Siapa yang tak suka dengan daging sapi? Bagi sebagian besar orang tentu sangat suka dengan daging sapi. Dan saya pun juga sangat suka. Apalagi, jika daging sapi ini diolah menjadi masakan yang kaya akan bumbu dan lezat. Daging sapi bisa diolah dengan Resep Steak Daging Sapi Lada Hitam, Rendang Sapi, Daging Sapi Goreng Krispiy Lada Hitam, dan lain sebagainya.

Resep Steak Daging Sapi Lada Hitam

Siapa yang tak suka dengan daging sapi? Bagi sebagian besar orang tentu sangat suka dengan daging sapi. Dan saya pun juga sangat suka lho Ladies. Apalagi, jika daging sapi ini diolah menjadi masakan yang kaya akan bumbu dan lezat. Biasanya, untuk membuat olahan daging sapi yang kaya akan bumbu cukup sulit dan membuat malas untuk memasak.

Resep Steak Daging Sapi lada hitam

Bahan-bahan/ Bumbu-bumbu:

  • 300 gram daging has dalam, iris tipis melawan serat
  • 1/2 buah bawang bombay, iris panjang
  • 1/2 buah paprika hijau, iris panjang 
  • 3 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1 sendok makan merica hitam tumbuk kasar
  • 2 sendok teh kecap manis
  • 2 sendok teh saus tiram
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 50 ml air
  • 1 batang daun bawang, potong miring
  • 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Resep Daging Sapi Lada Hitam:

  1. Lumuri daging has dengan campuran kecap manis dan saus tiram. Remas-remas dan diamkan 30 menit.
  2. Panaskan minyak goreng. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan paprika. Aduk sampai setengah layu.
  3. Masukkan daging. Aduk hingga berubah warna. Tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, merica hitam, dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Masukkan air. Aduk-aduk hingga matang.
  5. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.

Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

1. Kaya Protein dan Zat Besi

Protein hewani yang terkandung dalam daging sapi bermanfaat untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, hingga meningkatkan fungsi otak. Sedangkan zat besi berfungsi sebagai pengikat oksigen dalam tubuh, membantu proses metabolisme, dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

2. Dapat Mencegah Stroke dan Diabetes

Sel-sel syaraf dalam tubuh membutuhkan banyak oksigen. Dengan mengonsumsi daging sapi secara rutin dan pengolahan yang tepat, kadar insulin bisa tercukupi, sehingga kita terhindar dari risiko diabetes.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Gizi dan nutrisi dalam daging sapi sangat baik semua orang, terutama yang aktif berkegiatan. Sebab, bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Daging sapi mengandung banyak protein. Untuk itu, memakan daging sangat disarankan untuk orang-orang yang sedang diet, karena kalori bisa terbakar oleh protein yang mampu meningkatkan metabolisme dan menahan rasa lapar. Pilihlah daging sapi dengan lemak yang sedikit atau non-lemak, agar diet lebih maksimal.

5. Mempercepat Peyembuhan Luka

 Protein dalam daging sapi pun bisa mempercepat penyembuhan luka. Salah satu penyebab luka infeksi paling umum adalah terhambatnya penyaluran oksigen ke jaringan yang rusak. Kekurangan mineral dapat menunda pembentukan dan perbaikan jaringan. Mineral berperan penting dalam penyembuhan, karena berperan mendistribusikan oksigen lewat darah.

6. Membantu Fungsi Jantung

Dengan porsi yang tepat, daging sapi tanpa lemak sangat baik untuk kesehatan jantung. Memakan daging sapi dengan olahan yang tepat, seperti direbus atau dipanggang, dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan mineral dan nutrisi dalam daging sapi dapat membantu regenerasi kulit agar tidak kusam, menghilangkan noda hitam pada wajah, serta mencegah penuaan dini. Zat antikarsinogenik dalam daging sapi juga mampu mencegah pertumbuhan kanker, termasuk kanker kulit.