Pada artikel kali ini akan di beri tahu tentang bagaimana resep susu kedelai pandan enak dan sederhana. Susu kedelai merupakan minuman yang berwarna putih kekuningan dan terbuat dari kedelai yang digiling. Dikarena kan memang warnanya yang putih dan mirip dengan susu yang dihasilkan oleh hewan yaitu sapi, maka minuman ini bisa disebut dengan susu kedelai.

Walaupun dari namanya “susu kedelai”, tetapi kalau menurut para ahli, susu kedelai tidak dapat untuk dikategorikan sebagai susu, karena susu hanya diproduksi oleh kelenjar susu yang ada pada sapi atau mamalia lainnya. Sedangkan itu susu kedelai adalah berasal dari tumbuhan. Susu kedelai ternyata memang tidak berasal dari Indonesia, melainkan adalah dari Tiongkok. Penemuan susu kedelai ini terjadi sekitar pada tahun 1900 tahun yang lalu. Ternyata orang yang pertama kali membuat susu kedelai ini adalah Raja Huainan yang bernama Liu An yaitu dari dinasti Han.

Resep Susu Kedelai Pandan

resep susu kedelai pandan

Bahan-bahan:

  • 1/4 kg kedelai
  • 7 L air (rebus)
  • 700 gr gula pasir (cairkan)
  • 16 gr garam
  • 20 gr pandan suji
  • 35 gr pandan wangi

Cara Membuatnya:

  1. Rebus air sebanyak 7 liter. Biarkan dingin
  2. Rendam kedelai semalam lebih kurang 8 jam (ganti air 2kali untuk mengurangi bau busuk dan langu)
  3. Pisahkan kedelai dengan kulit arinya hingga bersih lalu bilas dengan air (kulit ari membuat rasa kedelai langu) tidak menyisahkan kulit ari sedikit pun lebih baik
  4. Blender kedelai hingga halus dengan air matang sedikit demi sedikit lalu peras dengan penyaringan tahu. Lakukan berulang hingga air habis dan bewarna bening
  5. Blender daun pandan suji dan pandan wangi dengan air matang 200-300ml. Saring (tujuan menggunakan air matang tidak perlu di rebus agar sari pandan tidak pecah dan menggumpal)

Manfaat dari Daun Pandan

resep susu kedelai pandan

Mengatasi Kanker

Ternyata sebuah penelitian melaporkan adanya manfaat dari daun pandan wangi ini yang diekstrak dan mempunyai efek antimitotik, sitotoksik, apoptosis, dan juga antiproliferatif yang efektif dalam menghambat pertumbuhan pada kanker lho. Pengobatan tradisional ini juga memang telah membuktikannya juga.

Rematik dan Pegal Linu

Dan manfaat pada daun pandan wangi ini juga cukup berkhasiat dalam meredakan rematik dan juga pegal linu lho. Kemudian seduh 3 lembar daun pandan wangi ini dengan setengah cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan. Setelah itu dinginkan dan gosokkan pada tubuh yang terdapat rasa sakit.

Mengatasi Rambut Rontok Dan Ketombe

Banyaknya zat kimia dalam daun pandang wangi juga berkhasiat dalam mengatasi ketombe maupun rambut rontok. Caranya, kalian gunakan daun ini untuk masker rambut dengan menumbuknya dan juga mengoleskannya pada kulit kepala kalian.

Manfaat Susu Kedelai yang Harus Kamu Ketahui

1. Mencegah Penuaan Dini

Susu kedelai ternyata mengandung isoflavon yang berfungsi untuk menangkal pada radikal bebas. Selain itu juga, isoflavon juga merupakan zat anti-aging yang dapat membantu untuk menghambat pada proses penuaan dini.

Kolagen pada susu kedelai ini juga sangat membantu untuk menjaga elastisitas pada kulit. Kandungan air pada susu ini juga akan dapat menjaga kelembaban pada kulit. Maka dari itu, hanya dengan meminum susu kedelai dengan secara rutin, kulit kalian akan senantiasa terasa kenyal dan tidak akan kering.

2. Menjaga Stabilitas Tekanan Darah

Dan susu kedelai ternyata memang mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang sangat berperan sebagai pembentukan fito-antioksidan yang kuat. Fito-antioksidan inilah yang melindungi pada darah dari luka dan pendarahan.

Selain itu juga, fito-antioksidan juga bisa mengikat lapisan pada pembuluh darah dan menjaga pada lapisan sel tersebut dari serangan radikal bebas serta menjaganya dari tumpukan kolesterol. Pengikatan pada lapisan sel tersebut akan dapat meningkatkan kestabilan aliran darah dan fleksibilitas pada pembuluh darah yang akan dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan normal.

Demikian tadi telah di beri tahu tentang bagaimana resep susu kedelai pandan enak dan sederhana, dan bisa juga kalian untuk membuatnya di rumah masing- masing. Semoga bermanfaat untuk semua orang dan terimakasih.