Halo semuanya, apa kabar? Diartikel kami kali ini kan mengulas tentang berbagai macam makanan khas banten lezat dan populer sampai sekarang.

Ada yang tahu kota Banten? Kota yang terdapat di wilayah Tatar Pasundan, serta terletak di paling barat di Pulau Jawa, Indonesia.

Kota Banten ini terkenal dengan potensi kesenian yang disajikan  dan kekhasan budaya masyarakat Banten seperti  seni bela diri pencak silat, debus, Rudad, Umbruk, Tari Saman, Tari Topeng, dan lain sebagainya,  sehingga membuat Banten dijadikan sebagai ikon kota yang khas dengan budaya.

Selain terkenal dengan kesenian dan pariwisatanya yang eksotis, ternyata juga menyimpan berbagai kuliner khas yang tidak kalah lezat dari provinsi lannya.

Buat kamu yang pengen mencobanya, kamu gak usah jauh-jauh pergi ke banten. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Langsung saja kami akan memberika beberapa resep makanan khas banten. Berikut ini simak dan cermati dengan baik.

Macam-Macam Makanan Khas Banten

1. Sate Bandeng

Sate bandeng adalah makanan khas Banten dengan pusat penjualan di Serang.
Makanan ini pertama disajikan oleh juru masak kerajaan pada abad ke-16 dengan tujuan menjamu kedatangan tamu kerajaan.
Ide dari penyajian sate bandeng dikarekan ikan bandeng yang memiliki banyak duri sehingga sangat sulit untuk dikonsumsi.
Juru masak kerajaan yang menginginkan agar ikan bandeng dapat dikonsumsi dengan mudah, maka dibuanglah tulang ikan bandeng ditambah dengan inovasi penyajian bandeng yang baru sehingga terciptalah sate bandeng yang sangat populer sampai saat ini.
Sate bandeng sendiri memiliki rasa yang nikmat dan gurih.
Cita rasa yang nikmat dan gurih tersebut berasal dari perpaduan antara daging ikan bandeng yang segar dengan bumbu khas.
Makanan ini, selain disukai oleh masyarakat Banten juga disukai oleh para wisatawan yang berkunjung ke Banten.

Bahan :

  • 1 kg Ikan Bandeng
  • Minyak goreng untuk menumis bumbu
  • Bambu untuk menjepit ikan atau bisa juga memakai daun pisang sebagai pengganti bambu
  • Daun pisang untuk pelapis ikan
  • Arang, untuk membakar

Bumbu Halus :

  • 100 gr bawang merah
  • 3 – 4 siung bawang putih
  • 5 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok makan garam
  • 100 gram gula putih
  • 100 ml santan kental
  • 1/2 sendok teh terasi

Cara Membuat :

  1. Bandeng yang perlu dipilih ikan bandeng yang masih segar, kemudian bandeng dibersihkan.
  2. Insang dan kotorannya dikeluarkan, lalu pukul-pukul badan ikan supaya daging pada ikan terpisah dengan kulitnya. Tapi yang harus di perhatikan juga, jangan sampai kulit ikan robek.
  3. Selanjutnya patahkan tulang ekornya, tarik keluar tulang punggung ikan melalui lubang insang dan keluarkan daging ikan dari kulit bandeng dengan pakai alat bantu sendok atau yang lainnya.
  4. Setelah daging terlepas semua, cuci kulit bandeng sampai bersih kemudian daging bandeng dicuci pula sampai bersih lalu ditiriskan sampai airnya kering.
  5. Tumbuk atau pakai alat giling ikan sampai daging bandeng halus, kemudian ambil sisa duri yang masih menempel di daging ikan yang sudah halus
  6. Haluskan adonan bumbu yaitu potong halus bawang merah dan bawang putih, kemudian sangrai ketumbar hingga matang dan goreng terasi. Kemudian goreng bawang merah dan bawang putih, terus angkat. Bumbu-bumbu tadi dicampur menjadi satu dan tumbuk hingga halus.
  7. Kemudian bumbu yang sudah halus tadi di campur dengan daging bandeng, beri garam dan gula pasir secukupnya. Jika sudah selesai santan yang kental dicampurkan, lalu aduk rata.
  8. Adonan yang telah halus, di masukan ke dalam kulit bandeng sampai penuh. Kemudian jepit dengan menggunakan dua belah bambu yang ujungnya di beri pelepah pisang untuk pengikat. Sisa adonan akan digunakan untuk lumuran luar ikan bandeng.
  9. Kalau sudah selesai kemudian di bakar sampai berwarna kekunung – kuningan. Kemudian angkat dan lumuri lagi dengan adonan, terus bakar lagi bagian yang belum terlumuri adonan, agar si adonan mengering tidak jatuh ke bawah. setelah kering diangkat lagi dan bagian yang belum diberi adonan di lumuri adonan lagi sampai merata, lalu bakar lagi dengan api sedang, agar sate matang merata tanpa gosong.
  10. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan lalu di bungkus menggunakan daun pisang supaya harumnya lebih alami. Dan sate bandeng siap dihidangkan

2. Rabeg Banten

Rabeg Banten adalah jenis makanan yang dapat dijumpai di berbagai daerah Banten.
Makanan ini merupakan jeroan dan daging kambing yang diolah dengan bumbu-bumbu khas yang terdiri dari kayu manis, lengkuas, lada, jahe dan bumbu penyedap lainnya.
Rabeg Banten memiliki cita rasa yang gurih, manis dan pedas yang menyatu dalam satu porsi rabeg.

Bahan :

  • 1 kg Jeroan kambing (babat, usus, paru, jantung dan ati)

Bumbu :

  • 100 gram bawang merah
  • 100 gram bawang putih
  • 3 sdm lada putih
  • 10 buah cabai rawit
  • 1 butih biji pala
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 3 cm kayumanis
  • 5 sdm kecap (gula merah)
  • 1 batang sereh
  • 3 lembar daun salam

Cara Membuat :

  1. Rajang bawang merah dan bawang putih. Memarkan jahe, lengkuas, dan biji pala
  2. Tumis bumbu halus sampai harum
  3. Jroan kambing direbus dengan daun salam dan sereh dengan menggunakan api sedang
  4. Angkat jeroan dalam keadaan setengah matang, kemudian tiriskan
  5. Sisa air rebusan gunakan untuk merebus bumbu yang sudah ditumis
  6. Potong jeroan menjadi potongan sedang, lalu masukan kedalam rebusan bumbu tadi.
  7. Masak hingga jeroan dan bumbu meresep sampai kental.

3. Angeun Lada

Angeun lada adalah makanan yang berbahan dasar jeroan sapi.

Makanan yang satu ini sangat terkenal di daerah Banten dan merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Banten.

Makanan ini biasa disajikan di hari perayaan besar yaitu lebaran dan juga acara penting lainnya.

Angeun lada memiliki aroma yang khas. Aroma khas dari makanan ini berasal dari campuran antara daun walang dan jeroan sehingga menjadikan aromanya sangat kuat.

Penamaan daun walang dikarenkan daun ini memiliki aroma serangga walang sangit.

Bahan :

  • Daging dan jeroan sapi 1 kg , kemudian potong dengan ukuran sedang
  • 5 sdm minyak goreng
  • 2-3 buah tomat, potong2
  • 250 gr rebung, iris tipis
  • 2 btg serai memarkan
  • 2 batang daun walang, memarkan

Bumbu Halus :

  • 10 kemiri, goreng
  • 2 cm kencur, bakar , kupas
  • 2 cm jahe,bakar,kupas
  • 10 cabe merah, bakar
  • 10 butir bwg merah, bakar
  • 4 siung bwg putih, bakar
  • garam dan gula secukupnya

Cara Membuat :

  1. Campur dan aduk semua daging dan jeroan bersama dengan bumbu halus dan minyak.
  2. Berikutnya taruh dalam wajan, tuangkan air, masak sampai semua bahan matang dan kuah cukup

Tips Memilih Makanan yang Sehat Diluar

Untuk kamu yang menjadi pecinta kuliner kamu juga harus memperhatikan makanan yang akan konsumsi itu baik untu tubuh kamu atau tidak.

Untuk itu kami akan memberikan sedikit tips cara memilih makanan yang sehat. Supaya makanan yang akan kamu konsumsi menimbulkan dampak baik bagi tubuh kamu.

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi

Nutrisi sangat penting bagi tubuh. Karena itulah kita harus membutuhkan banyak nutrisi untuk mendapatkan tubuh sehat. Kurang lebih 40 nutrisi yang harus kamu konsumsi supaya tubuh tetap sehat.

2. Sayur-sayuran atau Daun-daunan

Makanan yang sehat biasanya berupa sayur-sayuran. Jika kamu ingin tubuh sehat jangan pernah menghindari makanan yang berasal dari daun-daunan karena makanan yang berasal dari daun-daunan itu menyehatkan.

Sayuran memiliki banyak kandungan gizi dan beberapa jenis zat yang baik untuk tubuh. Kandungan yang ada didalam sayuran, juga ada yang tidak kita dapat dari makanan hewani. Jadi kita perlu untuk mengonsumsinya.

3. Pilih Protein Hewani untuk Tubuh Kamu

Yang berasal dari protein hewani juga sangat baik untuk tubuh asalkan  mengkonsumsinya dalam takaran normal tidak berlebihan.

Daging hewan juga memiliki banyak gizi dan protein yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan yang ada di hewan juga tidak dapat kita temui disayuran. Sehingga kita juga perlu untuk memenuhi kebutuhan protein kita.

4. Sayur Aneka Warna

Cara sayuran aneka warna ini tepat untuk kamu yang sedang memilih hidup sehat ataupun mencari variasi makanan. Selain membuat makanan atau sayuran menarik untuk dimakan. Kandungan antioksidan dalam sayuran baik untuk tubuh dan dapat mencegah penyakit kronik.

5. Junk Food

Kamu ingin memakan junk food? Boleh-boleh saja kok. Tetapi perlu kamu ketahui jika kamu memakan junk food sebaiknya membuat sendiri. Karena yang dibuat dari tangan sendiri pasti terjamin higenis.

6. Roti Gandum

Makananan ini mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh dan dapat sebagai pengganti nasi. Jika warna roti gandum yang kamu makan semakin putih maka semakin tinggi manfaatnya.

7. Gunakan Makanan yang Masih Segar

Jika kamu pergi ke pasar atau ke supermarket untuk membeli bahan-bahan makanan maka pastikanlah makanan dibeli masih dalam kondisi segar dan enak dimakan karena jika tidak maka itu akan berpengaruh untuk badan dan kesehatan kamu.

Memilih bahan makanan yang tidak segar bisa jadi bakteri pada bahan makanan yang kamu beli itu akan masuk pada tubuh apabila memakannya.

8. Mengonsumsi Ikan Sarden, Salmon ataupun Ikan Tuna

Tiga jenis makanan tersebut mengandung nutrisi yang tinggi. Karena didalam kandungan omega– 3 ataupun protein yang ada di dalam 3 jenis ikan tersebut membuat tubuh menjadi tambah sehat dan jenis ikan tersebut termasuk dalam makanan yang sehat untuk tubuh.

9. Gantilah Cemilan Kamu denganSayur ataupun Buah

Jika kamu sering sekali membeli cemilan, maka kami sarankan jika  ingin hidup sehat gantilah camilan dengan buah dan sayur karena makanan ini selain bergizi tentu saja menyehatkan untuk tubuh.

10. Kurangi Micin atau Penyedap Rasa

Hal yang membuat tubuh kamu sehat salah satunya adalah mengurangi penyedap rasa jika memasak sesuatu. Menggunakan penyedap rasa yang teralu banyak akan membuat respon kesehatan menjadi tidak baik.

Itulah tadi ulasan kami tentang berbagai makanan khas banten, dan tips memilih jajanan diluar

Oh ya selain artikel ini. Baca juga artikel lain kami tentang Cara Membuat Keripik Talas Pedas.

Demikianlah artikel tentang makanan khas Banten. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih karena kesediaannya untuk membaca artikel yang kami buat.

Tentu masih banyak kekurangan karena keterbatasan kami baik itu berupa pengetahuan maupun yang lainnya. Sekian dari kami dan Terimakasih.