Pada artikel kali ini saya akan menyampaikan sebuah informasi mengenai Beberapa Resep Kacang Bawang Untuk Jualan Dan Manfaatnya. Kacang bawang merupakan hidangan cemilan lebaran yang cukup spesial, bahkan bisa dibilang jika kue kacang bawang ini adalah hidangan paling istimewa dan spesial saat hari raya.

Inilah cara membuat kacang bawang yang bukan saja gurih, namun juga empuk dan renyah krispi. Meskipun cara untuk membuat kacang bawang ini cukup mudah namun kalau tidak sesuai urutannya biasanya akan menghasilkan suguhan kacang bawang yang keras dan tidak enak. Dengan demikian anda harus mesti tahu cara pengolahan kacang bawang yang benar.

Cara buat kacang bawang untuk di jual ini cukup sederhana dan praktis, sehingga tidak perlu banyak menyediakan berbagai macam bumbu bumbu. Bahkan bumbu kacang bawang cukup dengan bawang putih dan santan saja sudah cukup. dan jangan lupa garam sebagai penyempurna rasa.

Hal yang juga perlu untuk anda perhatikan adalah bagaimana cara menggoreng kacang tanah supaya matang hingga ke dalam, dan tentunya kue kacang bawang gosong harus dihindari. tampilan kacang bawang yang bagus dapat terlihat dari tampilan warnanya yakni putih sedikit kekuningan.

5 Resep Kacang Bawang Untuk Jualan

Resep Kacang Bawang Untuk Jualan

Resep Pertama

Bahan Bahan :

  • Kacang tanah kupas  1 bungkus ( sekitar 1 kg )
  • Bawang Putih ± ¼ kg
  • Santan : ± 1 liter dari satu butir kelapa tua. Sebaiknya jangan gunakan santan instan.
  • Garam : ± 1 sendok makan atau sesuai selera
  • Minyak goreng 2 liter

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama kupas bawang putih dan jadikan 2 bagian.
  2. Bagian pertama dihaluskan bersama garam dan bagian lainnya iris tipis tipis dan tempatkan dalam wadah dahulu.
  3. Berikutnya adalam  merendam kacang tanah kupas dalam santan kelapa bersama bumbu yang telah dihaluskan tadi paling tidak selama 2 jam.
  4. Setelah itu goreng bawang putih iris dengan api kecil. Jika sudah direndam silahkan goreng kacang tanah dengan minyak panas dengan api kompor sedang saja.
  5. Saat anda menggoreng kacang tanah terus aduk aduk supaya kacang dapat matang merata dan tidak gosong.
  6. Setelah matang tempatkan dahulu dalam wadah lebar atau di atas kertas koran hingga dingin. Simpan dalam wadah bersama taburan bawang putih goreng.

Resep Kedua :

Bahan Bahan :

  • 2 kg kacang tanah kupas
  • 10 siung bawang putih
  • 2 sdm garam
  • 5 siung bawang putih, cincang halus,dan goreng
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

  1. Haluskan terlebh dahulu 10 siung bawang putih dan garam, tambahkan 5 sdm air untuk melarutkan.
  2. Campur kacang tanah dengan bumbu halus dan biarkan selama 3 jam.
  3. Goreng kacang dengan minyak banyak dan panas dengan api sedang hingga keemasan. Angkat.
  4. Masukkan gorengan bawang putih cincang, aduk rata, dinginkan dan simpan dalam stoples kedap udara.

Resep Ketiga

Bahan Bahan :

  • 1 kg kacang tanah kupas
  • 500 ml santan kental
  • 10 siung bawang putih, iris tipis, goreng, sisihkan (untuk taburan)
  • 2 sdm garam
  • 5 siung bawang putih (untuk bumbu)

Cara Membuat

  1. Haluskan 5 siung bawang putih dan juga garam, sisihkan.
  2. Masaklah santan sampai mendidih, masukkan bumbu halus tadi, aduk-aduk rata
  3. Tuangkan kacang tanah tadi kedalam santan dan biarkan terendam sehenak sampai santan menjadi dingin. Jika sudah mulai dingin, tiriskan.
  4. Goreng dengan minyak panas yang banyak agar seluruh kacang bisa matang sempurna, terus aduk agar kacang matang merata. Angkat dan tiriskan.
  5. Siapkan tampah yang besar yang sudah dialasi kertas yang mudah menyerap minyak, misalnya tisu dan taburi bawang putih goreng. Aduk-aduk rata.
  6. Istirahatkan sampai dingin, simpan secepatnya dalam toples yang rapat. Selesai.
  7. Sajikan.

Resep Keempat

Bahan Bahan :

  • 250 gram kacang tanah.
  • 100 ml santan kental
  • 4 siung bawang putih. Iris tipis-tipis
  • 3 siung bawang putih untuk rendaman
  • Daun jeruk nipis secukupnya
  • Garam dan gula secukupnya.
  • 1/4 sdt kapur sirih

Cara Membuat:

  1. Larutkan 1/4 sdt kapur sirih dengan air secukupnya. Kemudian rendam kacang tanah selama sekitar 30 menit.
  2. Angkat dan tiriskan kacang. Rendam didalam air santan yang sudah dicampur bawang putih halus 3 siung, gula dan garam. Diamkan sejenaki sekitar 30 menit.
  3. Goreng kacang menggunakan api sedang bersama irisan daun jeruk dan bawang putih.
  4. Bawang putih dan daun jeruk akan matang lebih dahulu. Angkat kemudian tiriskan keduanya.
  5. Setelah kacang goreng matang dan berwarna keemasan, segera angkat dan tiriskan, karena proses pematangan masih akan terus berlangsung ketika sudah di angkat, apabila bunda biarkan sampai warnanya coklat tua di dalam minyak yang panas, nanti ketika kacang sudah di angkat bisa terlihat gosong

6 Manfaat Mengonsumsi Kacang Bawang

Manfaat Mengonsumsi Kacang Bawang

1. Menurunkan Resiko Terkena Batu Empedu

Setiap seperempat kacang goreng minggu dapat menurunkan resiko dari batu empedu atau penyakit kandung empedu hingga 30 persen

2. Mencegah Penyakit Jantung

Dengan mengonsumsi sebuah kacang goreng setiap hari dengan teratur dan jumlah yang tidak berlebihan, akan membantu anda di dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini dapat terjadi karena dalam makanan ini tedapat kandungan senyawa asam oleat yang baik bagi jantung yang menurunkan resiko kardiovaskuler yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner.

3. Menjaga Berat Badan

Untuk anda yang sering mengonsumsi kacang tiga kali dalam seminggu cenderung rentan terhadap resiko obesitas dari pada mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali. Dengan mengonsumsi kacang setiap pagi, akan memberikan kesempatan untuk lebih sedikit mengalami kenaikan berat bedan.

4. Menurunkan Penyakit Tbc

Kandungan yang terdapat pada kacang goreng ini memiliki senyawa arginin yang bermanfaat merangsang tubuh untuk memproduksi nitrogen monoksida. Kemudian, senyawa tersebut bermanfaat untuk melawan bakteri tbc.

5. Menyehatkan Kulit

kacang goreng memiliki senyawa asam lemak yang bermanfat untuk mengurangi pembengkakan serta iritasi pada kulit. Selain itu juga, kacang tanah ini  memiliki sebuah senyawa magnesium, seng serta vitamin e berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit serta menekan bakteri penyebab jerawat.

6. Meningkatkan Massa Otot

Kacang goreng ini memilki sebuah kandungan asam amino yang dapat membantu anda di dalam meningkatkan berat badan, serta massa otot. Hal ini di sebabkan karena sebuah otot terbentuk dari protein yang terdiri dari bermacam asam amino baik esensial maupun non esensial. Semakin banyak otot yang terbentuk, semakin sedikit juga ruang berlemak di dalam tubuh, hal ini sangat baik untuk kesehatan.

7. Mengurangi Depresi atau Sress

Selain dapat menurunkan resiko kanker usus kacang goreng juga banyak sekali memiliki manfaat lain salah satunya untuk mengurangi depresi atau stress. Makanan ini memiliki sebuah senyawa asam amino esensial dengan kandungan tryptohan. Kandungan tersebut memiliki peranan untuk merangsang sorotonin guna mengendalikan mood tetap baik. Efek tryptophan sebagai anti depresi atau stress dapat membuat perasaan lebih tenang.

Sekian artikel mengenai Beberapa Resep Kacang Bawang Untuk Jualan Dan Manfaatnya yang bisa saya sampaikan semoga anda bisa membuatnya di rumah. Untuk artikel mengenai kacang yang menarik lainya anda bisa baca Beberapa Cara Membuat Kacang Telur Crispy Untuk Pemula. Sekian dan Trimakasih.