet

1. Teliti Saat Membeli

Ini sangat penting dilakukan, teliti dan pilah kacang sebelum kita membungkusnya dan kita membawa pulang.

Lebih bagus jika kita membeli kacang yang belum dibungkus dan belum ditimbang, kita bisa memilih sebaik mungkin kacang yang akan kita beli.

Pilah kacang dengan baik,dan jangan sampai ada kacang yang busuk ikut terbawa juga, karena biasa menular ke kacang-kacang lainnya.

Pisahkan kacang yang sudah terlampau kering atau layu karena ini tidak akan berguna, dan ujung-ujungnya akan kita buang.

2. Catat Tanggal Pembelian

Jika kita membeli kacang tanah dalam bentuk kemasan yang sudah dibungkus rapi dan tercatat tanggal kedaluwarsanya mungkin tidak jadi masalah.

Tapi jika membeli yang belum dikemas, ada baiknya sesampainya di rumah kita catat tanggal pembelian dikertas dahulu lalu tempel pada wadah yang akan kita gunakan sebagai tempat penyimpanan.

Kacang tanah biasanya dapat bertahan sampai tiga bulan, jika kacang yang dibeli kondisinya sangat baik.

Tapi sebelumnya, jika anda akan membeli dalam bentuk yang sudah dibungkus plastik kiloan di pasar, sampai di rumah coba disortir dulu untuk memisahkan kacang yang baik dan buruk.

Bisa mengikuti cara ibu-ibu jaman dulu dengan menaruhnya ditampah lalu pisahkan kacang yang busuk, kering, atau pun batu dan benda asing yang mungkin ikut terbawa didalamnya.

Kalau tidak punya tampah bisa juga pakai tempat lain seperti nampan atau wadah datar yang lainnya. Setelah itu baru disimpan ke dalam plastik atau wadah dan jangan lupa catat tanggal pembeliannya.

3. Simpan Ditempat Kedap Udara

Suhu ruangan merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan dalam menyimpan kacang tanah.

Jika ingin menyimpan kacang di dalam suhu ruangan, pastikan kacang tersimpan diwadah dalam keadaan yang tertutup ataupun kedap udara, karena hal ini dapat mencegah masuknya jamur.

Jika menyimpannya dalam plastik pastikan plastiknya diikat dengan sangat rapat. Usahakan jangan disimpan ditempat yang lembap, karena akan berpotensi menimbulkan masuknya jamur pada kacang.

4. Masukan ke Dalam Kulkas

Kulkas merupakan tempat penyimpanan makanan yang sangat baik, begitu pula juga dengan kacang. Penyimpanan kacang dikulkas bisa membuatnya lebih awet bertahan selama enam bulan.

Bisa juga diletakan difreezer, dengan menyimpannya diwadah yang tertutup atau plastik terlebih dahulu sebelum di masukan di freezer.

Suhu dingin dikulkas tidak sama dengan suhu lembap yang ada di ruangan jadi jangan khawatir kacang akan berjamur.

5. Keringkan Kacang Dengan Oven

Hal ini dapat dilakukan jika anda akan membeli kacang tanah yang masih ada kulitnya.Kupas kulit,lalu ambil dan sisihkan kacangnya, lalu keringkan dengan cara dioven.

Kacang akan jauh lebih kering dan dapat disimpan lebih lama jika dengan cara nomor tiga atau empat tadi.

Jadi gimana penjelasan diatas tadi udah tau kan manfaat kacang,dan cara penyimpanannya,nah sekarang saya akan jelaskan cara membuat sambal kacang yang mudah dan paktis dibawah ini.

Terimakasih telah membaca ulasan dari kami apabila anda ingin mengetahui lebih dalam bagaimana cara membuat sambal kacang. Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Dan jangan lupa baca bagaimana resep kue lumpur pandan.