Bubur kacang ijo adalah makanan yang berbahan dasar kacang ijo. Tidak hanya kacang ijo bubur kacang ijo ini dilegkapi dengan bahan lainya seperti beras merah, santan, gula jawa, dan lain-lain. Lebih lengkapnya mari kita simak resep bubur kacang hijau untuk diet tanpa santan berikut ini.

Tetapi sebelumnya kita akan mengulas kandungan gizi yang terdapat dalam bubur kacang ijo, dan juga manfaatnya untuk tubuh kita. Kacang hijau juga sering digunakan untuk membuat bubur kacang ijo. Resep bubur kacang ijo memiliki berbagai macam jenisnya salah satunya adalah bubur kacang ijo jahe.

Pengertian Kacang Hijau

Kacang hijau atau kacang ijo merupakan jenis kacang-kacangan yang sudah sering dimanfaatkan untuk membuat berbagai olahan makanan. Kacang hijau adalah salah satu jenis palawija yang sudah dikenal luas di daerah tropika, khususnya Indonesia.

Tumbuhan ini termasuk jenis Fabaceae atau jenis polong-polongan. Biji kacang hijau memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari salah satunya untuk sumber gizi dan nutrisi.

Kandungan Gizi Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Ijo adalah makanan berbahan utama kacang hijau yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Bubur Kacang Ijo mengandung energi sebesar 106 kilokalori, protein 3,9 gram, karbohidrat 14,6 gram, lemak 3,6 gram, kalsium 0 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0 miligram.

Di dalam bubur kacang ijo juga terkandung vitamin B1 0 miligram, vitamin A 0 IU, dan vitamin C 0 miligram. Hal ini dinyatakan karena penelitian terhadap 100 gram Bubur Kacng Ijo.

Manfaat Kacang Hijau untuk Diet

Membantu melancarkan pencernaan

Selain mengurangi asupan makanan, diet juga dapat dilakukan dengan membuang kelebihan cadangan makanan dalam tubuh. Oleh karena itu pencernaan menjadi bagian penting dalam permasalahan ini. Karena serat kacang hijau yang tinggi maka kacang hijau akan membantu organ pencernaan untuk mencerna makanan dengan lebih baik. Sehingga proses pembuangan sisa makanan akan lancar dan tidak menumpuk di dalam tubuh. Tentu ini akan membantu program diet dalam mencapai bobot tubuh yang ideal.

Menurunkan berat badan

Orang yang sedang melakukan diet akan menjaga bobot dengan ketat sehingga perlu menjaga asupan yang diserap tubuh. Karena pengawasan yang ketat ini, biasanya banyak orang yang akan berusaha keras menahan nafsu makannya sehingga banyak orang yang melakukan diet akan tersiksa dan gagal karena tidak mampu untuk menahan nafsu makannya. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi kacang hijau, karena kacang hijau mengandung serat tinggi. Serat tinggi ini akan membantu orang menahan lapar karena serat tinggi mampu untuk membuat orang kenyang lebih lama. Hal ini tentu akan menekan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga diet bisa berjalan dengan lancar. Selain itu kacang hijau juga memiliki kadar lemak yang sehat dan mampu mengurangi kolesterol dalam darah.

Membantu menyerap nutrisi

Penelitian mengungkapkan kekurangan vitamin B membuat waktu pengosongan lambung dan usus lebih lambat dua kali lipat. Hal ini akan berpengaruh dengan penyerapan nutrisi dan memungkinkan nutrisi tidak diserap dengan baik. Kecambah kacang hijau memiliki enzim-enzim yang membantu penyerapan nutrisi pada tubuh sehingga orang yang sedang diet akan tetap mendapatkan nutrisi yang cukup walau asupan makanan berkurang. Selain itu mencegah adanya penumpukan kotoran pada lambung dan usus.

Resep Kacang Hijau untuk Diet

Resep 1

Bahan:

  • 250 gr kacang hijau
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm susu kental manis
  • air secukupnya

Cara membuat:

  1. Rendam biji kacang selama 10 jam, agar biji kacang gijau menjadi empuk. Rebus air dan masukkan kacang hijau.
  2. Masukkan jahe, daun pandan, gula dan garam. Aduk rata dan masak hingga kacang hijau matang.
  3. Larutkan tepung tapioka dengan 3 sdm air. Tuang ke dalam panci kacang hijau. Masak hingga mengental.
  4. Tuang ke dalam mangkuk, tuang susu kental manis.

Resep 2

Bahan:

  • 1/4 kg kacang ijo, rendam air panas yg baru mendidih sampe airnya adem
  • 3 blok gula jawa, iris sisir
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 liter air, didihkan
  • 3 cm jahe, bakar lalu geprek
  • sejumput garam

Cara Membuat:

  1. didihkan air dipanci, setelah mendidih masukkan kacang ijo yg telah direndam tadi beserta sejumput garam. masak hingga mendidih kembali
  2. setelah mendidih tambahkan gula pasir, gula jawa, jahe bakar yg sudah digeprek. masak hingga kacang ijo empuk dan mulai meletek/merekah, jgn lupa cicipin tingkat kemanisannya sesuai selera, angkat sajikan selagi hangat.

Simak juga artikel cara membuat bubur kacang hijau tanpa santan.

Terima Kasih.