Pada artikel kali ini saya akan menyampaikan sebuah informasi mengenai Cara Membuat Olahan Jagung Tradisional Dan Modern. Jagung merupakan makanan yang sering di jumpai bahkan tidak asing lagi untuk masyarakat indonesia. Jagung juga bisa di buat menjadi berbagai makanan Tradisional Maupun Modern.

Dari pada anda penasaran apa saja olahan jagung tradisional maupun modern simak di bawah ini

Cara Membuat Olahan Jagung Tradisional Dan Modern

Trdisional

olahan jagung tradisional

Lepet Jagung

Lepet jagung yang identik dengan bungkus kulit jagung ini juga termasuk jajanan tradisional yang mulai sulit ditemukan. Kue yang lembut dan kenyal ini cukup mudah dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana.

Cara Membuat
  1. Pertama, kupas kulit jagung manis lalu bersihkan dari rambut-rambut yang menempel dan cuci hingga bersih.
  2. Bersihkan juga jagung dari kulitnya.
  3. Parut terlebih dahulu jagung dan haluskan, lalu tambahkan gula, kelapa parut, tepung maizena, vanili bubuk, dan garam.
  4. Aduk rata lalu tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga tercampur. Siapkan satu lembar kulit jagung dan isi dengan sesendok makan adonan. Bungkus rapi dan ikat dengan tali.
  5. Kukus selama 30 menit hingga matang dan sajikan.

Bubur Jagung

Bubur sering jadi pilihan menu sarapan yang tidak hanya mengenyangkan, memberi energi, tapi juga mampu menghangatkan tubuhmu. Membuatnya tidak perlu waktu terlalu lama, kok.

Cara Membuat
  1. Pertama pipil jagung dan rebus. Di wadah lain rendam mutiara dalam air panas, lalu angkat dan rendam di air dingin.
  2. Didihkan santan lalu masukkan garam dan gula. Lanjutkan dengan memasukkan jagung dan mutiara lalu aduk sampai matang.
  3. Sajikan dan tambah keju parut sesuai selera.

Bolu Jagung

Bolu memang sering jadi pilihan untuk camilan atau buah tangan saat berkunjung ke kerabat. Untuk alternatif yang lebih sehat, sertakan jagung ke resep bolu kukus yang prosesnya tidak terlalu rumit.

Cara Membuat
  1. Langkah pertama, kocok telur, gula, dan SP hingga mengembang menggunakan mikser.
  2. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak, bergantian dengan santan. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan jagung parut dan pewarna makanan berwarna kuning, aduk kembali hingga rata.
  4. Tuang adonan dalam loyang yang sebelumnya sudah diolesi minyak dan dilapisi kertas.
  5. Kukus kurang lebih 35 menit hingga matang, sajikan.

Talam Jagung

Camilan tradisional ini memang mulai jarang ditemukan. Buat yang sedang kangen dengan rasa talam jagung yang gurih-manis, bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah.

Cara Membuat
  1. Siapakan dulu cetakan yang terbuat dari daun pandan atau biasanya disebut takir.
  2. Campurkan tepung hun kwe, santan, garam, dan gula di dalam panci, lalu rebus dengan api sedang.
  3. Aduk hingga mengental dan meletup, lalu masukkan jagung manis yang sudah dipipil dan direbus.
  4. Tunggu sampai mendingin dan masukkan ke dalam takir. Sajikan setelah dingin.

Nasi,Tiwul,Jagung Bakar

  1. Siapkan bahan. Rebus jagung sampai mateng sisihkan. Cuci oyek di saringan lalu rendam air panas 3 mnt dan tiriskan didihkan santan dan tambahkan garam,Kaldu bubuk. Serai. Salam dan daun jeruk.
  2. Masukkan nasi dingin. Oyek aduk rata koreksi rasa cukup terasa gurih saja. Lalu masukkan jagung serut. Campur rata dan. Asat matikan api dan Tutup panci. Sebentar. Lalu kukus nasi 30 mnt.setelahnya masak,nasi angkat. (saya ngukusnya lapisi kain saringan biar angkat nasinya tdk da tersisa disarangan.
  3. Iris bumbu &potong kotak” tempe dan goreng 1/2 matang.cuci teri & siram air panas lalu goreng kering sisihkan. Panaskan wajan dan minyak. Tumis bumbu masukkan petai dan bumbu lainnya tumis sampai wangi.
  4. Masukkan tempenya aduk tambah air sedikit lalu masuk kemangi dan layu. Masukan terinya aduk rata dan matikan api salin di wadah lain. dan segera bungkus. Ambil daun letakkan nasi tambahkan tumisan teri tadi timbun nasi lagi, padatkan dan gulung bungkus rapi sematkan lidi. Lakukan sampai habis.
  5. Siapkan wajan dan bakar sampai harum balik dan bakar tiap sisinya. Setelahnya siapkan nasi bakarnya dengan di tambahkan lalapan dan krupuk. Dan nasi bakar siap di nikmati.

Modern

olahan jagung modern

Es Krim Jagung

Kalau pas panas-panasnya, es krim bisa jadi penyelamat. Jika biasanya kamu menikmati es krim dengan rasa-rasa yang standar, seperti cokelat, vanilla, atau strowberi. Nah, ini saatnya membelai lidah dan menghilangkan dahaga dengan es krim yang terbuat dari jagung manis.

Bahan-bahannya pun bisa didapatkan dengan mudah, seperti jagung manis, susu, heavy cream, vanilla, kuning telur, dan gula.

Saus Jagung Keju

Waktu luang yang kamu miliki bisa diisi dengan menonton film sambil menikmati keripik tacos. Biar makin seru, jangan lupa buat saus jagung keju sebagai pendampingnya.

Cara Membuat
  1. Cukup gunakan bahan-bahan seperti jagung manis, keju parut, mayones, sour cream, merica, dan garam.
  2. Campurkan semua bahan dalam wadah tahan panas, lalu panggang dalam oven dengan suhu 190 derajat Celsius selama 10 menit.
  3. Siap disajikan bersama keripik tacos jagung yang renyah.

Sup Jagung

Sup jagung yang creamy dan hangat sanggup bikin tubuh merasa berenergi dan nyaman. Cara membuatnya pun cukup mudah.

  1. Hahaluskan jagung bersama dengan bumbu, rempah, susu, dan keju yang bikin rasanya semakin gurih.
  2. Sajikan dengan puff pastry atau roti panggang untuk sarapan sehat dan lezat.

Bakwan Jagung

Ini dia makanan berbahan jagung yang jadi favorit orang Indonesia. Selain sering dijadikan lauk, bakwan jagung juga cocok dijadikan camilan ringan di sore hari bersama teh hangat atau kopi panas. Cara pembuatannya pun cukup sederhana dan tidak sulit.

Cara Membuat
  1. Pertama, bersihkan jagung dari rambut-rambut yang menempel dan cuci.
  2. Parut dan tumbuk kasar, lalu tambahkan tepung terigu, tepung beras, telur, cacahan daun seledri dan daun bawang.
  3. Tambahkan semua bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar bubuk, merica bubuk, kunyit, garam, dan penyedap rasa.
  4. Aduk dengan rata sambil dituang air sedikit demi sedikit hingga mendapatkan tekstur kekentalan adonan yang tepat.
  5. Panaskan minyak dan goreng satu sendok sayur adonan hingga kuning keemasan. Angkat dan sajikan dengan cabai rawit.

Puding  Jagung

Kebanyakan orang menyukai puding rasa cokelat atau vanila, tapi tidak ada salahnya menjajal puding yang terbuat dari jagung manis. Punya kombinasi rasa manis dan gurih, olahan jagung ini juga cukup mudah dibuat sendiri di rumah.

Cara Membuat
  1. Pertama, didihkan air lalu masukkan jagung yang sudah dicincang kasar, aduk-aduk, lalu kecilkan api. Tambahkan gula dan aduk hingga larut dan meleleh.
  2. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit dan terus diaduk agar tidak meluap.
  3. Campurkan agar-agar bubuk dan tepung maizena dengan sedikit susu agar tidak menggumpal.
  4. Larutkan ke dalam cairan susu dan masak hingga mendidih.
  5. Tuangkan dalam loyang dan dinginkan sebelum disajikan.

Pancake Jagung

Pancake sering diidentikkan dengan sarapan yang cukup mengenyangkan dan camilan yang menggoyang lidah. Jika biasanya menu mudah ini dibuat hanya dengan tepung terigu saja, kini kamu bisa menambahkan jagung manis parut ke dalam adonannya.

Cara Membuat
  1. Pertama, campurkan telur, margarin leleh, susu cair, ragi instan, gula, garam, dan aduk merata.
  2. Tambahkan juga tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk, kemudian masukkan jagung manis. Aduk sekali lagi dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  3. Siapkan wajan datar dan olesi margarin lalu tuang adonan dan masak hingga matang. Untuk penyajiannya, taburi keju dan siram dengan susu kental manis.
Sekian artikel mengenai Cara Membuat Olahan Jagung Tradisional Maupun Modern yang bisa saya sampaikan. Untuk artikel menarik lainya anda bisa baca 14 Cara Memasarkan Produk Baru Yang Bisa Dilakukan Untuk Pemula.  Sekian dan trimakasih