Pada artikel kali ini saya akan menyampaikan sebuah informasi mengenai 14 Cara Memasarkan Produk Baru Yang Bisa Dilakukan Untuk Pemula. Cara pemasaran yang akan dilakukan diharapkan bisa mencapai sasaran-sasaran dari sebuah pemasaran produk.

Pemasaran sebuah produk yang baru dirilis akan menuntut orang-orang yang tergabung kedalam divisi pemasaran pada perusahaan. Yang memproduksi barang baru tersebut agar cermat dan pandai dalam melakukan  komunikasi pemasaran.

Bukan hanya karena cara komunikasi pemasaran yang digunakan sangat berpengaruh terhadap penjualan produk tersebut. Penilaian masyarakat sebagai konsumen terhadap produk baru tersebut juga akan terpengaruh. Dengan menciptakan strategi pemasaran ini yang bagi sebuah produk yang baru dirilis. Tingkat kepuasan pelanggan dan target penjualan juga akan tetap terjaga dengan baik.

 14 Cara Memasarkan Produk Baru

memasarkan produk baru

1. Melakukan Riset Pasar

Besar kecilnya potensi pasar akan mempengaruhi tingkat penjualan dan penyebaran dari sebuah produk sehingga diperlukan sebuah riset. Untuk mengetahui apakah produk yang baru dirilis tersebut cocok dijual pada lokasi pasar tersebut.

Jika kita mendapatkan hasil riset yang menunjukkan bahwa potensi dari pasar yang kita pilih cukup besar dan dianggap sebagai lahan yang menjanjikan, maka segera pasarkan produk tersebut.

Tapi jika memang hasil riset yang kita lakukan tidak menunjukkan adanya trend yang positif untuk barang yang akan kita pasarkan. Maka lakukanlah evaluasi terhadap produk kita agar produk yang kita pasarkan tersebut memiliki nilai lebih. Bahkan kita dapat mencari lokasi pasar lain yang lebih menjanjikan.

2. Perhatikan Kebutuhan Konsumen

Kebutuhan masyarakat sebagai konsumen sangatlah beragam. Oleh karena itu sebelum kita memasarkan sebuah produk baru pada pasar yang telah ditentukan, kita juga harus memperhatikan produk apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan adanya sebuah kebutuhan terhadap produk baru tersebut, maka kita tidak akan terlalu sulit mencari konsumen karena bisa saja konsumenlah yang akan mencari produk itu sendiri.

3. Lakukan Promosi

Promosi yang dilakukan akan sangat penting dan berguna sekali sebagai alat untuk memperkenalkan sebuah produk baru. Sewaktu melakukan promosi, perhatikan juga elemen pendukung lainya seperti lokasi pasar, target konsumen, posisi produk yang dipromosikan, harga dari sebuah produk, serta lokasi tempat promosi berlangsung.

Strategi promosi yang baik juga akan menunjukkan kualitas produk yang ditawarkan terlebih lagi jika produk baru tersebut ditawarkan dengan harga promosi yang cukup murah dan disertai dengan bonus atau hadiah-hadiah yang menarik.

4. Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang baik akan memberikan tingkat kepuasan yang baik pula terhadap konsumen dan akan berdampak pada perkembangan dari sebuah produk. Selain itu pelayanan yang baik juga dapat memperluas lokasi pasar dari sebuah produk karena konsumen kita akan mau berlangganan dan membeli produk yang kita tawarkan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Begitu juga ketika anda memberikan pelayanan yang kurang baik, maka konsumen anda akan merasa tidak puas dengan produk anda sehingga lokasi pasar kita akan berkurang serta konsumen akan beralih keproduk lain dan meninggalkan produk yang kita pasarkan.

5. Konsisten

Pemasaran yang dilakukan dengan konsisten dan berkesinambungan disemua area pemasaran akan meningkatkan efektivitas penjualan. Selain itu juga bisa berdampak positif terhadap merk produk yang dipasarkan karena masyarakat sebagai konsumen akan selalu melihat produk tersebut dipasarkan.

6. Perencanaan Target Market

Melakukan perencanaan secara tepat terhadap target market yang telah ditentukan akan membuat konsep pemasaran menjadi lebih jelas dan terprogram dengan baik. Usahakan untuk memilih beragam jenis lapisan masyarakat serta lokasi pasar sebagai tempat promosi agar target market tersebut dapat dipenuhi dan memiliki hasil yang memuaskan.

7. Buat Merek atau Brand

Merek atau brand merupakan sebuah wajah dari suatu produk. Konsumen akan cenderung menggunakan produk dengan merek yang terkenal dan menarik perhatian serta dapat memberikan keyakinan bahwa produk tersebut benar-benar berkualitas. Karena produk kita masih baru, maka usahakan untuk membuat merk atau brand yang memiliki sebuah keunikan sebagai daya tarik awal.

8. Hubungan Baik Dengan Konsumen

Pengelolaan sebuah hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan hal penting untuk dilakukan. Tujuan utamanya untuk mendapatkan konsumen yang loyal, konsisten dan tidak akan berpaling kepada merk lain. Hubungan dengan konsumen ini dapat kita jaga dengan cara membuat kartu member, memberikan sebuah potongan harga jika memiliki kartu member, mendapatkan hadiah dan lain sebagainya.

9. Gunakan Media Komunikasi

Pemasaran yang dilakukan akan berjalan dengan lebih baik ketika menggunakan semua sarana media komunikasi. Media komunikasi yang digunakan bisa berupa media cetak, media elektronik hingga media sosial. Seiring perkembangan jaman yang sangat pesat saat ini, media komunikasi yang paling banyak digunakan sebagai sarana pemasaran sebuah produk baru adalah media sosial berbasis internet. Hampir sekitar 60% konsumen datang karena medapat kan informasi sebuah produk dari internet.

10. Bagikan Produk sebagai Sample

Pemasaran sebuah produk dengan melakukan promosi seperti , beli 2 gratis 1, beli 3 gratis 2 . Hal tersebut akan membuat konsumen anda semakin tergiur untuk memiliki produk anda tersebut walaupun sebenarnya mereka tidak memerlukan produk tersebut. Kita juga dapat melakukan promosi untuk pemasaran produk kita dengan cara-cara yang sederhana seperti misalnya dengan memberikan sample produk kita untuk dicoba oleh konsumen.

11. Gunakan Jasa Orang Terkenal

Jika anda memiliki anggaran promosi yang besar, tidak ada salahnya jika kita menggunakan jasa seseorang yang dianggap cukup terkenal dan memiliki publisitas tingkat nasional yang cukup tinggi. Orang-orang tersebut biasanya berasal dari kalangan artis nasional, tokoh politik nasional atau orang-orang yang memiliki latar belakang sebagai bagian dari promosi barang. Namun, jika tidak memiliki anggaran yang cukup besar, kita masih d

apat menggunakan jasa orang-orang yang memiliki banyak relasi dan teman, serta artis-artis lokal.

12. Berani Tampil Beda

Berani menampilkan promosi pemasaran yang berbeda dari yang lain serta berani berfikir untuk keluar dari jalur pemasaran yang biasa dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kelangsungan perusahaan anda dan memberikan sebuah citra produk yang berbeda dengan produk sejenis dari perusahaan lain. Jangan terus terusan mengikuti pasar, cobalah untuk tampil beda dan menggebrak pasar dengan produk baru yang kita pasarkan.

13. Minta Testimoni Pelanggan

Jika promosi yang dilakukan memungkinkan kita untuk memuat testimoni dari para pelanggan, maka cobalah untuk mulai meminta testimoni dari para pelanggan. Testimoni dari para pelanggan akan memberikan kita pengetahuan yang lebih tentang produk yang kita pasarkan. Selain itu juga selalu terimalah kritik dan saran dari para pelanggan anda.

14. Kenali Pesaing Kita

Kompetitor atau pesaing kita juga sangat diperlukan untuk diperhatikan dengan baik mulai dari segi kelebihan, kekurangan hingga siapa saja yang menjadi target pasar mereka. Kita harus memiliki mental yang kuat untuk bisa bersaing dengan mereka karena konsumen akan mencari produk dengan kualitas terbaik. Dengan mengetahui dan mengamati pesaing kita, maka kita akan mendapatkan keuntungan lebih serta peluang kita untuk memperbaiki produk kita juga semakin besar.

Demikianlah artikel tentangi 14 Cara Memasarkan Produk Baru Yang Bisa Dilakukan Untuk Pemula.  yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat buat kalian. Untuk info menarik lainya anda bisa baca  4 Contoh Resep Bolu Pisang Banana Cake Serta Tips Dan Manfaatnya.  Sekian dan Trimakasih